Alat dan fasilitas ini merupakan salah satu factor penting yang menunjang dalam olahraga senam aerobic sendiri, dikarenakan jika alat dan fasilitas ini tidak terpenuhi maka akan mempengaruhi bagaimana kualitas dari olahraga senam aerobic tersebut. Hal ini tentu saja mempengaruhi bagaimana kesiapan penyelenggara untuk menyiapakan alat dan fasilitas yang dipakai dalam olahraga senam aerobic itu sendiri. Tetapi biasanya dalam suatu olimpiade yang dilakukan maka kesiapan dari alat dan fasilitas pasti sangat memenuhi dan membuat nyaman para atlet untuk melakukan pertandingan tersebut.

 aerobic

Alat dan fasilitas senam aerobic ini sendiri sangat mendukung bagaimana kualitas dari permainan para atlet putra atau putri senam aerobic tersebut, jikalau alat dan fasilitas tersedia dengan baik, maka akan membuat para atlet menjadi lebih bersemangat dan bisa menampilkan permainan yang berkualitas untuk para penonton yang menyaksikan olahraga senam aerobik  tersebut. Tetapi kalau saja ada alat dan fasilitas yang tidak lengkap akan membuat penonton menjadi kecewa, dikarenakan pelayanan yang diberikan tidak baik, serta para atlet pun merasa tidak nyaman karena alat yang disediakan tidak memenuhi standar yang telah dibuat, tentu saja olimpiade yang dilakukan tersebut akan menjadi kacau balau dan membuat rusak nama Negara yang memegang kejuaraan tersebut.

Alat dan fasilitas sendiri merupakan hal yang sangat penting dalam hal olahraga senam aerobik sendiri, dalam setiap Negara sendiri pastilah berbeda antara fasilitas yang ada dalam olahraga ini. Untuk fasilitas sendiri perbedaannya mungkin akan signifikan, karena kita tahu sendiri bahwa fasilitas tersebut adalah tipe yang berbeda dari setiap Negara sehingga tidak dipungkiri ada Negara yang memberikan fasilitas yang sangat memuaskan bagi para atlet yang mengikuti olahraga senam aerobic tersebut.

Berikut adalah beberapa alat dan fasilitas yang biasanya digunakan dalam olahraga senam aerobic :

  • lapangan

Senam aerobic dalam halnya sama dengan olahraga lainnya, dimana sangat membutuhkan tempat untuk melakukan senam ini, dalam hal ini adalah berupa lapangan, dimana lapangan dalam senam aerobic ini ada dua macam, yang pertama adalah biasanya yang dipakai dalam kejuaraan atau perlombaan senam aerobic ini dan satu lagi adalah lapangan yang biasa dipakai secara bersama-sama dalam melakukan senam aerobic ini.

  • Pakaian Senam

Perlengkapan yang pertama adalah pakaian senam, dimana pakaian senam ini merupakan salah satu hal yang sangat penting pada saat kita ingin melakukan senam aerobic ini sendiri, kita tahu pakaian senam ini merupakan pakaian yang biasanya terbuat dari bahan yang mampu menyerap keringat dengan baik, tidak terlalu ketat dan juga mampu menyerap panas tubuh dengan baik, jadi tentu saja pakaian senam merupakan pilihan utama untuk dipakai pada saat kita melakukan senam aerobic.

  • Sport bra (Untuk Wanita)

 

Hal ini sendiri biasanya ditujukan untuk wanita sendiri, dimana biasanya jika wanita hanya memakai BH biasa, maka akan timbul rasa tidak nyaman saat memakainya sendiri, sedangkan dengan sport bra ini dapat membuat wanita dapat menjadi lebih tenang dan juga lebih nyaman dalam melakukan olahraga senam aerobic ini.

  • Sepatu Olahraga

 

Sepatu olahraga ini sendiri merupakan salah satu hal utama yang harus kita pakai pada saat melakukan senam aerobic ini, dengan sepatu olahraga sebagai salah satu perlengkapan dalam senam aerobic ini dapat membuat kita lebih nyaman pada saat melakukan gerakan, khususnya pada saat melakukan gerakan pada sekitar kaki kita. Sepatu olahraga yang cocok dengan senam ini biasanya dapat menggunakan tipe running atau jogging shoes, dengan menggunakan alas kaki yang tebal dan juga nyaman serta berfungsi melindungi tulang kaki kita dari resiko cedera.

  • Hand Decker

 

Perlengkapan ini biasanya hanya untuk mempercantik penampilan kita saja, agar pada saat melakukan gerakan, tidak hanya tubuh yang terbentuk dan juga tidak hanya keringat yang keluar, tetapi penampilan dari diri kita sendiri tetap harus dijaga.

  • Handuk dan air minum

 

Perlengkapan terakhir adalah handuk yang biasa kita gunakan untuk mengelap keringat kita dan air minum untuk menghilangkan dahaga kita pada saat melakukan senam aerobic, minumlah air paling minimum 10 menit setelah melakukan senam aerobic.