Akun-akun Dalam Laporan Laba Rugi Atau Income Statement | ujiansma.com

Kamu Berada di:
Home » Pembelajaran » Akun-akun Dalam Laporan Laba Rugi Atau Income Statement

Akun-akun Dalam Laporan Laba Rugi Atau Income Statement

 

Laporan laba rugi mungkin terdengar sangat sederhana bagi kebanyakan dari kita. Hal ini karena laporan ini bisa kita ketahui tujuannya dengan baik hanya berdasarkan namanya saja. sesuai dengan namanya, laporan ini merupakan laporan yang menunjukkan laba atau rugi dari suatu perusahaan.

Pengertian tersebut mungkin sudah diketahui oleh masyarakat luas secara umum. Pada dasarnya, manusia akan melakukan kegiatan ekonomi guna untuk memenuhi kebutuhan hidupnya sehari-hari.

Setiap kegiatan ekonomi yang dilakukan oleh manusia pasti memiliki tujuan tertentu dan pada dasarnya kegiatan tersebut dilakukan dalam rangka untuk memenuhi kebutuhan hidup manusia, baik itu dengan cara bekerja, melakukan transaski jual beli dan lain sebagainya.

Untuk memperoleh barang atau jasa yang diperlukan dalam rangka mempertahankan kelangsungan hidup tersebut, manusia harus mengorbankan sesuatu yang berharga dan konsep berharga yang dimaksud disini adalah materi atau uang.

Secara umum, uang diartikan sebagai alat tukar yang sah yang mampu mengukur nilai guna dari suatu barang atau jasa yang kita peroleh. Berbeda dengan pada jaman dulu, dimana barang atau jasa diperoleh dengan cara tukar menukar.

Cara tersebut pada dasarnya dinilai kurang efektif karena barang atau jasa yang ditukarkan tersebut biasanya tidak sesuai dengan konsep keadilan. Salah satu pelaku ekonomi yang cukup berperan penting dalam sektor perekonomian adalah perusahaan

Pada dasarnya, banyak sekali transaksi yang terjadi dalam suatu perusahaan setiap harinya. Setiap transaksi yang terjadi tersebut, pada umumnya melibatkan uang atau material di dalamnya. Oleh karena itu, dibutuhkan suatu sistem pencatatan yang dapat mencatat segala transaksi tersebut secara terperinci.

Untuk itulah ilmu akuntansi hadir untuk menjawab permasalahan tersebut. Di dalam ilmu ini, kita akan mempelajari bagaimana caranya untuk membuat suatu laporan keuangan, dimana di dalamnya mampu menggambarkan kondisi keuangan suatu perusahaan secara nyata dan benar.

Dengan adanya laporan ini, maka banyak sekali pihak pengguna yang terbantu, misalnya manajemen, investor, otoritas pajak dan lainnya untuk membuat keputusa yang tepat dan berkaitan dengan keuangan perusahaan.

Namun, laporan keuangan tidak bisa disusun begitu saja, melainkan ada beberapa komponen yang menyusun laporan tersebut. Salah satunya adalah laporan laba rugi. Oleh karena itu, kita perlu mempelajari akun-akun dalam laporan laba rugi untuk menyusun sebuah laporan keuangan yang baik.

Untuk lebih jelas mengenai akun-akun dalam laporan laba rugi, simaklah uraian yang akan disajikan berikut ini.

  • Definisi laporan laba rugi

 

Pada dasarnya, laporan laba rugi sering disebut sebagai income statement yang merupakan suatu daftar yang berisi ringkasan terhadap hasil dan segala biaya dalam suatu perusahaan, serta pengaruh yang ditimbulkannya terhadap modal dalam periode tertentu.

Penyusunan laporan laba rugi ini juga dilakukan untuk mengukur kemajuan atau perkembangan dari suatu perusahaan pada suatu periode tertentu. Sedangkan untuk perusahaan jasa, penyusunan laporan laba rugi bertujuan untuk mengukur perkembangan berupa penghasilan dari penjualan jasa-jasa dan biaya-biaya yang dikeluarkan oleh perusahaan untuk melaksanakan kegiatan usahanya.

Isi dari laporan laba rugi juga terbagi dalam dua bagian, yaitu keseluruhan pendapatan dan keseluruhan biaya perusahaan.

  • Akun pada laporan laba rugi

 

Secara garis besar, ada beberapa akun yang terdapat dalam laporan laba rugi, di antaranya adalah :

-         Pendapatan atau revenue yang merupakan penghasilan perusahaan, baik dari hasil jual beli, penawaran jasa, menyewakan hal milik dan lainnya

-         Beban atau expense yang merupakan pengeluaran perusahaan berupa pengorbanan ekonomis yang secara langsung atau tidak langsung telah dimanfaatkan nilai gunanya oleh perusahaan dalam rangka untuk memperoleh penghasilan

Di dalam pendapatan dan beban ini terdapat lagi akun lain, misalnya pendapatan diterima di mukan, pendapatan yang masih harus diterima, pendapatan bunga, pendapatan sewa, beban gaji, beban listrik, beban sewa dan lain sebagainya

Di dalam laporan ini kita bisa mengetahui besarnya penghasilan bersih dengan cara mengurangkan pendapatan dan beban. Setelah itu, kita akan mendapatkan laba kotor. Untuk mendapatkan laba bersih, laba kotor dikurangi dengan jumlah pajak.

Inilah sekilas mengenai akun-akun dalam laporan laba rugi, semoga bermanfaat


Posted by Tags: 0 Responses
     

Leave a Reply to this Post

Mar
25
2013
 
 
ujiansma.com Search form
DUKUNG GERAKAN LULUS UAN 100% Yang GAG DUKUNG berarti GAG PENGEN LULUS!!!



Recently Active Users
admin