ujiansma.com

Portal pendidikan no 1

Menu

Pengertian Isotop Dalam Mempelajari Atom

June 13, 2013 | Pembelajaran

isotop

Mungkin istilah isotop ini sudah tidak asing lagi bagi sebagian besar dari anda. hal ini karena mungkin anda pernah mendengarnya ketika anda duduk di bangku sekolah atau di bangku kuliah. Akan tetapi, apakah semua di antara kita telah mengetahui apa itu isotop dengan baik ?

Apa itu isotop ? Pertanyaan yang mungkin pernah terlintas dalam benak anda ketika anda sedang mempelajari kimia atau fisika. Meskipun tidak termasuk ke dalam kategori pelajaran favorit anda, namun isotop ini sangat erat kaitannya dengan atom.

Oleh karena itu, kita perlu memahami apa itu atom terlebih dahulu baru kemudian apa itu isotop. Pada dasarnya, atom diartikan sebagai suatu satuan dasar materi yang terdiri dari inti atom serta awan elektron yang bermuatan negatif yang mengelilinginnya. Inti atom sendiri terdiri dari proton yang bermuatan positif dan neutron yang bermuatan netral kecuali pada inti atom hydrogen-1 yang tidak memiliki neutron.

Pada umumnya, berbagai elektron yang terdapat dalam atom terikat pada inti atom oleh gaya elektromagnetik. Sekumpulan atom tersebut dapat pula berikatan satu sama lainnya dan kemudian membentuk apa yang kita sebut sebagai molekul.

Istilah atom sendiri berasal dari bahasa Yunani yang berarti tidak dapat digolongkan atau tidak dapat dipotong  atau bahkan sesuatu yang tidak dapat dibagi lagi. Konsep atom sebagai komponen yang tidak dapat dibagi bagi lagi pertama kali diajukan oleh seorang filsuf India dan Yunani.

Atom sendiri dikelompokkan berdasarkan jumlah proton dan neutron yang terdapat pada inti atom tersebut. Jumlah proton pada atom menentukan unsur kimia atom tersebut, sedangkan jumlah neutron menentukan isotop unsur tersebut.

Untuk lebih jelas mengenai atom dan apa itu isotop, simaklah uraian yang akan disajikan berikut ini.

  • Sejarah atom

 

Pada akhir abad ke 17 dan 18 para kimiawan meletakkan dasar dasar pemikiran mengenai atom dengan menunjukkan bahwa berbagai zat tertentu tidak dapat dibagi lebih jauh lagi dengan menggunakan berbagai metode kimia.

Selama akhir abad ke 19 dan awal abad ke 20, para fisikawan berhasil menemukan struktur dan komponen subatom di dalam atom dan membuktikan bahwa atom tidaklah dapat dibagi lagi. Prinsip mekanika kuantum yang digunakan para fisikawan kemudian berhasil memodelkan atom.

Dalam pengamatan sehari hari, secara relatif atom dianggap sebagai sebuah objek yang sangat kecil dan memiliki massa yang secara proposional kecil pula. Atom ini juga hanya dapat dipantau dengan menggunakan peralatan khusus, seperti mikroskop gaya atom.

  • Pengertian Isotop

 

Istilah isotop ini sebenarnya merupakan istilah yang digunakan untuk menyatakan bentuk dari unsur yang bagian inti atau nukleusnya memiliki nomor atom yang sama, tetapi jumlah proton di nucleus dengan massa atom yang berbeda, karena mereka memiliki jumlah neutron yang berbeda.

Kata isotop sendiri berarti berada di tempat yang sama berasal dari fakta bahwa seluruh isotop dari sebuah unsur terletak pada tempat yang sama dalam tabel periodic. Tabel periodic sendiri merupakan kumpulan unsur unsur kimia dalam bentuk tabel.

Berbagai usnur tersebut diatur berdasarkan struktur elektronnya sehingga sifat kimia dari berbagai unsur tersbeut berubah ubah secara teratur pada sepanjang tabel. Setiap unsur juga didaftarkan berdasarkan nomor atom dan lambang unsurnya.

Tabel periodic standar juga memberikan informasi dasar mengenai sebuah unsur. Ada juga cara lain yang bisa digunakan untuk menampilkan berbagai unsur kimia, yaitu dengan memuat keterangan yang lebih atau dari perspektif yang berbeda.

Secara bersama, berbagai isotop dari berbagai unsur akan membentuk suatu set nuklida. Sebuah nuklida adalah satu jenis tertentu nucleus atom atau lebih umum sebuah aglomerasi proton dan neutron.

Dalam nomenklatur ilmiah, isotopatau nuklida dispesifikasikan berdasarkan nama unsur tertentu oleh sebuah hyphen dan jumlah nucleon dalam nucleus atom, misalnya helium-3, karbon-12, karbon-14, besi-57, uranium-238 dan lainnya.

Dalam bentuk simbolik, jumlah nucleon ditandakan sebagai sebuah prefik naik ke atas terhadap simbol kimia, misalnya 3He, 12C, 14C, 57Fe, 238U.

Inilah sekilas mengenai apa itu isotop. Semoga dapat bermanfaat


Related For Pengertian Isotop Dalam Mempelajari Atom