Beasiswa BNI Gemilang – Institut Pertanian Bogor

Apabila anda mendengar kata beasiswa, mungkin hal pertama yang terlintas dalam benak anda adalah pendidikan gratis. Hal tersebut memang benar, beasiswa memang merupakan salah satu program pemerintah yang bertujuan untuk mengentaskan kebodohan.

Dengan terbentuknya generasi yang pintar dan cerdas, maka pembangunan bangsa dapat berjalan dengan baik. Oleh karena itu, sekarang ini juga mulai banyak sekali lembaga lembaga yang memberikan beasiswa pendidikan.

Akan tetapi, anda tidak boleh lupa bahwa biasanya beasiswa disertai dengan berbagai macam persyaratan dan criteria khusus yang harus kita penuhi. Mungkin sebagian dari anda berpikir bahwa persyaratan yang diajukan bertujuan untuk mempersulit kita dalam menerima beasiswa tersebut.

Akan tetapi, sebenarnya persyaratan tersebut merupakan prosedur umum yang harus dijalankan. Selain dapat menyeleksi penerima beasiswa terbaik, hal tersebut juga bisa mengurangi beberapa pesaing yang tidak memenuhi persyaratan tersebut. Beasiswa ini sendiri sebenarnya merupakan dana dari pemerintah yang disalurkan oleh pendidikan.

Peluang beasiswa sekarang ini sebenarnya sangat banyak. Hanya saja kita tidak menyadarinya atau bahkan tidak berusaha untuk mencarinya. Oleh sebab itu, melalui artikel ini, diharapkan anda mulai mencari berbagai beasiswa yang ada.

Sebab itu, sebaiknya anda jangan langsung merasa malas apabila melihat begitu banyak syarat yang harus dilalui untuk mendapatkan beasiswa. Sebaiknya anda memikirkan manfaat yang akan anda terima.

Sekarang ini, pendidikan merupakan hal yang penting. Oleh sebab itu, sudah sepantasnya kita memanfaatkan peluang beasiswa tersebut untuk memperkaya ilmu pengetahuan kita. Pada zaman yang modern ini, pengetahuan merupakan criteria utama untuk mencapai kesuksesan.

Dengan menerima program beasiswa ini, diharapkan anda akan menjadi anak yang cerdas dan mampu membangun negri ini. Selain menerima pendidikan, biasanya beasiswa juga dibarengi dengan serangkaian program pengembangan diri yang sangat berguna bagi anda.

Oleh karena itu, beasiswa merupakan salah satu program yang sangat diminati oleh pemuda dan pemudi bangsa. Bagi anda yang tertarik dengan program Beasiswa BNI Gemilang – Institut Pertanian Bogor ini, simaklah uraian yang akan disajikan berikut ini.

  • Persyaratan yang harus dipenuhi

 

Untuk mendaftarkan diri pada program beasiswa ini, ada beberapa persyaratan yang harus anda penuhi, di antaranya adalah :

–         Mengisi kuesioner disini

–         Foto copy Kartu Tanda Mahasiswa;

–         Foto copy Kartu Keluarga;

–         2 (dua) lembar pas foto ukuran 3 x 4 cm;

–         Foto copy Keterangan Penghasilan orangtua dan atau surat keterangan tidak mampu dari Lurah/Kepala Desa tempat orang tua mahasiswa tinggal;

–         Mahasiswa Baru (Penerima tahun akademik 2012) merupakan 10 besar pemegang nilai Ujian Nasional (UN) tertinggi di setiap Kabupaten/Kota dan berprestasi baik secara akademik atau non akademik seperti olahraga dan seni dan/atau budaya minimal di tingkat propinsi dibuktikan dengan fotocopy ijazah dan sertifikat.

–         Berkelakuan baik, menjaga nama baik perguruan tinggi dan BNI

–         Bersedia ikut terlibat dalam kegiatan yang dilaksanakan oleh BNI

–         Tidak sedang menerima beasiswa dari instansi atau lembaga manapun.

–         Mendaftar online di http://bit.ly/daftarbeasiswa

  • Jangka waktu beasiswa

 

Adapun ketentuan mengenai jangka waktu dari program beasiswa, yaitu :

–         Beasiswa diberikan selama mahasiswa berstatus sebagai mahasiswa aktif, maksimum berada disemester 8 (delapan)

–         Jangka waktu pendanaan maksimum selama 2 (dua) semester dan dapat dilanjutkan sepanjang memenuhi ketentuan dan kondisi yang berlaku.

  • Manfaat beasiswa

Adapun manfaat yang bisa anda rasakan dari menerima program beasiswa ini, di antaranya adalah :

–         Bantuan Sumbangan Pelaksanaan Pendidikan dan dana pendidikan lainnya, maksimal Rp 2.500.000,-/semester

–         Bantuan dana biaya hidup dan kebutuhan untuk menunjang pendidikan Rp. 500.000,-/bulan/mahasiswa

–         Diberikan bantuan untuk biaya penelitian dan penyusunan tugas akhir sebesar Rp. 2.000.000,-

–         Dana Beasiswa BNI Gemilang tidak boleh dipotong untuk kepentingan diluar pelaksanaan pendidikan.

Semua berkas yang akan anda lampirkan mohon disusun dengan rapi dan paling lambat dikumpulkan pada tanggal 26 September 2012 di Loket Kemahasiswaan IPB. Inilah sekilas mengenai program Beasiswa BNI Gemilang – Institut Pertanian Bogor. Semoga bermanfaat