ujiansma.com

Portal pendidikan no 1

Menu

Antropologi Wajib Dipeajari Oleh Semua Orang

June 19, 2012 | Info pendidikan

Antropologi Wajib Dipeajari Oleh Semua Orang

Antropologi adalah salah satu cabang ilmu sosial yang mempelajari tentang beragam aspek dari manusia, secara fisik maupun nonfisik. Antropologi muncul pertama kali karena ketertarikan orang-orang eropa yang melihat ciri-ciri fisik, adat istiadat, budaya yang berbeda dari yang dikenal di eropa.Inti dari antropologi yaitu mempelajari tentang perbedaan/perbandingan budaya antara sesama manusia. Banyak yang mengatakan bahwa antropologi itu kurang penting untuk dipelajari. Padahal terbalik, Antropologi sangat penting untuk kita pelajari supaya kita bisa saling mengenal apa dan mengapa tentang manusia. Kita hidup secara sosial, jadi mau bagaimanapun jg kita harus bisa mengerti antara sesama manusia sehingga tidak ada kesalahpahaman antara sesama. Orang-orang zaman sekarang banyak yang malas untuk mempelajari ilmu antropologi karena ego yang tinggi antara sesama. Padahal jika kita sudah paham apa itu Antropologi kita sesama manusia tidak akan ada lagi terjadinya perselisihan. Seperti pembunuhan,perkelahian,pencurian dan banyak lagi yang lainnya.

Inilah yang bakal terjadi bila tidak adanya pengertian dan pengetahuan antar sesama kita. Maka dari itu kita akan membahas lebih dalam tentang apa yang akan kita pelajari dari ilmu Antropologi.

Antropologi dan Toleransi

Antropologi dan toleransi mempunyai hubungan yang sangat erat. Mengapa? Karena toleransi itu merupakan sikap dari kita yang harus mengerti tentang orang lain. Tidak boleh egois, karena kita sesama manusia pasti mempunyai perbedaan. Bisa saja perbedaan dari gaya bicara, adat, suku, marga, agama dan lain-lain. Itulah penting nya dari toleransi. Jika tidak ada maka kita bisa lihat hal-hal yang sudah terjadi dari dulu hingga sekarang. Masalah yang kecil saja pun bisa menjadi hal yang besar.

Bisa kita lihat dari berita-berita di media televisi atau surat kabar. Perbedaan suku agama membuat perkelahian bahkan sampai pembunuhan antar sesama. Ini sering terjadi di daerah yang masih belum mengerti antar sesamanya. Mereka masih mementingkan ego mereka sehingga membuat tidak adanya saling pengertian antar suku yang berbeda. Mereka menganggap bahwa perbedaan itu membawa musibah dan tidak boleh digabungkan dengan tradisi masing-masing. Seperti dari segi kebudayaan dan adat mereka. Padahal bila kita bisa saling mengerti, kita bisa melakukan pembicaraan dulu tanpa harus melakukan tindakan keras seperti pembunuhan. Memang untuk menggabungkan dua hal yang berbeda itu sangat sulit atau bahkan bisa dibilang mustahil. Tetapi itulah pentingnya toleransi. Jika kita tidak ingin adat kita tercampur dengan yang lain, maka biarin saja mereka membahas hal-hal mereka sendiri. Jangan kita mencampuri sampai mereka harus mengikuti adat kita. Itulah yang harus kita hindari sifat egois.

Saat ini masih banyak juga yang belum mengerti satu sama lain. Misalnya orang dari suku batak yang dari ciri-ciri suaranya memang lantang dan keras omongannya. Tetapi orang melayu yang dari omongannya yang pelan dan halus tidak suka dengan orang batak itu. Sehingga terjadilah adu mulut yang hebat. Bahkan bisa juga sampai terjadinya perkelahian antar sesama. Sungguh aneh bila kita pikirkan. Coba saja mereka bisa saling mengerti, mereka tidak perlu sampai berkelahi. Cuma dengan saling memahami perbedaan yang memang sudah mendasar, maka kita akan terbiasa dan mengerti bahwa itu memang sudah bawaan dari lahir dan sulit untuk diubah lagi. Tetapi jika memang tidak ada toleransi dan pengetahuan tentang antropologi maka adu mulut dan perkelahian mungkin akan sulit untuk dihindari. Sama saja dengan mencari masalah.

Dari rumah tangga pun antropologi sangat penting juga. Karena jika tidak ada maka keluarga itu akan mudah terpecah belah akibat sering terjadi perselisihan. Bisa saja di sebuah keluarga kita memiliki perbedaan suku atau marga. Pada saat ada kegiatan tertentu pasti ada perbedaan. Seperti dari cara upacaranya atau berdoa. Jika tidak saling mengerti maka mereka akan ribut untuk memakai adat mereka masing-masing. Tetapi jika sudah mengerti satu sama lain mereka akan menyelesaikan masalahnya dengan tenang dan tanpa keributan.

Itulah mengapa dibutuhkan kolaborasi antara antropologi dan toleransi. Jika bisa menyelesaikan sebuah masalah dengan damai napain harus ribut-ribut. Tuhan memberikan kita perbedaan, tetapi bukan untuk saling bermusuhan melainkan untuk saling melengkapi dan mengerti satu sama lainnya.


Related For Antropologi Wajib Dipeajari Oleh Semua Orang