ujiansma.com

Portal pendidikan no 1

Menu

Bait, Irama dan Rima Dalam Pokok Bahasan Pelajaran Indonesia

May 24, 2013 | Bahasa

puisi

Apa itu bait, irama dan rima ? Mungkin pertanyaan seperti itu pernah terlintas dalam benak anda. sebenarnya, ketiga istilah tersebut bukan merupakan istilah baru lagi. Anda tentunya pernah mempelajari istilah tersebut ketika anda duduk di bangku SD atau perguruan tinggi.

Hal ini karena apa itu bait, irama dan rima merupakan salah satu pokok bahasan dari pelajaran bahasa Indonesia yang merupakan pelajaran yang telah kita pelajari dari SD hingga perguruan tinggi.

Mungkin sebagian dari anda merasa bingung mengapa bahasa Indonesia perlu dipelajari begitu lama. Padahal, bahasa Indonesia merupakan bahasa yang kita gunakan sehari hari untuk berkomunikasi dengan orang lain.

Sebenarnya, jawabannya sangat mudah, karena bahasa Indonesia jauh lebih kompleks dari yang kita pikirkan. Salah satu bahan kajian yang cukup kompleks adalah bait, irama dan rima ini. Pada umumnya, ketiga istilah ini banyak digunakan pada berbagai jenis karangan, baik yang lama atau yang baru.

Oleh karena itu, sebelum kita menulis karangan, misalnya puisi, syair atau pantun, maka terlebih dahulu kita harus memahami apa itu bait, irama dan rima ? Biasanya, ketiga istilah ini banyak kita temukan dalam menyusun puisi.

Meskipun kebanyakan puisi sekarang merupakan puisi bebas, namun dalam menyusun puisi baru anda juga harus memperhatikan ketiga unsur tersebut, mengingat puisi merupakan karya yang sangat mementingkan nilai keindahan dari pada karya lainnya.

Puisi sendiri jika diartikan secara umum merupakan seni tertulis dimana bahasa digunakan untuk menambah kualitas estetikanya. Puisi sendiri berbeda dengan prosa, meskipun banyak orang yang tidak bisa membedaknnya.

Pada dasarnya, penekanan pada keindahan bahasa, penggunaan kata berulang dengan sengaja, meter dan rima merupakan hal yang membedakan puisi dengan prosa. Banyak juga para ahli modern yang berpendapat bahwa puisi bukanlah wujud dari literature, melainkan wujud dari imanjinasi manusia.

Untuk menyusun karangan bebas, seperti puisi atau syair dan lainnya, simaklah pengertian dari apa itu bait, irama dan rima ? yang akan disajikan berikut ini.

  1. Bait

Bait atau yang kita kenal sebagai baris merupakan salah satu unsur yang menyusun sebuah karangan. Bait sendiri merupakan unsur yang sangat penting dalam menyusun puisi. Dalam menulis suatu puisi, biasanya kita membaginya ke dalam bagian yang kita sebut sebagai bait.

Biasanya satu bait puisi terdiri dari empat baris. Namun, ada juga puisi yang satu baitnya berisi lebih dari empat baris. Sebenarnya, bait ini sama fungsinya seperti paragraf dalam sebiah karangan atau wacana.

Bait ini berfungsi untuk memisahkan topik atau ide yang akan diekspresikan dalam suatu puisi.

  1. Irama

Dalam menyusun sebuah puisi yang baik, salah satu unsur penting yang perlu kita perhatikan adalah irama. Irama juga sering disebut sebagai tempo. Di dalam puisi, irama merupakan persamaan bunyi yang dapat memberikan efek magis.

Dalam puisi sendiri, ada beberapa jenis irama, yaitu :

  • Onomatope atau tiruan terhadap bunyi yang dapat memberikan efek magis
  • Bentuk intern pola bunyi, misalnya dengan melakukan aliterasi, asonansi, persamaan akhir, persamaan awal, sajak berselang, sajak berparuh, sajak penuh, repetisi bunyi dan lainnya
  • Pengulangan kata atau ungkapan yang memperhatikan tinggi rendahnya, panjang pendeknya dan kuat lemahnya bunyi. Hal ini merupakan hal yang paling menonjol dalam membacakan puisi

  1. Rima

Rima dalam puisi sering juga disebut sebagai pengulangan bunyi yang berselang, baik di dalam larik sajak maupun pada akhir larik sajak yang berdekatan. Akhir rima yang terdapat pada akhir larik sebuah sajak, berpeluk rima akhir pada sebuah bait berlarik genap, yang larik pertamanya berima dengan larik ketiga dan larik keduanya berima dengan larik keempat.

Selain ketiga unsur tersebut, ada juga unsur lain yang perlu anda perhatikan, khusunya dalam membacakan puisi, di antaranya adalah :

  • Ketepatan ekspresi atau mimic wajah
  • Kinesik atau gerak tubuh
  • Kejelasan artikulasi
  • Timbre atau warna bunyi
  • Irama puisi
  • Intonasi yang digunakan

Inilah sekilas mengenai apa itu bait, irama dan rima ? Semoga bermanfaat


Related For Bait, Irama dan Rima Dalam Pokok Bahasan Pelajaran Indonesia