Apa Itu RNA ?

Apa itu RNA ? RNA sering kali dikaitkan dengan DNA atau hal lainnya yang berhubungan dengan materi genetic. Kita semua pasti pernah mendengar atau membaca istilah ini, namun tidak banyak di antara kita yang mengetahui apa itu RNA ?

Sebenarnya, RNA ini sendiri merupakan singkatan dari ribonucleic acid atau asam ribonukleat. RNA ini sendiri sebenarnya merupakan salah satu dari tiga elemen makromolekul utama, bersama dengan DNA dan protein yang berperan penting dalam segala bentuk kehidupan.

Asam ribonukleat ini berperan sebagai materi pembawa bahan genetic dan memainkan peran utama dalam ekspresi genetic. Di dalam dogma central atau dogma pokok, genetika molecular, RNA menjadi perantara antara informasi yang dibawa DNA dan ekspresi fenotipik yang diwujudkan dalam bentuk protein.

RNA juga berperan sebagai penyimpan  informasi genetic, misalnya pada virus, terutama golongan retrovirus. RNA sebagai penyalur informasi genetic misalnya pada proses translasi untuk melakukan sintesis protein.

RNA juga dapat berfungsi sebagai enzim yang dapat mengkatalis formasi RNA itu sendiri atau molekul RNA lainnya. Untuk lebih jelas mengenai apa itu RNA ? Simaklah uraian yang akan disajikan berikut ini.

  • Struktur RNA

 

Pada dasarnya, struktur RNA mirip dengan struktur yang dimiliki oleh DNA. RNA merupakan polimer yang tersusun atas sejumlah nukleotida. Pada umumnya, setiap nukleotida memiliki satu gugus fosfat, satu gugus pentose dan satu gugus basa nitrogen (basa N).

Polimer tersusun dari ikatan yang berselang seling antara gugusan fosfat dan satu nukleotida dengan gugus pentose dari nukleotida lainnya. Secara umum, perbedaan RNA dan DNA terletak pada satu gugus hidroksil cincin gula pentose, sehingga dinamakan sebagai ribose.

Sedangkan gugusan pentose yang ada dalam DNA disebut sebagai deoksiribosa. Basa nitrogen pada RNA sama dengan DNA, kecuali basa timina pada DNA diganti dengan urasil pada RNA. Jadi, tetap ada 4 pilihan, yaitu adenine, guanine, sitosina dan urasil untuk suatu nukleotida.

Di samping itu, bentuk konformasi RNA tidak berupa pilin ganda sebagaimana dengan DNA, namun bervariasi sesuai dengan tipe dan fungsinya.

  • Tipe RNA

 

Pada dasarnya, RNA hadir di alam ini dengan berbagai tipe. Sebagai bahan genetic, RNA berwujud seperri sepasang pita. Genetika molecular klasik mengajarkan pada eukariota, terdapat tiga tipe RNA yang terlibat dalam proses sintesis protein, yaitu :

–         RNA kurir yang disintesis dengan RNA polymerase I

–         RNA ribosom yang disintesis dengan RNA polymerase II

–         RNA transfer yang disintesis dengan RNA polymerase III

Pada akhir abad ke 20 dan awal abad ke 21, barulah diketahui bahwa RNA hadir dengan berbagai macam bentuk dan terlibat dalam proses pascatranslasi. Dalam pengaturan ekspresi genetic orang sekarang mengenal RNA mikro atau miRNA yang terlibat dalam peredaman gen atau gene silencing dan small interfering RNA atau siRNA yang terlibat dalam proses pertahanan terhadap serangan.

  • Fungsi RNA

 

Pada sekelompok virus, misalnya bakteriofag, RNA merupakan bahan genetic penting bagi mereka. RNA berfungsi sebagai penyimpan informasi genetic, sebagaimana DNA pada organisme kehidupan lain.

Ketika virus menyerang sel yang hidup, maka RNA akan dibawa masuk ke dalam sitoplasma sel yang dihinggapinya. Kemudian RNA ini akan ditranslasi oleh sel inang untuk menghasilkan virus baru.

Namun, peran RNA yang penting terletak pada fungsinya sebagai perantara antara DNA dan protein dalam proses ekspresi genetic karena ini berlaku untuk semu makhluk hidup. Dalam peranan yang ini, RNA diproduksi sebagai salinan kode urutan basa nitrogen DNA dalam proses transkripsi.

Kode urutan basa ini tersusun dalam bentuk triplet atau tiga urutan basa N yang dikenal dengan nama kodon. Pada umumnya, setiap kodon berelasi dengan satu asam amino, monomer yang menyusun protein.

Penelitian mutakhir atas fungsi RNA juga menunjukkan bahwa adanya bukti yang mendukung atas teori dunia RNA yang menyatakan bahwa pada awal proses evolusi, RNA merupakan bahan genetic universal sebelum organisme hidup dengan menggunakan DNA.

Inilah sekilas mengenai apa itu RNA ? Semoga bermanfaat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *