3 (Tiga) Kelompok Tes Prestasi Belajar

3 (Tiga) Kelompok Tes Prestasi Belajar

Dalam semua pelajaran pasti membutuhkan yang namanya tes. Karena tes berguna untuk mencoba mengetahui sampai mana kemampuan siswa selama proses belajar. Apakah mereka ada menangkap pelajaran tersebut atau tidak. Maka dari itulah para pengajar sering melakukan tes untuk mencoba kemampuan siswa nya. Mereka ingin memastikan kemampuan siswa tersebut dan juga agar pelajran yang telah mereka ajarin tidak menjadi sia-sia. Biasanya selalu ada perbedaan kemampuan antara para siswa. Itu bisa terjadi karena banyak faktor. Bisa seperti bakat, motivasi, kepercayaa diri, semangat san banyak lagi yang lainnya. Maka dalam hal ini dibutuhkan sebuah pengelompokkan dalam pengaturan prestasi yang akan dicapai oleh siswa itu.

Inilah alasan dari diadakannya tes prestasi siswa. Sangat bermanfaat dan beguna bagi pengetahuan seorang siswa. Jika ingin menguji kemampuannya maka lakukan lah sebuah tes untuk mencoba mengetahuinya. Hal yang palig harus diperhatikan dalam melakukan tes prestasi siswa adalah dengan mengetahui kemampuan siswa tersebut. Kita harus memprediksi apakah para siswa itu sanggup untuk mengerjakannya atau tidak. Inilah yang juga merupakan salah satu kegunaan dengan adanya kurikulum. Selain itu biasa juga ada disuguhkan sebuah indikator yang berfungsi untuk mencari poin-poin penting dalam melakukan proses belajar. Hal yang sangat dianjurkan bagi seorang siswa. Dengan aspek dasar yaitu kognitif, afektif dan psikomotor. Maka dari itu untuk dapat mengetahui apa yang dimaksudkan kita harus membahasnya satu persatu.

Aspek Afektif

Aspek afektif merupakan aspek untuk mengetes kemampuan siswa dalam hal yang berkaitan dengan sifat dan mental. Tanpa aspek ini maka kita semua akan sangat rugi. Tes afektif juga sangat berhubungan dengan moral seseorang dalam melakukan sesuatu. Dengan begitu maka aspek ini dapat memberikan kita pengetahuan dengan yang benar. Dan juga hal ini sangat berpengaruh bagi kemampuan seorang siswa untuk mendapatkan prestasi yang diinginkan. Tetapi bisa kita lihat sekarang ini aspek afektif yang merupakan dari tingkah laku para siswa. Biasanya di Indinesia proses pendidikan yang berlansung belum lah optimal. Karena nelum adanya saling pengertian dan dari pemerintah yang kurang peduli. Hal yang sangat disayangkan. Padahal aspek ini sangat bagus sebagai penunjang prestasi dalam belajar.

Untuk tes ini dapat kita lihat ketika siswa yang sedang belajar. Melihat bagaimana proses belajar yang dilakukannya.

Aspek kognitif

Tes kognitif merupakan tes yang menguji kemampuan siswa. Mengetahui bagaimana hasil dari pembelajaran seorang siswa dan bagaimana mereka bisa beradaptasi dengan baik untuk mendapatkan nilai yang baik. Aspek ini lebih kedalam pengetahuan siswa tentang ilmu. Maka dari ini dalam aspek ini sering dilakukan tes seperti tes harian, ulangan, ujian mid, ujian sekolah dan ujian nasional. Tes ini berguna untuk menetukan apakah seorang siswa itu dapat berhasil dalam proses pendidikannya. Aspek ini menjadi patokan untuk siswa untuk dapat melangkah ke tahap belajar berikutnya. Dengan begitu aspek ini harus dijalankan dengan baik dan benar. Fungsi nya juga akan berguna untuk masa depan bangsa. Pelajaran yang biasa di tes adalah bahasa inggris, matematika dan bahasa indonesia. Tiga pelajaran pokok yang sangat penting untuk masa depan pribadi dan bersama.

Aspek Psikomotor

Tes untuk psikomotor lebih banyak kepada tes dalam bentuk praktek. Karena dalam tes ini mencari keterampilan dari seorang siswa itu. Seni juga dibutuhkan untuk aspek ini. Maka bagi sekolah dan guru biasanya sering memberikan praktek secara langsung untuk lebih mengenal dengan baik kemampuan siswa itu. Dengan kemampuan siswa itu akan hal tertentu maka dia akan sering untuk diberi praktek tentang hal yang bersangkutan dengan keterampilan dia. Maka dari itu lah dalam aspek ini diperbanyak praktek daripada teori.

Inilah 3 hal yang diperlukan bagi siswa untuk pengelompokkan prestasi belajar yang akan dicapainya. Maka dari itu diperlukanlah sebuah kerjasama dari seluruh pihak. Kita akan sulit untuk melakukan nya sendiri. Kerjasama dapat memudahkan dan meringankan kita dalam ingin mencapai sebuah prestasi yang baik. So, enjoy dan siap lah untuk bekerjasama dengan orang lain.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *