Apa itu Politeknik ? | ujiansma.com

Kamu Berada di:
Home » PTK » Apa itu Politeknik ?

Apa itu Politeknik ?

 

Banyaknya jenis penamaan dari Perguruan Tinggi seringkali membuat pelajar dan calon mahasiswa merasa kebingungan. Bahkan gara- gara ketidak tahuan ini terkadang menyebabkan mereka salah memilih Perguruan Tinggi. Maka untuk memberikan pemahaman kepada  para pelajar dan calon mahasiswa yang ingin melanjutkan kuliah, di artikel ini akan dijelaskan mengenai pengertian salah satu jenis Penamaan Peguruan Tinggi yaitu Politeknik.

Di Indonesia jenis penamaan dari Perguruan Tinggi terdiri dari 5 nama yaitu ; Akademi, Politeknik, Sekolah Tinggi, Institut, dan Universitas.

Suatu Penamaan digunakan bukan tanpa alasan, tetapi memiliki tujuan khusus. Setiap jenis penamaan tersebut menggambarkan perbedaan antara  satu sama lainnya mengenai ; perbedaan cara penyelenggaraan pendidikan, program studi, dan gelar yang diberikan kepada mahasiswa.

Istilah Politeknik diserap dari bahasa Yunani (Poli) yang memiliki arti banyak, dan (tekhnikos) yang memiliki arti seni. Di Indonesia Politeknik merupakan Perguruan tinggi yang memberikan program pendidikan untuk menyiapkan professional- professional di bidang penerapan keahlian-keahlian tertentu.

Politeknik dalam system pendidikan biasanya beroperasi pada tingkat yang berbeda-beda, serta memberikan berbagai jenis gelar, dan pendidikan vokasi professional yang memiliki spesialisasi dalam ilmu pengetahuan, teknologi, dan teknik.

Contok Politeknik Negeri di Indonesia adalah

  • Politeknik Bandung. Dulunya Politeknik ini merupakan bagian dari ITB, namun seiring dengan perkembangan zaman Politeknik ini memisahkan diri dari ITB dan berdiri atas nama sendiri (Politeknik Bandung). Sekarang Politeknik ini menjadi salah satu Politeknik favorit di Kota Bandung
  • Politeknik Manufaktur. Banyaknya permintaan perusahaan akan lulusan mahasiswa Politeknik Manufaktur membuktikan tingginya kualitas lulusan dari Politeknik ini.
  • Politeknik Elektronika Negeri Surabaya
  • Politeknik Negeri Jakarta

Selain Politeknik yang telah disebutkan diatas, masih banyak pula Politeknik- politeknik negeri yang tersebar di hampir seluruh wilayah Indonesia.

Untuk menjadi mahasiswa Politeknik Negeri, biasanya Pemerintah tidak menyediakan jalur penerimaan masuk melalui Seleksi nasional masuk perguruan tinggi negeri (SNMPTN) sehingga bagi pelajar dan calon mahasiswa yang ingin melanjutkan kuliah di Politeknik bisa mengIkuti system penerimaan mandiri dari kampus terkait. Biasanya system penerimaan ini berupa Ujian Mandiri, dan PMDK.


Posted by 0 Responses
     

Leave a Reply to this Post

Dec
10
2012
 
 
ujiansma.com Search form
DUKUNG GERAKAN LULUS UAN 100% Yang GAG DUKUNG berarti GAG PENGEN LULUS!!!



Recently Active Users
admin