Apa itu Jaringan Ikat ? | ujiansma.com

Kamu Berada di:
Home » Beasiswa » Apa itu Jaringan Ikat ?

Apa itu Jaringan Ikat ?

 

Apa itu jaringan ikat ? pernakah pertanyaan seperti itu terlintas di dalam benak anda ? Pada dasarnya, pertanyaan seperti itu sering kita jumpai dalam mata pelajaran tertentu, khususnya biologi dan IPA (Ilmu Pengetahuan Alam)

Memang benar, jaringan ikat ini merupakan bagian dari makhluk hidup, sehingga dikaji oleh biologi. Namun, mungkin sebagian besar dari kita tidak terlalu peduli mengenai hal ini, mengingat minat membaca masih sangat rendah di negri kita.

Akan tetapi, tidak ada salahnya kita mengetahui seperti apa itu jaringan ikat atau apa apa saja yang terdapat di dalam jaringan ikat itu. Pada dasarnya, jaringan ini sering kita dengar, terutama dalam tubuh hewan.

Jaringan ikat ini sendiri merupakan jaringan yang berfungsi untuk mengikat, menambat dan menyokong berbagai jaringan, organ dan bagian badan diman jaringan ini dibentuk oleh sel-sel dalam jumlah yang sedikit saja.

Jaringan ikat ini juga terdiri dari populasi sel yang tersebar di dalam matriks ekstraseluler. Secara embriologi, jaringan ikan berasal dari mesenkim (sel-sel mesenkim) dimana sel-sel tersebut akan berdiferensiasi menjadi berbagai sel yang menyusun jaringan ikat pada tubuh dewasa.

Jaringan ikat juga terdiri dari berbagai sel dan zat ekstrasel yang disebut sebagai matriks (kecuali untuk jaringan darah dan limfa). Substansi dasar dari jaringan ini adalah zat amorf, transparan, tanpa warna, bersifat seperti gel semi cair dengan kadar air yang tinggi, berfungsi untuk menunjang jaringan dan mengelilingi sel serta seratnya.

Substansi dasar ini terutama terdiri dari glikosaminoglikans dan glikoprotein dengan asam hialuronat sebagai glikosaminoglikans utamanya. Matriks sendiri terdiri dari serat jaringan ikat dan substansi dasar serta cairan jaringan.

Pada dasarnya, jaringan ikat ini dibedakan menjadi dua, yaitu jaringan ikat umum dan jaringan ikat khusus. Untuk lebih jelas mengenai apa itu jaringan ikat ? Simaklah uraian yang akan disajikan berikut ini.

  1. 1.      Jaringan ikat umum

 

Merupakan salah satu jaringan ikat yang terbagi lagi ke dalam beberapa kelompok, yaitu :

  • Jaringan ikat longgar

 

Jaringan ini merupakan jaringan yang paling banyak dijumpai di dalam tubuh. jaringan ini terdiri dari sekumpulan sel fibroblast, sel mast, sel makrophag, sel lemak, sel elastin, dan serat kolagen. Jaringan ini memiliki ciri khas dimana sel-selnya jarang dan sebagian besar tersusun atas matriks.

Fungsi utama dari jaringan ini adalah sebagai pengikat dan pengepak material. Ada beberapa fungsi dari jaringan ikat ini, di antaranya adalah :

-         Makrofag yang berfungsi untuk memfagosit bakteri, sel mati, benda asing yang masuk dll

-         Fibroblast yang berfungsi untuk mensintesis serat kolagen, serat reticular dan serat elastin

-         Sel lemak yang berfungsi untuk menimbun sel lemak dan bahan pembungkus beberapa organ

-         Sel mast yang berguna untuk melepaskan heparin

  • Jaringan ikat padat

 

Merupakan jaringan yang matriknya berhimpitan dan terbuat dari serat kolagen. Jaringan ini membentuk tendon sebagai tempat pelekatan otot dan tulang. Selain itu, juga membentuk ligament sebagai tempat persendian.

  1. 2.      Jaringan ikat khusus

 

Jaringan ini terdiri dari :

  • Darah

 

Darah adalah jaringan ikat yang tersusun sebagian besar dari cairan. Matriks darah disebut plasma yang tersusun atas air, garam, mineral dan protein terlarut. Darah ini sendiri berguna untuk mentranspor substansi ke seluruh bagian tubuh.

  • Kartilago

 

Kartilago atau tulang rawan merupakan jaringan ikat yang membentuk rangka yang fleksibel dan kuat, terdiri dari serabut kolagen yang tertanam di dalam matriks. Tulang rawan ini banyak kita jumpai dalam bagian ujung tulang keras, hidung, telinga dan ruas tulang belakang.

  • Tulang

 

Merupakan jaringan ikat yang kaku, keras dengan serabut kolagen yang tertanam di dalam matriks. Di dalam matriks sel tulang, terdapat kalsium yang dapat bergerak dan diserap oleh darah. Tulang sendiri terdiri dari dua macam, yaitu :

-         Tulang padat (kompakta)

-         Tulang spongiosa

Susunan umum tulang dari luar ke dalam secara umum adalah periosteum, tulang kompakta dan tulang spongiosa.

Inilah sekilas mengenai apa itu jaringan ikat ? Semoga bermanfaat


Posted by 0 Responses
     

Leave a Reply to this Post

Mar
1
2013
 
 
ujiansma.com Search form
DUKUNG GERAKAN LULUS UAN 100% Yang GAG DUKUNG berarti GAG PENGEN LULUS!!!



Recently Active Users
admin