Apa Itu Oksigen | ujiansma.com

Kamu Berada di:
Home » Pembelajaran » Apa Itu Oksigen

Apa Itu Oksigen

 

images

Apa itu oksigen ? Mungkin pertanyaan seperti itu sering kali terlintas di dalam benak kita semua, karena mengingat oksigen merupakan zat yang kita hirup setiap harinya. Mungkin secara sederhana anda mengartikan oksigen ini sebagai udara.

Hal tersebut memang tidak salah, namun sebenarnya oksigen mempunyai pengertian yang lebih luas dari pada hal tersebut. Oksigen atau zat asam sendiri merupakan salah satu dari unsur kimia yang ada pada tabel periodic yang mempunyai lambang O dengan nomor atom 8.

Oksigen juga merupakan unsur pada golongan kalkogen dan dapat dengan mudah bereaksi dengan hampir semua unsur lainnya (terutama menjadi oksida). Pada temperature dan tekanan standar, dua unsur atom ini berikatan menjadi dioksigen, yaitu senyawa gas diatomic dengan rumus O2 yang tidak berwarna, tidak berasa dan tidak berbau.

Oksigen juga merupakan unsur yang paling melimpah ketiga di alam semesta berdasarkan massa dan juga merupakan unsur yang paling melimpah di kerak bumi. Gas oksigen diatomic mengisi 20,9 persen volume atmosfer bumi.

Selain itu, semua kelompok molekul structural yang terdapat pada organisme hidup, seperti protein, karbohidrat dan lemak yang mengandung oksigen. Demikian juga dengan senyawa anorganik yang terdapat pada cangkang, gigi dan tulang hewan.

Oksigen dalam bentuk O2 dihasilkan oleh air dari sianobakteri, ganggang dan tumbuhan selama fotosintesis dan digunakan pada respirasi sel oleh hampir semua makhluk. Bagi anaerob sendiri atau bentuk kehidupan yang paling dominan pada masa awal evolusi kehidupan, oksigen merupakan hal yang beracun.

Selain itu, kita juga mengenal adanya O3 atau ozon yang merupakan lapisan yang membantu atmosfer untuk melindungi biosfer dari radiasi ultraviolet. Akan tetapi, karena permukaan bumi adanya polutan yang merupakan hasil samping dari asbut.

Oksigen secara terpisah sebenarnya ditemukan oleh Carl Wilhelm Scheele di Uppsala pada tahun 1773 dan Joseph Priestley di Wiltshire pada tahun 1774. Temuan Priestley ini lebih terkenal karena publikasinya merupakan publikasi pertama yang dicetak.

Namun, istilah oksigen ini pertama kali disebutkan oleh Antoine Lavoisier pada tahun 1777, dimana eksperimennya yang berhasil meruntuhkan teori flogiston pembakaran dan korosi yang terkenal. Untuk lebih jelas mengenai apa itu oksigen, simaklah uraian yang akan disajikan berikut ini.

  • Struktur oksigen

 

Pada temperature dan tekanan standar, oksigen sebenarnya hanya berupa gas yang tidak berwarna dan tidak berbau serta tidak berasa dengan rumus kimia O2, dimana dua atom oksigen secara kimiawi berikatan dengan konfigurasi elektron triplet spin.

Ikatan ini mempunyai orde ikatan dua dan sering dijelaskan secara sederhana sebagai ikatan ganda atau juga sebagai kombinasi satu ikatan dua elektron dengan dua ikatan tiga elektron. Dalam bentuk triplet yang normal, molekul O2 bersifat paramagnetic oleh karena spin momen magnetic elektron tak berpasangan.

Oksigen cair juga akan tertarik pada magnet, sebagaimana pada percobaan laboratorium, dimana jembatan oksigen cair akan terbentuk di antara dua kutub magnet yang kuat. Selain itu, ada pula oksigen singlet yang merupakan nama dari molekul O2 yang semua spin elektronnya berpasangan.

  • Sifat fisik oksigen

 

Oksigen merupakan komponen yang dapat larut di dalam air dari pada nitrogen. Air mengandung sekitar satu molekul O2 untuk setiap dua molekul N2, bandingkan dengan rasio atmosferik yang sekitar 1 : 4. Selain itu, kelarutan oksigen di dalam air juga bergantung pada suhu.

Pada suhu 0 derajat C, konsentrasi oksigen di dalam air adalah 14,6 mg·L?1. Oksigen sendiri juga bisa mengalami pengembunan pada 90,20 K (?182,95 °C, ?297,31 °F), dan membeku pada 54.36 K (?218,79 °C, ?361,82 °F).

Baik oksigen cair atau oksigen padat yang berwarna biru langit. Hal ini dikarenakan oleh penyerapan warna merah. Oksigen cair dengan kadar kemurnian yang tinggi biasanya didapatkan dengan distilasi bertingkat udara cair.

Selain itu, oksigen cair juga bisa dihasilkan dari pengembunan udara, menggunakan nitrogen cair dengan pendingin. Oksigen juga merupakan zat yang sangat reaktif dan harus dipisahkan dari bahan yang mudah terbakar.

Inilah sekilas mengenai apa itu oksigen.


Posted by 0 Responses
     

Comments are closed.

Jun
20
2013
 
 
ujiansma.com Search form
DUKUNG GERAKAN LULUS UAN 100% Yang GAG DUKUNG berarti GAG PENGEN LULUS!!!



Recently Active Users
admin