atmosfer

Istilah atmosfer ini tentunya sudah tidak asing lagi bagi sebagian besar dari kita. Secara umum, mungkin kita mengetahui bahwa atmosfer ini merupakan suatu lapisan yang berada di luar bumi dan memiliki peranan untuk melindungi bumi.

Akan tetapi, sebenarnya apa yang dimaksud dengan atmosfer lebih kompleks lagi dari pada sekedar pelindung bumi saja. Pada umumnya, atmosfer adalah lapisan gas yang melingkupi sebuah planet, termasuk bumi, dari permukaan planet tersebut sampai jauh ke luar angkasa. Pada planet Bumi sendiri, atmosfer terdapat pada ketinggian 0 km di atas permukaan tanah, sampai dengan sekitar 560 km dari atas permukaan bumi.

Sebenarnya, lapisan atmosfer ini juga tersusun atas beberapa lapisan lainnya. Atmosfer bumi juga mengandung 78.17 persen nitrogen, 20,97 persen oksigen, sedikit argon, karbon dioksida, uap air dan gas lainnya.

Atmosfer juga merupakan lapisan yang melindungi kehidupan di bumi dengan menyerap radiasi dari sinar UV dari matahari, sehingga dapat mengurangi suhu yang ekstrim antara siang dan malam hari.

Selain itu, atmosfer juga tidak mempunyai batas mendadak, namun agak menipis seiring dengan bertambahnya ketinggian, sehingga tidak ada batas yang pasti antara atmosfer dengan angkasa luar.

Secara umum, lapisan atmosfer ini terdiri lagi dari beberapa lapisan lainnya. Untuk lebih jelas mengenai atmosfer, simaklah uraian yang akan disajikan berikut ini.

  • Troposfer

 

Merupakan lapisan ini berada pada level terendah yang campuran gasnya paling ideal untuk kehidupan di bumi. Dalam lapisan ini, kehidupan manusia terlindung dari sengatan radiasi yang dipancarkan oleh benda benda langit lainnya.

Apabila dibandingkan dengan lapisan lainnya, lapisan ini merupakan lapisan yang paling tipis, yaitu kurang lebih 15 km dari permukaan tanah. Dalam lapisan ini, hampir semua jenis cuaca, perubahan suhu yang mendadak, angin, tekanan, dan kelambaban yang kita rasakan sehari hari berlangsung.

Pada lapisan ini juga terjadi peristiwa cuaca seperti hujan, angin, musim salju, kemarau dan sebagainya. Ketinggian yang paling rendah adalah bagian yang paling hangat dari troposfer, karena permukaan bumi menyerap radiasi panas dari matahari dan menyalurkan panasnya ke udara.

  • Stratosfer

 

Pada umumnya, suhu yang ada pada lapisan ini yang paling bawah relatif stabil dan sangat dingin, yaitu -70 derajat F atau sekitar -57 derajat C. Pada lapisan ini juga angin sangat kencang terjadi dengan pola aliran tertentu.

Selain it, lapisan ini juga merupakan lapisa terbangnya pesawat. Awan tinggi jenis cirrus kadang kadang terjadi pada lapisan yang paling bawah, namun tidak ada pola cuaca yang signifikan terjadi pada lapisan ini.

  • Mesosfer

 

Mesosfer merupakan lapisan udara ketiga, dimana suhu atmosfer akan berkurang dengan pertambahan ketinggian hingga lapisan keempat, yaitu termosfer. Udara yang ada pada lapisan ini akan mengakibatkan pergeseran yang berlaku dengan objek yang datang dari angkasa dan menghasilkan suhu yang tinggi.

Oleh karena itu, kebanyakan meteor yang sampai ke bumi akan terbakar pada lapisan ini. Kuran lebih 25 mil atau 40 km di atas permukaan bumi, saat suhu berkurang dari 290 K hingga 200 K terdapat lapisan transisi menuju mesosfer.

  • Termosfer

 

Dinamakan sebagai termosfer karena merupakan lapisan terjadinya kenaikan temperature yang cukup tinggi pada lapisan ini, yaitu sekitar 1982 derajat C. perubahan ini terjadi karena serapan sinar UV.

Radiasi ini akan menyebabkan reaksi kimia sehingga membentuk lapisan yang bermuatan listrik yang dikenal dengan nama ionosfer, yang dapat memantulkan gelombang radio. Sebelum munculnya era satelit, lapisan ini berfungsi untuk membantu memancarkan gelombang radio.

  • Ionosfer

 

Merupakan lapisan yang terbentuk karena adanya reaksi kimia dan juga merupakan lapisan yang dapat melindungi bumi dari meteor yang berasal dari luar angkasa karena ditarik oleh gravitasi bumi.

Pada lapisan ini, batu meteor akan terbakar dan terurai. Apabila ukurannya sangat besar dan tidak habis terbakar pada lapisan ini, maka akan jatuh sampai ke permukaan bumi yang kita namakan sebagai meteorit. Fenomena aurora juga terjadi pada lapisan ini.

Inilah sekilas mengenai atmosfer. Semoga bermanfaat

Lihat Video Dibawah Ini Siapa Tahu Bermanfaat Untuk Kamu