Apa itu Difusi, Osmosis dan Transportasi Aktif ?

Apa itu difusi, osmosis dan transportasi aktif ? mungkin istilah seperti itu masih jarang kita dengar dalam kehidupan sehari-hari. Memang benar, istilah seperti ini lebih banyak digunakan dalam pelajaran biologi ataupun IPA (Ilmu Pengetahuan Alam).

Jadi, apakah penting bagi kita untuk mengetahui apa itu difusi, osmosis dan transportasi aktif ? Jawabannya adalah ia, terutama bagi anda yang masih pelajar SLTP atau SMA. Meskipun bukan hal yang lazim, namun tidak ada salahnya anda menambah wawasan anda mengenai apa itu difusi, osmosis dan transportasi aktif ?

Pada dasarnya, pertanyaan seperti apa itu difusi, osmosis dan transportasi aktif ? Sangat sering kita jumpai, terutama ketika sedang mempelajari mengenai aliran zat. Istilah seperti itu nantinya akan menjadi istilah yang umum dan banyak digunakan dalam menerangkan banyak hal.

Misalnya sistem penyerapan manusia, tumbuhan atau hewan. Pada dasarnya istilah seperti itu sangatlah umum dalam dunia biologi atau cabang ilmu berkaitan lainnya. Gerakan zat melalui membran pada umumnya dibedakan menjadi dua macam.

Salah satunya adalah gerakan pasif yang tidak memerlukan energi dan satunya lagi adalah gerakan aktif yang memerlukan energi. Yang termasuk ke dalam kategori gerakan pasif adalah difusi dan osmosis.

Sedangkan yang termasuk ke dalam gerakan aktif adalah transportasi aktif dan endositosis serta eksositosis. Tentunya setiap kategori ini mempunyai perbedaan dan ciri khas tertentu. Untuk lebih jelas mengenai apa itu difusi, osmosis dan transportasi aktif ? Simaklah uraian yang akan disajikan berikut ini.

  • Difusi

 

Istilah yang satu ini mungkin sudah sering kali anda jumpai. Difusi ini merupakan peristiwa dimana terjadinya perpindahan molekul zat dari tempat yang memiliki konsentrasi tinggi ke yang lebih rendah untuk mencapai kesamaan konsentrasi.

Contoh sederhana adalah pemberian gula pada teh tawar. Lambat laun cairan tersebut akan berubah menjadi manis. Difusi yang paling sering terjadi adalah difusi molekuler yang terjadi dari lapisan diam atau solid.

Di dalam biologi sendiri, dikenal dua jenis difusi yaitu difusi biasa dan khusus. Difusi biasa terjadi ketika sel ingin mengambil nutrisi atau molekul. Molekul tersebut dapat langsung berpindah membran plasma.

Sedangkan difusi khusus terjadi ketika sel ingin mengambil nutrisi dan difusi seperti ini memerlukan protein khusus yang memberikan jalur pada partikel untuk melakukan perpindahan.

  • Osmosis

 

Secara sederhana, osmosis dapat diartikan sebagai perpindahan molekul air melalui selaput semipermiabel dari larutan yang hipotonis atau berkepekatan rendah ke larutan hipertonis yang memiliki kepekatan yang tinggi.

Membran semipermiable harus dapat ditembus oleh pelarut yang mengakibatkan gradient tekanan pada bagian dengan konsentrasi pekat yang melebihi bagian dengan konsentrasi yang lebih encer.

Tekanan osmotic juga bersifat koligatif yang berarti sifat ini sangat tergantung pada konsentrasi zat terlaut dan bukan pada sifat zat terlarut itu sendiri. Osmosis sangat penting dalam biologi, karena fenomena ini dapat menjelaskan mengapa air dapat ditransportasikan ke dalam dan ke luar sel.

  • Transportasi aktif

 

Transportasi aktif merupakan perpindahan zat atau senyawa atau partikel atau molekul melalui membran selektif permiabel dari tempat yang konsentrasi zatnya rendah ke tempat yang konsentrasi zatnya tinggi dan menggunakan energi ATP dan  enzim pengangkut (protein carier)

Senyawa yang berupa karbohidrat agar dapat diserap harus dipecah atau disederhanakan terlebih dahulu menjadi monosakarida, misalnya fruktosa, glukosa dan galaktosa. Berbagai senyawa tersebut masih bersifat pasif, sehingga masih sulit untuk diserap oleh sel.

Untuk itu, harus diaktifkan terlebih dahulu dengan menggunakan energi yang tersimpan di dalam sel berupa energi kimia yang disebut sebagai ATP (Adenosin Tri Phospat). Untuk membebaskan energi ATP, diperlukan enzim tertentu sehingga batas energinya berubah 1 mol phospat.

Maka, sisanya akan berupa ADP (Adenosin Diphospat). Peristiwa inilah yang kita kenal sebagai transportasi aktif. Pada umumnya, transportasi aktif akan melawan gradient konsentrasi dari sebuah zat, sebagai contoh sederhananya pompa Na + atau pompa K + dan lainnya.

Inilah sekilas mengenai apa itu difusi, osmosis dan transportasi aktif ? Semoga bermanfaat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *