Apa Itu Organ ? | ujiansma.com

Kamu Berada di:
Home » Pembelajaran » Apa Itu Organ ?

Apa Itu Organ ?

 

Apa itu organ ? Pertanyaan tersebut sering kali muncul bagi mereka yang masih awam dengan dunia kesehatan. Pada dasarnya, setiap manusia memiliki organ di dalam tubuhnya. Tanpa kehadiran organ tersebut, maka kinerja tubuh tidak bisa berjalan dengan baik.

Seluruh bagian dari tubuh kita, baik hidung, mata, mulut dan lainnya, semua hal tersebut memiliki fungsinya masing-masing. Organ tersebut merupakan organ luar tubuh, sedangkan jantung, ginjal, paru-paru, lambung dan lainnya merupakan organ dalam tubuh.

Jadi, apa itu organ ? Pada hakikatnya, organ diartikan sebagai kesatuan atau kumpulan dari beberapa jaringan yang bekerja sama dan menjalankan fungsinya satu sama lain. Misalnya organ usus, yang tersusun dari beberapa jaringan, yaitu jaringan epitel, jaringan ikat, jaringan otot dan jaringan saraf. Semua jaringan tersebut bekerja sama untuk menjalankan fungsi usus sebagai organ penyerapan.

Namun, sayangnya organ juga tidak terlepas dari berbagai ancaman penyakit. Oleh karena itu, sangat dianjurkan bagi anda untuk selalu menjaga kesehatan tubuh anda. Pada umumnya, penyakit yang menyerang organ adalah penyakit dalam yang dikategorikan sebagai penyakit berbahaya.

Misalnya kanker paru-paru. Mendengar istilah kanker saja kita sudah bisa mendeteksi bahwa penyakit tersebut merupakan penyakit yang sangat berbahaya dan mematikan. Untuk lebih jelas mengenai apa itu organ ? Simaklah uraian yang akan disajikan berikut ini.

  • Sistem organ

 

Seperti yang sudah disebutkan bahwa organ merupakan kumpulan jaringan yang menjalankan fungsi yang sama. Jaringan tersebut kemudian akan membentuk suatu sistem yang dinamakan sebagai sistem organ.

Jika kita mendengar kata sistem, tentunya ada proses yang dijalankan oleh organ ini. Sebenarnya, ada banyak sekali proses alami tubuh yang terjadi tanpa kita sadari, misalnya proses metabolisme, katabolisme, anabolisme dan lainnya.

Semua proses tersebut berlangsung secara rapi atau terkoordinir dan dilakukan oleh serangkaian organ tubuh. Misalnya ketika kita sedang makan, mungkin proses makan bagi kita merupakan proses yang sederhana, karena kita hanya perlu memasukkan makanan ke dalam mulut saja.

Namun, sebenarnya terjadi proses yang sangat panjang dan kompleks, yaitu mulut, kerongkongan, lambung, usus halus, usus besar, hingga di keluarkan di anus. Pada masing-masing organ ini terjadi proses lagi.

Misalnya ketika makanan sudah memasuki lambung, maka enzim-enzim di lambung akan mengubah makanan menjadi senyawa yang mudah diserap. Kemudian ketika memasuki usus, maka sari-sari makanan yang berguna akan diserap oleh tubuh.

Inilah yang dikatakan sebagai sistem organ. Ada beberapa sistem lain yang terjadi, misalnya sistem pernafasan, pencernaan, reproduksi, sirkulasi, gerak, ekskresi, peredaran darah dan lain sebagainya.

Perlu anda ingat bahwa semua makhluk hidup mempunyai sistem organ, namun tentunya sistem yang berbeda. Makhluk hidup disini tidak hanya manusia dan hewan saja, melainkan tumbuhan juga mempunyai sistem organ.

Sama halnya dengan sebuah komputer, apabila suatu sistem mengalami gangguan pada satu bagian, maka akan mengganggu keseluruhan proses.

  • Organ pada tumbuhan

 

Pada dasarnya, tumbuhan merupakan makhluk hidup yang mempunyai sistem organ untuk bereproduksi. Berikut ini adalah beberapa contoh sistem organ pada tumbuhan, yaitu :

-         Di dalam daun, ada beberapa jaringan, yaitu jaringan epidermis, jaringan endodermis dan jaringan pengangkutan yang memiliki fungsinya masing-masing

-         Di dalam akar sendiri terdapat jaringan epidermis, parenki dan pengangkutan. Akar berfungsi untuk menyerap air dan unsur hara yang ada di dalam tanah.

-         Batang merupakan penghubung antara akar dan daun. Di dalam batang terdapat jaringan epidermis, parenkim, dan pengangkutan.

  • Organ pada hewan

 

Banyak sekali jenis hewan yang ada di dunia ini. Masing-masing hewan memiliki organ yang unik dan beragam pula, misalnya katak yang bernafas menggunakan kulit atau ikan yang bernafas dengan insang. Berikut ini adalah beberapa contoh organ pada hewan :

-         Jantung, yang terdiri dari jaringan epitel, otot, ikat dan saraf

-         Mata yang terdiri dari jaringan otot, saraf, ikat, darah dan lainnya

-         Ginjal yang terdiri dari jaringan otot, ikat, saraf, dan lainnya

Inilah sekilas mengenai apa itu organ ? Semoga bermanfaat


Posted by 0 Responses
     

Leave a Reply to this Post

Feb
21
2013
 
 
ujiansma.com Search form
DUKUNG GERAKAN LULUS UAN 100% Yang GAG DUKUNG berarti GAG PENGEN LULUS!!!



Recently Active Users
admin