Perusahaan Dagang, Kegiatan Penjualan Barang Dagang

Apa itu perusahaan dagang ? Mungkin pertanyaan seperti itu pernah terlintas di dalam benak anda. Memang di dalam suatu Negara, kehidupan masyarakat tidak bisa lagi terpisahkan dari sebuah sektor yang bernama sektor ekonomi.

Sektor ini merupakan sektor penting yang dapat menjamin kehidupan dan kelangsungan hidup orang banyak. Tanpa adanya sektor ekonomi, maka manusia tidak akan bisa memenuhi kebutuhannya sendiri.

Kata ekonomi ini sendiri berasal dari bahasa Yunani, yaitu oikos yang berarti rumah tangga atau keluarga dan nomos yang berarti peraturan atau hukum. Jadi, secara singkat ekonomi diartikan sebagai peraturan rumah tangga.

Adapun berbagai pelaku ekonomi yang melakukan kegiatan ekonomi dalam kehidupan sehari hari, di antaranya adalah produsen atau dengan kata lain penjual yang menghasilkan barang atau jasa untuk dijual dan memperoleh keuntungan yang sebesar-besarnya.

Selain itu, ada juga konsumen, yaitu pihak yang menggunakan barang atau jasa dengan tujuan untuk memuaskan keinginan atau memenuhi kebutuhannya. Adapun distributor atau penghubung yang menyalurkan barang atau jasa dari produsen ke konsumen.

Namun, bagaimana dengan perusahaan dagang ? apa itu perusahaan dagang ? Apakah setiap perusahaan yang kita lihat merupakan perusahaan dagang ? Tentunya tidak karena perusahaan itu sendiri terdiri dari berbagai jenis.

Untuk lebih jelas mengenai apa itu perusahaan dagang ? Simaklah uraian yang akan disajikan berikut ini.

  • Pengertian perusahaan dagang

 

Secara umum, perusahaan dagang diartikan sebagai jenis perusahaan yang kegiatan utamanya adalah membeli barang yang kemudian akan dijual kembali dengan mengharapkan laba dan tanpa mengubah bentuk atau sifat dari barang tersebut.

Tentunya ada banyak sekali bukan perusahaan dagang di sekitar kita ? Seluruh barang yang dibeli untuk dijual kembali dan tanpa terjadi perubahan sifat dan bentuknya disebut sebagai barang dagangan. Misalnya komputer dan lainnya.

Perusahaan dagang ini sendiri bertujuan utama untuk mencari laba sebesar-besarnya dan biasanya didirikan dengan memperhatikan berbagai faktor yang penting, misalnya apakah letaknya dekat dengan konsumen atau dapatkan kosumen menjangkau produk tersebut.

 

Seperti yang telah disebutkan tadi bahwa banyak sekali jenis perusahaan yang ada. Namun, tentunya setiap perusahaan mempunyai ciri khas tersendiri yang khusus dan mampu membedakannya dari perusahaan lainnya.

Adapun ciri-ciri dari perusahaan dagang, yaitu :

–         Pendapatan utamanya berasal dari kegiatan penjualan barang dagang

–         Sedangkan biaya utamanya berasal dari harga pokok barang yang terjual dan biaya usaha lainnya

–         Jika ditinjau dari pandangan akuntansi, maka bisa dikatakan terdapat akun persediaan barang dagang

–         Perusahaan dagang juga merupakan perantara antara produsen dengan konsumen

–         Barang yang dibeli dan barang yang dijual merupakan barang yang sama, tanpa dilakukan perubahan dan modifikasi

–         Tujuan utama dari perusahaan dagang adalah untuk mencari keuntungan sebesar-besarnya dengan cara menjual barang dengan harga lebih tinggi dari pada barang yang dibeli

 

Dalam kegiatan akuntansi, cakupan perusahaan dagang pada umumnya lebih luas dari pada kegiatan akuntansi pada perusahaan jasa. Oleh karena itu, akuntasi di perusahaan dagang pada umumnya memerlukan beberapa akun khusus yang berkaitan dengan kegiatan utama mereka dalam memperjual belikan barang dagangan.

Adapun beberapa akun khusus tersebut di antaranya adalah :

–         Pembelian yang digunakan untuk mencatat transaksi pembelian barang dagang

–         Penjualan yang digunakan untuk mencatat transaksi penjualan barang dagang

–         Retur pembelian yang digunakan untuk mencatat pengiriman kembali barang yang telah dibeli

–         Retur penjualan yang digunakan untuk mencatat penerimaan kembali barang yang telah dijual

–         Potongan pembelian yang digunakan untuk mencatat penerimaan potongan yang berasal dari penjual

–         Potongan penjualan yang digunakan untuk mencatat pemberian potongan harga kepada pembeli

–         Biaya angkut pembelian yang digunakan untuk mencatat pembayaran biaya angkut barang yang telah dijual

–         Biaya angkut penjualan yang digunakan untuk mencatat pembayaran biaya angkut yang telah dijual

–         Persediaan barang dagang yang digunakan untuk mencatat persediaan pada suatu periode

Inilah sekilas mengenai apa itu perusahaan dagang ? Semoga bermanfaat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *