Apa Itu Biologi ?

Bagi para pelajar, tentunya ilmu ini bukan lagi hal baru bagi mereka. Ilmu yang sudah akrab mereka kenal sejak duduk di bangku SD ini merupakan ilmu yang telah beredar secara universal di seluruh belahan dunia.

Namun, pasti masih ada yang bertanya tanya apa itu biologi ? Ilmu ini sebenarnya merupakan ilmu yang mempelajari segala sesuatu yang berhubungan dengan makhluk hidup, yang termasuk makhluk hidup disini tidak hanya manusia, melainkan hewan dan tumbuhan juga termasuk ke dalamnya.

Di antara makhluk hidup tersebut, manusia merupakan makhluk yang paling sempurna, mengingat bahwa manusia diberi akal dan budi pekerti. Namun, manusia juga memiliki rasa keingin tahuan yang sangat besar.

Sifat keingin tahuan ini merupakan sifat yang ingin mengetahui segala sesuatu yang ada di sekitarnya. Sifat ini bisa dikatakan sebagai sifat bawaan yang sulit sekali untuk dihilangkan. Karena sifat ini begitu melekat pada manusia, maka manusia mulai melakukan berbagai penelitian untuk mencari tahu kebenaran.

Dengan melakukan penelitian tersebut, manusia bisa menjawab segala pertanyaannya, termasuk apa itu biologi ? dan mampu memecahkan masalah yang dihadapinya. Namun, seiring berkembangnya jaman, sifat keingin tahuan manusia semakin berkembang pula.

Hal ini bisa kita lihat bahwa banyak manusia yang mempelajari, mengadakan pengamatan, dan berbagai penyelidikan untuk menambah ilmu pengetahuannya dan ketrampilan tentang makhluk hidup yang ada di sekitarnya.

Ilmu tersebutlah yang kita katakana sebagai ilmu biologi atau ilmu hayat. Setelah menjawab apa itu biologi ? Tentunya sebagai manusia yang penuh dengan rasa ingin tahu kita masih belum yakin dan bertanya mengapa kita mempelajari biologi ? Apa saja manfaat yang kita peroleh dalam mempelajari ilmu tersebut ?

  • Ilmu biologi

 

Semua makhluk hidup yang ada di muka bumi ini merupakan ciptaan Tuhan. Di antara ciptaannya ini manusia merupakan makhluk paling sempurna dan dibekali dengan rasa ingin tahu yang besar.

Hal ini mendorong manusia untuk menciptakan berbagai cabang ilmu pengetahuan. Dengan adanya ilmu pengetahuan ini, maka kehidupan manusia dari zaman primitf berubah hingga sekarang ini menjadi sangat maju dan modern.

Di era globalisasi ini, ilmu pengetahuan bukan lagi sesuatu yang ruang lingkupnya terbatas oleh waktu atau ruang. Kita bisa memperoleh ilmu pengetahuan dengan mudah sekali, bahkan tanpa harus beranjak dari tempat kita.

Misalnya peristiwa perang antara Irak dan Amerika atau terjadinta tsunami pada provinsi NAD. Hanya dalam hitungan menit, bahkan detik peristiwa tersebut bisa diketahui oleh orang lain di tempat lain dengan mudah.

Begitu juga dengan ilmu biologi yang telah mencatat perkembangan yang luar biasa karena telah mencapai pengetahuan substansi kehidupan sampai ke tingkat mokuler. Contoh manfaat biologi dalam tingkat mokuler bisa kita lihat misalnya terjadi peristiwa kebakaran, dimana korban tidak dapat diidentifikasi dengan baik. Namun, dengan melakukan tes DNA maka identitas korban bisa diketahui dengan jelas.

  • Manfaat biologi

 

Pada dasarnya, sebuah ilmu dipelajari untuk memperkaya wawasan manusia. Namun, ada manfaat lainnya dari biologi yang bisa kita rasakan, yaitu :

–         Membantu mengenal dirinya sendiri sebagai makhluk hidup dan mengenal lingkungan di sekitarnya

–         Membantu memecahkan permasalahan baru yang dihadapi, misalnya makanan baru, cara memperoleh bibit unggul dan lainnya

–         Merupakan pengetahuan dasar yang mendasari cabang ilmu biologi lainnya

 

Ada banyak sekali cabang ilmu biologi yang terkenal, beberapa di antaranya adalah :

–         Anatomi, ilmu yang mempelajari bagian atau struktur tubuh makhluk hidup

–         Agronomi, ilmu yang mempelajari tentang tanaman budidaya

–         Andrologi, ilmu yang mempelajari tentang hormone dan kelainan reproduksi pria

–         Algologi, ilmu yang mempelajari tentang alga atau ganggang

–         Bakteriologi, ilmu yang mempelajari tentang bakteri

–         Biologi mokuler, ilmu yang mempelajari tentang kajian biologi pada tingkat molekul

–         Eugenetika, ilmu yang mempelajari tentang hukum pewarisan sifat

–         Taksonomi, ilmu yang mempelajari tentang penggolongan makhluk hidup

Inilah uraian singkat mengenai apa itu biologi ? Semoga bermanfaat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *