Ekosistem Padang Pasir, Pengertian Ekosistem Padang Pasir,Komponen Pendukung Ekosistem Padang Pasir | ujiansma.com

Kamu Berada di:
Home » IPA » Ekosistem Padang Pasir, Pengertian Ekosistem Padang Pasir,Komponen Pendukung Ekosistem Padang Pasir

Ekosistem Padang Pasir, Pengertian Ekosistem Padang Pasir,Komponen Pendukung Ekosistem Padang Pasir

 

Apa sih ekosistem Padang Pasir itu?

Ekosistem adalah suatu sistem kehidupan yang terdiri dari berbagai jenis komponen baik itu makhluk hidup maupun benda mati, itulah yang biasanya terdapat dalam ekosistem. Semua organisme yang hidup pada lingkungan tertentu akan terpengaruh oleh keadaan lingkungan tersebut sehingga mereka harus beradaptasi dengan lingkungan yang ada disekitarnya mereka, dengan cara itu mereka bisa mempertahankan hidup untuk waktu yang sangat lama. Sedangkan di dalam kelompok makhluk hidup itu sendiri, mereka saling terikat satu sama lain. Hubungan timbal balik dan saling mempengaruhi inilah yang akhirnya memunculkan suatu ekosistem, dimana hewan ataupun tumbuhan saling berpengaruh dan bisa juga pada benda matinya ataupun dalam sumber daya alamnya.

Pengertian Ekosistem Padang Pasir

Ada bermacam-macam jenis ekosistem, mulai dari ekosistem air, darat, maupun buatan. Salah satu ekosistem darat adalah Ekosistem Padang Pasir atau yang biasa disebut dengan gurun. Ekosistem ini dapat kita jumpai pada daerah yang bergurun atau sama sekali dan jarang ditemukan hujan pada tempat tersebut, sehingga tempat tersebut itu menjadi gurun dan berpasir. Ekosistem ini sangat mudah dikenali. Ciri-cirinya adalah suhu udara yang panas di siang hari, tanha yang gersang dan tidak subur, curah hujan sangat rendah, perbedaan suhu diantara malam dan siang hari sangat signifikan (pada siang hari itu cuacanya sangat panas dan pada malam hari sangat dingin, bukankah itu suatu perbedaan suhu yang signifikan. Ekosistem ini banyak kita temui di benua Afrika.

Komponen Pendukung Ekosistem Padang Pasir

Pada ekosistem ini tentu saja mempunyai beberapa organisme yang terdapat didalam ekosistem itu sendiri yang membantu terbentuknya ekosistem padang pasir. Yang pertama adalah autotrof, organisme ini bisa membuat makanannya sendiri dengan bantuan dari cahaya matahari, air dan komponen udara. Seperti yang kita ketahui bahwa tanpa adanya makanan yang tersedia, organisme ini bisa membuat makananny sendiri, didalam sini adalah tanaman. Keadaan lingkungan yang sangat panas di padang pasir, mempengaruhi jenis tanaman mana yang bisa bertahan hidup di daerah seperti ini, mungkin tanaman seperti kaktus yang bisa bertahan hidup didalam sini, tanaman ini sangat cocok hidup di daerah gurun karena memang tidak perlu membutuhkan banyak air dank arena air yang tersedia di daerah ini pun sangatlah sedikit. Daun-daunnya yang menyerupai jarum, mencegah evaporasi (penguapan) kadar air dalam kaktus ke udara itu berlebihan, sehingga kaktus tetap dapat memiliki kadar air yang cukup pada batangnya.

Yang kedua adalah heterotrof yaitu organisme ini adalah jenis organisme yang merupakan konsumen karena memang tidak bisa membuat makanan sendiri seperti tanaman. Contoh hewan pemakan tumbuhan disini adalah seperti unta atau onta sedangkan hewan pemakan daging atau karnivora yang terdapat disini adalah seperti kalajengking, semut, kadal maupun ular, hewan disini bisa bertahan disini karena mereka sudah beradaptasi di daerah ini sudah cukup lama. Hewan yang berada disini sangat berbeda sekali dengan hewan-hewan yang biasanya hidup dalam lingkungan yang tropis karena penyusun tubuhnya itu memiliki perbedaan yang signifikan, oleh karena itu hewan-hewan seperti yang diatas dapat bertahan hidup didaerah yang sangat panas dan tidak ada airnya sama sekali.

Yang ketiga adalah lingkungan abiotik adalah komponen mati atau tak hidup mendukung keseimbangan ekosistem padang pasir. Komponen abiotik ini meliputi tanah, pasir, batu, udara, maupun air. Komponen-komponen yang disini adalah mendukung ekosistem padang pasir ini agar dapat berjalan dengan baik dan lancar sehingga ekosistem ini dapat berjalan dengan terus menerus.

Yang keempat atau terakhir adalah pengurai adalah organisme yang bertugas untuk menguraikan bahan organic dari makhluk hidup yang sudah mati (misalnya seperti tanaman mati, bangkai hewan). Pengurai atau yang biasa disebut dengan decomposer ini akan menyerap sebagian hasil penguraian dan membuang beberapa zat sederhana ke tanah untuk digunakan oleh produsen tak lain adalah tanaman gurun itu sendiri misalnya seperti kaktus. Jadi kita tahu bukan apa ekosistem padang pasir itu dan cenderung ekosistem ini banyak terdapat di daerah gurun.


Posted by 0 Responses
     

Leave a Reply to this Post

Jul
4
2012
 
 
ujiansma.com Search form
DUKUNG GERAKAN LULUS UAN 100% Yang GAG DUKUNG berarti GAG PENGEN LULUS!!!



Recently Active Users
admin