Pengertian Neutron dalam Mempelajari Atom | ujiansma.com

Kamu Berada di:
Home » Pembelajaran » Pengertian Neutron dalam Mempelajari Atom

Pengertian Neutron dalam Mempelajari Atom

 

7-300x207

Apa itu neutron ? Mungkin pertanyaan seperti itu pernah terlintas dalam benak anda ketika anda sedang mempelajari atom dalam fisika atau kimia. Sebenarnya, neutron ini sangat erat kaitannya dengan atom. Oleh karena itu, untuk menjawab pertanyaan apa itu neutron, tentunya kita harus memahami terlebih dahulu apa yang dimaksud dengan atom.

Istilah atom sendiri berasal dari bahasa Yunani yang berarti tidak dapat digolongkan atau tidak dapat dipotong  atau bahkan sesuatu yang tidak dapat dibagi lagi. Konsep atom sebagai komponen yang tidak dapat dibagi bagi lagi pertama kali diajukan oleh seorang filsuf India dan Yunani.

Jadi, atom diartikan sebagai suatu satuan dasar materi yang terdiri dari inti atom serta awan elektron yang bermuatan negatif yang mengelilinginnya. Inti atom sendiri terdiri dari proton yang bermuatan positif dan neutron yang bermuatan netral kecuali pada inti atom hydrogen-1 yang tidak memiliki neutron.

Pada umumnya, berbagai elektron yang terdapat dalam atom terikat pada inti atom oleh gaya elektromagnetik. Sekumpulan atom tersebut dapat pula berikatan satu sama lainnya dan kemudian membentuk apa yang kita sebut sebagai molekul.

Dalam pengamatan sehari hari, secara relatif atom dianggap sebagai sebuah objek yang sangat kecil dan memiliki massa yang secara proposional kecil pula. Atom ini juga hanya dapat dipantau dengan menggunakan peralatan khusus, seperti mikroskop gaya atom.

Untuk lebih jelas mengenai apa itu neutron, simaklah uraian yang akan disajikan berikut ini.

  • Neutron

 

Secara umum, neutron diartikan sebagai salah satu partikel subatomic yang tidak memiliki muatan atau bersifat netral dan memiliki massa yang sedikit lebih berat dari pada proton. Neutron memiliki putaran sebesar ½.

Dalam inti atom, (kecuali pada isotop hydrogen yang paling umum yang hanya terdiri dari sebuah proton) biasanya terdiri dari unsur proton dan neutron. Sedangkan di luar inti atom, neutron merupakan unsur yang tidak stabil dan memiliki paruh waktu sekitar 10 menit untuk meluluh dengan memancarkan elektron dan antineutrino untuk menjadi proton.

Metode peluruhan tersebut dinamakan sebagai metode peluruhan beta yang terjadi di beberapa inti atom. Berbagai partikel yang biasanya terdapat dalam inti atom adalah neutron dan proton yang berubah menjadi satu dan lainnya dengan pemancaran dan penyerapan pion.

Sebuah neutron sering diklasifikasikan sebagai baryon yang terdiri dari dua quark bawah dan satu quark atas. Persamaan neutron antibendanya adalah antineutron. Adapun perbedaan utama neutron dengan partikel subatomic lainnya adalah mereka tidak bermuatan.

Sifat neutron yang satu ini membuat penemuannya lebih terbelakang dan sangat menembus, sehingga membuatnya sulit untuk diamati secara langsung dan membuatnya sangat penting sebagai agen dalam perubahan nuklir.

Adapun penelitian yang dilakukan oleh Rutherford yang selain sukses untuk mendapatkan hasil hasil yang memuaskan juga memunculkan kejanggalan yaitu massa inti atom unsur selalu bermuatan lebih besar dari pada proton di dalam inti atom.

Ia juga menduga adanya partikel lain di dalam inti atom yang tidak bermuatan karena atom bermuatan positif karena adanya proton yang bermuatan positif. Adanya parrtikel lain dalam inti atom ini kemudian dibuktikan oleh James Chadwick yang melakukan penelitian dengan menembak logam berilium dengan menggunakan sinar alfa.

Hasil penelitiannya menunjukkan bahwa suatu partikel yang tidak bermuatan dilepaskan ketika logam berilium ditembak dengan sinar alfa dan partikel ini disebut sebagai neutron.

  • Identifikasi

 

Seperti yang telah disebutkan bahwa partikel atom ini sangatlah kecil. Oleh karena itu, dibutuhkan alat khusus untuk mengamati atom. Salah satunya adalah mikroskop penerowongan payaran yang merupakan suatu miksroskop yang digunakan untuk melihat permukaan suatu benda pada tingkat atom.

Alat ini menggunakan fenomena penerowongan kuantum yang mengijinkan berbagai partikel untuk menembus sawar yang biasanya tidak dapat dilewati. Metode lainnya yang lebih selektif adalah spektroskopi pelepasan energi elektron yang mengukur pelepasan energi berkas elektron dalam suatu mikroskop elektron transmisi ketika ia bereaksi dengan sampel.

Helium pada matahari ditemukan dengan menggunakan cara ini. Inilah sekilas mengenai apa itu neutron. Semoga bermanfaat.


Posted by 0 Responses
     

Comments are closed.

Jun
13
2013
 
 
ujiansma.com Search form
DUKUNG GERAKAN LULUS UAN 100% Yang GAG DUKUNG berarti GAG PENGEN LULUS!!!



Recently Active Users
admin