Akademi Imigrasi | ujiansma.com

Kamu Berada di:
Home » PTK » Akademi Imigrasi

Akademi Imigrasi

 

 

Akademi Imigrasi (AIM) merupakan pendidikan kedinasan yang bernaung di bawah Departemen Hukum dan Hak Asasi Manusia RI. Akademi Imigrasi (AIM) ini didirikan pada tahun 1962.

Bagi anda yang tertarik untuk mendapatkan informasi selengkapnya mengenai Imigrasi (AIM) bisa datang langsung ke Badan Pengembangan SDM Hukum dan HAM (BPSDM) Depkumham RI di Jalan Raya Gandul, Cinere-Kotif Depok, Jawa Barat.

Formulir Pendaftaran Akademi Imigrasi (AIM)

Untuk masalah formulir pendaftaran tidak dapat kami jelaskan dengan selengkapnya, namun anda bisa mendapatkan informasi formulir pendaftarannya di Pusdiklat Departemen Kehakiman dan HAM RI, Jalan Raya Gandul Cinere, Jakarta Selatan.

Pembukaan Pendaftaran Akademi Imigrasi (AIM)

Untuk masalah jadwal pembukaan pendaftaran Akademi Imigrasi (AIM) juga bisa anda dapatkan informasinya di alamat yang ada di atas. Atau anda bisa mengunjungi website kementrian hukum di www.depkumham.go.id.

Hasil Pengumuman Pendaftaran Akademi Imigrasi (AIM)

Seperti yang di atas, jadwal hasil pengumuman pendaftaran Akademi Imigrasi (AIM) dapat diperoleh dari Badan Pengembangan SDM Hukum dan HAM.

Syarat Pendaftaran Akademi Imigrasi (AIM)

Adapun syarat yang perlu dipenuhi dalam melakukan pendaftaran di Universitas Asahan (UNA) antara lain :

Persyaratan Umum

  1. Warga Negara Indonesia
  2. Pria/Wanita
  3. Pendidikan SMU, ALIYAH, STM/SMK (Bangunan, Listrik, otomatif, Komputer, Pariwisata, Pelayaran) dengan nilai raport terakhir (ijazah) dengan nilai bahasa inggris minimal 7 (tujuh)
  4. Umur pada tanggal 1 Desember 2009 serendah-rendahnya 18 tahun setinggi-tingginya 22 tahun
  5. Tinggi minimal pria 165 cm, wanita 155 cm, berat badan seimbang (ideal) berdasarkan hasil pengukuran yang dilaksanakan pada saat pendaftaran
  6. berbadan sehat, tidak cacat, tidak berkacamata dan tidak buta warna, dibuktikan dengan Surat Keterangan Dokter RS.Pemerintah/Puskesmas
  7. bebas HIV/AIDS, bebas narkoba, bebas hepatitis dan paru-paru sehat dibuktikan dengan surat keterangan Dokter Pemerintah dengan hasil rontgen (setelah dinyatakan lulus)
  8. tidak bertato
  9. Berkelakuan baik dengan bukti surat dari Kepolisian yang masih berlaku
  10. Belum pernah menikah dibuktikan dengan Surat Keterangan dari Lurah dan sanggup tidak menikah selama pendidikan
  11. Tidak terikat dengan instansi lain, baik pemerintah maupun swasta
  12. Bersedia ditempatkan di Unit Pelaksana Teknis (UPT) Keimigrasian di seluruh wilayah Negara RepublikIndonesia maupun di Luar Negeri
  13. Sanggup mengganti biaya pendidikan apabila melanggar perjanjian ikatan dinas dengan Departemen Hukum dan HAM RI sekurang-kurangnya 5 tahun setelah tamat pendidikan terhitung di UPT, dengan membuat surat pernyataan dari orangtua/wali dan yang bersangkutan bermaterai cukup (diserahkan setelah diterima menjadi taruna AIM)
  14. Lulus seleksi/ujian dengan sistem gugur yang terdiri dari :
  15. Ujian kesehatan dan kesamaptaan
  16. Psikotest
  17. Pengamatan fisik dan keterampilan
  18. Ujian tertulis (Tes Kompetensi Dasar)
  19. Khusus pegawai dari Departemen Hukum dan HAM RIselain memiliki syarat tersebut diatas harus memenuhi syarat sebagai seperti :
  20. PNS di lingkungan imigrasi dan divisi imigrasi Kanwil Depkumham dengan pangkat serendah-rendahnya pengatur muda (II/a), dibuktikan dengan surat pengantar Kepala Divisi Imigrasi, Kabagwai Ditjen Imigrasi dan Kepala UPT Imigrasi
  21. Umur pada tanggal 1 Desember 2009 tidak lebih dari 25 tahun, yang dibuktikan dengan akte/surat keterangan lahir
  22. Tidak terdapat catatan cela sesuai PP Nomor 30 tahun 1980 dibuktikan dengan Surat Keterangan dari pejabat Kepegawaian/Ka.UPT
  23. Pelamar yang memenuhi syarat hanya diperbolehkan mengajukan satu lamaran pada salah satu akademi saja
  24. Membuat dan mengisi formulir pernyataan dan melengkapi surat-surat keterangan lainnya sebelum dinyatakan diterima sebagai calon taruna meliputi :
    1. membuat surat lamaran yang ditujukan kepada Menteri Hukum & HAM RI ditulis tangan dengan tinta hitam, bermaterai Rp.6000,- melampirkan :
  25. Fotokopi ijazah terakhir dan daftar nilai yang dilegalisir (1 lembar) dn menunjukkan ijazah asli serta foto kopi ijazah SD dan SMP tanpa legalisir dan menunjukkan asli
  26. Surat keterangan berbadan sehat dari dokter pemerintah
  27. Fotokopi SKCK yang masih berlaku dan menunjukkan aslinya
  28. Fotokopi akte kelahiran dan menunjukkan aslinya
  29. Surat keterangan belum menikah yang diketahui oleh Lurah/Kepala Desa setempat
  30. Surat pernyataan yang ditandatangani oleh orang tua/wali dan pelamar yang berisi pernyataan meliputi : sanggup tidak menikah selama pendidikan dan sanggup mengganti biaya pendidikan apabila melanggar perjanjian ikatan dinas
  31. Fotokopi kartu kuning dari Depnakertrans , dan menunjukkan aslinya
  32. Pas photo berwarna dasar merah berukuran 3×4 dan 4×6 masing-masing 2 lembar

Perkiraan Biaya Pendidikan Akademi Imigrasi (AIM)

Biaya pendidikan di Akademi Imigrasi (AIM) gratis, namun apabila anda melanggar kontrak yang ada, maka anda harus mengganti biaya pendidikan yang ditanggung pemerintah. Nilai biaya tersebut tidak dapat dipastikan.

 

 


Posted by 0 Responses
     

Leave a Reply to this Post

Sep
8
2012
 
 
ujiansma.com Search form
DUKUNG GERAKAN LULUS UAN 100% Yang GAG DUKUNG berarti GAG PENGEN LULUS!!!



Recently Active Users
admin