Akademi Kepolisian

          Akademi Kepolisian atau disingkat juga dengan AKPOL merupakan suatu lembaga pendidikan bagi masyarakat yang akan digunakan untuk mencetak perwira Polri. Akademi Kepolisian ini berada pada naungan Kalemdikpol. Akademi Kepolisian akan melakukan pendidikan dengan metode pembelajaran, pendidikan dan pengasuhan. Di Akademi Kepolisian mereka akan diajarin untuk mandiri.

            Lama pendidikan yang akan dilakukan oleh seseorang yang belajar di Akademi Kepolisian adalah selama 4 tahun. Kemudian sejak 10 April 1999 Akademi Kepolisian telah dinyatakan terpisah dengan AKMIL, AAL, AAU. Juga untuk teknis administrasi telah lepas dari Mako Akademi TNI.

Formulir Pendaftaran Akademi Kepolisian

            Bagi peserta yang ingin untuk melakukan pendidikan di Akademi Kepolisian maka mereka harus bisa untuk mendapatkan terlebih dahulu formulir pendaftaran Akademi Kepolisian. Formulir pendaftaran ini akan sangat berguna bagi pihak Akademi Kepolisian untuk melakukan seleksi penerimaan pelajar barunya. Tentunya untuk mendapatkan formulir pendaftaran Akademi Kepolisian maka para peserta harus melakukan pendaftaran ke Akademi Kepolisian ini.

            Bisa juga bagi para peserta yang ingin untuk mendapatkan formulir pendaftaran Akademi Kepolisian bisa dengan cara online. Mereka dapat melakukan pengisian formulir pendaftaran Akademi Kepolisian itu secara online. Setelah melakukan pengisian tentunya harus membayar uang pendaftaran dahulu agar bisa diproses. Untuk melakukan pengisian formulir pendaftaran Akademi Kepolisian secara online maka bisa dengan mengunjungi webiste resminya di http://www.akpol.ac.id.

            Diwebsite tersebut para peserta juga bisa untuk mencari informasi lebih tentang Akademi Kepolisian. Mungkin bagi peserta yang masih ragu atau penasaran dengan Akademi Kepolisian bisa langsung mengunjungi website resmi dari Akademi Kepolisian ini. Dengan adanya website ini maka akan mempermudah proses pendaftaran atau juga proses untuk masyarakat bisa mengetahui lebih dalam tentang Akademi Kepolisian.

Pembukaan Pendaftaran Akademi Kepolisian

            Pembukaan pendaftaran Akademi Kepolisian pastinya akan sangat perlu diketahui bagi peserta yang ingin untuk melakukan pendaftaran ke Akademi Kepolisian ini. Setiap tahunnya Akademi Kepolisian pasti akan melakukan pembukaan pendaftaran Akademi Kepolisian. Dan juga beritanya biasa akan diumumkan secara nasional. Jadi anda tidak perlu takut untuk tidak mendapatkan informasi mengenai kapan pembukaan pendaftaran Akademi Kepolisian.

            Jumlah peserta yang diperlukan adalah 300 orang. Untuk pria adala 250 orang dan untuk wanita adalah 50 orang. Proses pendidikan akan dilakukan selama 4 tahun.

            Dengan mengetahui jadwal pembukaan pendaftaran Akademi Kepolisian maka bagi peserta yang memang berniat untuk bisa masuk ke Akademi Kepolisian dia harus mempersiapkan semua hal. Karena perlu diketahui untuk bisa masuk ke Akademi Kepolisian tidak akan mudah. Banyak lagi tes yang akan dilakukan dari pihak Akademi Kepolisian. Maka dari itulah persiapan yang matang sangat diperlukan.

Hasil Pengumuman Pendaftaran Akademi Kepolisian

            Hasil pengumuman pendaftaran Akademi Kepolisian tentunya akan sangat ditunggu oleh para peserta yang telah melakukan pendaftaran. Biasanya untuk hasil pengumuman pendfataran Akademi Kepolisian akan dilakukan setelah para peserta melakukan tes. Dan tes yang dilakukan adalah secara beberapa tahap. Jika bisa lulus terus maka peserta itu akan menjadi pelajar di Akademi Kepolisian.

            Jasmani dan mental sangat diperlukan dalam pendidikan di Akademi Kepolisian. Kepintaran juga akan berpengaruh dalam hal ini.

Syarat Pendaftaran Akademi Kepolisian

Syarat Umum masuk ke Akademi Kepolisian adalah :

  1. Merupakan Asli Warga Negara Indonesia.
  2. Minimal usia adalah 17 tahun dan maksimal adalah 21 tahun.
  3. Memiliki kelakuan yang baik dan menjunjung tinggi Tuhan Yang Maha Esa.
  4. Sehat akan jasmani dan rohani.
  5. Tidak pernah terpidana.
  6. Belum pernah menikah.
  7. Bersedia ditempatkan di seluruh Indonesia dan juga bersedia untuk ditugaskan dibidang kepolisian apa saja.

Syarat Khusus masuk ke Akademi Angkatan Laut adalah :

  1. Memiliki Ijazah SMA / MAN jurusan IPA / IPS.
  2. Untuk nilai rata-rata UN minimal 7.00 jurusan IPA dan 7.25 jurusan IPS.Begitu juga dengan nilai rapornya.
  3. Benar dan sanggup untuk melaksanakan ikatan dinas pertama selama 10 tahun. Dan mendapat persetujuan dari orang tua.
  4. Belum menikah dan sanggup untuk tidak menikah selama pendidikan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *