Apa itu lemak ? | ujiansma.com

Kamu Berada di:
Home » Pembelajaran » Apa itu lemak ?

Apa itu lemak ?

 

Apa itu lemak ? Mungkin pertanyaan seperti itu pernah anda pikirkan sejenak, mengingat bahwa lemak merupakan unsur yang biasanya terkandung pada makanan yang lezat dan enak. Memang benar, makanan yang berminyak atau mengandung lemak biasanya merupakan makanan yang lezat.

Namun, sebaiknya kita jangan hanya bisa mengonsumsinya saja tanpa mengetahui apa itu lemak ? Sebagai manusia dengan rasa ingin tahu yang tinggi, tidak ada salahnya bila kita mencari tahu segala sesuatu mengenai lemak ini.

Mungkin bagi sebagian besar orang, terutama kaum hawa lemak merupakan musuh utama yang harus dihindari karena dapat menaikkan berat badan. Namun, sebenarnya lemak tidak hanya mengandung manfaat buruk saja, melainkan ada juga beberapa fungsi yang membangun tubuh.

Lemak atau fat merupakan sekumpulan molekul alam yang terdiri dari unsur karbon, hydrogen dan oksigen yang meliputi asam lemak, malam, sterol dan vitamin yang larut di dalam lemak, misalnya vitamin A, D, E, dan K.

Lemak secara khusus sering kita artikan sebagai minyak hewani pada suhu ruang, lepas dari wujudnya yang padat ataupun cair. Lemak juga terdapat di dalam jaringan tubuh yang disebut sebagai adipose.

Pada jaringan tersebut, sel lemak akan mengeluarkan hormone leptin dan resistin yang berperan untuk sistem kekebalan, hormone sitokina yang berperan dalam komunikasi antar sel. Pada dasarnya, hormone tersebut dihasilkan oleh jaringan adipose secara khusus.

Untuk lebih jelas mengenai apa itu lemak ? Simaklah uraian yang akan disajikan berikut ini.

  • Sifat dan ciri-ciri

 

Pada dasarnya, struktur lemak kaya akan rantai unsur karbon, oleh karena itu lemak mmepunyai sifat yang hydrophob. Hal ini juga menjelaskan mengapa lemak begitu sulit untuk larut di dalam air.

Pada umumnya, lemak memang hanya bisa larut di dalam cairan yang apolar atau organic, misalnya eter, chloroform, atau benzol.

  • Fungsi lemak

 

Selain membawa dampak buruk bagi tubuh kita, namun sebenarnya jika lemak dikonsumsi secara bijak, ada beberapa manfaat yang bisa anda rasakan, di antaranya adalah sebagai berikut :

-         Menjadi cadangan energi dalam bentuk sel lemak, 1 gram lemak dapat menghasilkan 39 atau 40 joule.

-         Lemak juga mempunyai fungsi selular dan merupakan komponen structural pada membran sel yang berkaitan dengan karbohidrat dan protein demi menjalankan aliran air, ion dan molekul lain.

-         Lemak juga dapat menopang fungsi senyawa organic sebagai penghantar sinyal seperti pada protoglandin dan steroid hormone dan kelenjar empedu

-         Lemak juga dapat menjadi suspense bagi vitamin A, D, E, dan K yang berguna untuk proses biologis

-         Lemak juga dapat menjadi penahan goncangan demi melindungi organ vital dan melindungi suhu tubuh dari luar yang kurang sesuai

  • Cadangan energi

 

Pada dasarnya, lemak juga bisa menjadi cadangan energi bagi makhluk hidup, pada hewan cadangan makanan lemak ini akan disimpan di dalam jaringan adipose. Oksidasi lengkap dengan asam lemak memberikan material yang kaya akan kalori.

  • Gizi dan kesehatan

 

Sebagian besar lipid yang ditemukan di dalam makanan pada umumnya berbentuk triasilgliserol, kolestrol dan fosfolipid. Kadar rendah lemak makanan adalah penting untuk memfasilitasi penyerapan segala vitamin yang larut di dalam lemak dan karotenoid.

Manusia dan mamalia lainnya memerlukan makanan untuk memenuhi kebutuhan asam lemak esensial tertentu, misalnya asam linoleat atau asam lemak omega 6 dan asam lemak omega 3. Senyawa ini tidak dapat disintesis secara sederhana dalam makanan.

Banyak seklai penelitian yang telah menunjukkan bahwa lemak memberikan manfaat kesehatan yang baik bagi tubuh, berkaitan dengan asupan lemak omega 3 pada perkembangan bayi, kanker atau penyakit kardiovaskuler dan berbagai penyakit kejiwaan lain seperti depresi, kenalinan hiperaktif, kurang memperhatikan atau demensia.

Sekarang ini juga dinyatakan bahwa asupan lemak trans yang ada pada minyak nabati merupakan faktor utama penyebab penyakit jantung. Selain itu, lemak juga banyak mendapat tuduhan atas terjadinya kegemukan atau obesitas dan penyakit diabetes.

Inilah sekilas mengenai apa itu lemak ? Semoga bermanfaat


Posted by 0 Responses
     

Leave a Reply to this Post

Mar
13
2013
 
 
ujiansma.com Search form
DUKUNG GERAKAN LULUS UAN 100% Yang GAG DUKUNG berarti GAG PENGEN LULUS!!!



Recently Active Users
admin