Apa itu Jaringan Epitel ? | ujiansma.com

Kamu Berada di:
Home » Pembelajaran » Apa itu Jaringan Epitel ?

Apa itu Jaringan Epitel ?

 

jaringan epitel

Apa itu jaringan epitel ? mungkin pertanyaan  seperti itu masih sering terlintas di benak anda, khususnya anda yang pelajar atau mahasiswa. Pada dasarnya, pertanyaan seperti apa itu jaringan epitel ? sering kita jumpai di dalam mata pelajaran biologi atau IPA.

Hal ini karena pada dasarnya pelajaran tersebut mengkaji segala sesuatu yang berhubungan dengan makhluk hidup. Jaringan ini sendiri merupakan salah satu penyusun dari makhluk hidup. Jaringan terbentuk dari kesatuan sel yang mempunyai bentuk dan fungsi yang sama.

Kemudian, jaringan ini akan membentuk suatu sistem yang kita sebut sebagai sistem organ. Pada dasarnya, seluruh unsur di dalam tubuh makhluk hidup akan bekerja secara kompak dalam satu kesatuan. Jadi, jika terjadi gangguan pada satu sel saja, maka akan mempengaruhi keseluruhan sistem.

Jaringan epitel ini sendiri merupakan jaringan yang terdapat di dalam tubuh makhluk hidup. Jaringan epitel merupakan lapisan sel yang menyelimuti dan melapisi permukaan luar organ dalam (endothelium), bagian dalam rongga (mesotelium) dan permukaan paling luar dari tubuh (epidermis).

Sel-sel epitel tersusun rapat, sehingga tidak ada rongga antar sel. Sel-sel tersebut menempel pada sebuah lapisan yang disebut sebagai membran basal. Membran basal ini sendiri berfungsi untuk menyokong jaringan epitel yang ada di atasnya.

Jaringan ini juga berfungsi sebagai pelindung atau pertahanan. Sel-sel di dalam jaringan ini termodifikasi untuk menjalankan beberapa fungsi lainnya, misalnya sekresi, ekskresi, absorpsi, dan membran semipermeabel.

Karena strukturnya yang begitu rapat, jaringan epitel juga dapat dikatakan sebagai jaringan yang seluler. Jaringan ini sendiri dapat berasal dari ectoderm (misalnya epitel pada kulit), entoderm (misalnya epitel pada saluran pencernaan), dan mesoderm (epitel pada saluran kemih).

Untuk lebih jelas mengenai apa itu jaringan epitel ? Simaklah uraian yang akan disajikan berikut ini.

  • Fungsi jaringan epitel

 

Pada dasarnyam banyak seklai fungsi dari jaringan epitel, tergantung pada posisi jaringan tersebut. Adapaun beberapa fungsi dari jaringan ini, di antaranya adalah sebagai berikut :

-         Sebagai pelindung

-         Sebagai alat sekresi

-         Sebagai alat penerima impuls atau rangsangan dari luar

-         Sebagai alat penyerapan atau absorbs

-         Sebagai alat respirasi atau pernafasan

Sebagai pelindung, biasanya jaringan epitel ini sendiri juga diberikan pelindung, berupa lapisan tanduk atau korneum, silia, dan lapisan lendir.

-         Jaringan epithelium penutup adalah jaringan yang berperan penting untuk melapisi permukaan tubuh dan jaringan lainnya. Jaringan ini terdapat pada permukaan tubuh, permukaan organ, melapisi rongga, atau merupakan lapisan sebelah dalam dari saluran yang ada di dalam tubuh, misalnya dalam saluran pencernaan dan pembuluh darah.

-         Jaringan epithelium kelenjar merupakan jaringan yang disusun oleh sel-sel khusus yang mampu menghasilkan secret atau getah cair. Getah cair ini berbeda dengan darah atau cairan antar sel. Berdasarkan cara kelenjar mensekresikan cairannya, kelenjar dibedakan menjadi dua, yaitu endokrin dan eksokrin.

  • Bentuk jaringan epitel

 

Berdasarkan bentuknya, jaringan epitel dibagi ke dalam beberapa kelompok lagi, yaitu :

-         Jaringan epitel selapis

-         Jaringan epitel selapis pipih yang jika dilihat dari permukaannya berbentuk seperti lantai atau ubin dengan batas yang tidak teratur. Pada dasarnya jaringan ini berguna untuk jalan pertukaran zat dari luar ke dalam tubuh dan sebailknya, contohnya adalah pembuluh darah kapiler dan dinding alveolus

-         Jaringan epitel selapis kubus yang jika dilihat dari permukaannya berbentuk seperti sarang lebah atau berbentuk polygonal. Misalnya epitel pada permukaan ovarium, kelenjar, dan kelenjar tiroid

-         Jaringan epitel selapis silindris yang terlihat seperti epithelium kubus, namun potongan tegak lurus terlihat lebih tinggi. Sel ini mempunyai silia pada permukaan tubuhnya, misalnya epitel pada lambung dan usus

-         Jarungan epitel batang bersilia jaringan ini biasanya terletak di rongga hidung yang berfungsi sebagai penghasil mucus atau lendir untuk menangkap benda asing yang masuk ke hidung

-         Jaringan epitel berlapis semu yang pada umumnya memiliki tinggi yang tidak sama dan terletak di trakea

-         Dan lain-lain

Inilah sekilas mengenai apa itu jaringan epitel ? Semoga bermanfaat


Posted by 0 Responses
     

Leave a Reply to this Post

Mar
1
2013
 
 
ujiansma.com Search form
DUKUNG GERAKAN LULUS UAN 100% Yang GAG DUKUNG berarti GAG PENGEN LULUS!!!



Recently Active Users
admin