ujiansma.com

Portal pendidikan no 1

Menu

Apa itu Organisasi ?

October 1, 2015 | IPS, motivasi

budayamusyawararapatorganisasi

Apa itu  Organisasi ?

Organisasi atau yang sering juga disebut sebagai perusahaan merupakan hal yang bukan lagi asing dalam kehidupan sehari hari. Namun, apakah anda mengetahui prinsip prinsip organisasi dengan baik ?

Organisasi adalah suatu kelompok orang dalam suatu wadah untuk tujuan bersama. Kata organisasi sendiri berasal dari bahasa Yunani, yaitu organon yang berarti alat. Oleh karena itu, organisasi sering diartikan sebagai suatu kelompok orang dalam suatu wadah untuk tujuan bersama.

Dalam kajian ilmu social, organisasi dipelajari oleh periset dari berbagai bidang ilmu, terutama sosiologi, ekonomi, ilmu politik, psikologi dan manajemen. Kajian mengenai organisasi sering disebut studi organisasi (organizational studies), perilaku organisasi (organizational behaviour), atau analisis organisasi (organization analysis).

Terdapat beberapa teori dan perspektif mengenai organisasi, ada yang cocok sama satu sama lain, dan ada pula yang berbeda. Organisasi pada dasarnya digunakan sebagai tempat atau wadah dimana orang-orang berkumpul, bekerjasama secara rasional dan sistematis, terencana, terorganisasi, terpimpin dan terkendali, dalam memanfaatkan sumber daya (uang, material, mesin, metode, lingkungan), sarana-parasarana, data, dan lain sebagainya yang digunakan secara efisien dan efektif untuk mencapai tujuan organisasi.

Dalam berorganisasi setiap individu dapat berinteraksi dengan semua struktur yang terkait baik itu secara langsung maupun secara tidak langsung kepada organisasi yang mereka pilih. Agar dapat berinteraksi secara efektif setiap individu bisa berpartisipasi pada organisasi yang bersangkutan.

Dengan berpartisipasi setiap individu dapat lebih mengetahui hal-hal apa saja yang harus dilakukan. Pada dasarnya partisipasi didefinisikan sebagai keterlibatan mental atau pikiran dan emosi atau perasaan seseorang di dalam situasi kelompok yang mendorongnya untuk memberikan sumbangan kepada kelompok dalam usaha mencapai tujuan. Keterlibatan aktif dalam berpartisipasi, bukan hanya berarti keterlibatan jasmaniah semata


Related For Apa itu Organisasi ?