Beasiswa pemerintah Italia

Kembali Pemerintah Italia memberikan kesempatan besar kepada para pelajar Indonesia untuk mengikuti seleksi program beasiswa untuk melanjutkan studi ke universitas dan sekolah tinggi yang diakui Pemerintah Italia. Beasiswa ini diberikan untuk menempuh pendidikan atau penelitian di institut negeri. Dan juga bisa diajukan ke institut yang diakui secara resmi oleh Pemerintah Italia, seperti :

  • Universitàs degli Studi, Sekolah Tinggi dan Politeknik,
  • Sekolah Tinggi Seni dan Musik,
  • Institut Restorasi,
  • Sekolah Nasional Sinematografi,
  • Pusat dan laboratorium penelitian, perpustakaan, arsip dan museum yang merupakan bagian dari studi di universitas tempat mahasiswa terdaftar.

Tetapi, program beasiswa ini tidak dibuka untuk studi yang ditujukan ke Institusi asing (universitas, akademi, perpustakaan dan sekolah jenis apapun) meskipun berada di wilayah Italia, dan juga Pusat dan laboratorium penelitian privat yang tidak diakuoleh pemerintah Italia .

Bantuan beasiswa ini diharapkan dapat menumbuhkan interaksi positif dalam pertukaran bahasa, budaya, dan ilmu pengetahuan antarkedua negara sekaligus meningkatkan minat masyarakat Indonesia untuk sekolah di Italia.

Di bawah ini adalah jenis-jenis beasiswa yang dibuka pada tahun akademis 2011 :

  1. Sekolah Tinggi Seni dan Musik
    1. Kursus Bahasa Jangka Pendek (3 bulan)
    2. Kursus Bahasa dan kebudayaan Italia untuk Dosen bahasa Italia (1 atau 3 bulan)
    3. Program Sarjana (S-1)
    4. Pasca Sarjana (S2)
    5. Program S3
    6. Penelitian
    7. Spesialisasi

Beasiswa-beasiswa di atas dibuka bagi masyarakat umum dan berbagai program jurusan, kecuali jurusan kedokteran. Di sini nantinya para kandidat penerima beasiswa akan memilih sendiri program studi pendidikan yang sesuai dengan bidangnya di universitas negeri atau institusi yang ada di berbagai kota di Italia selagi pendaftar dapat memenuhi persyaratan yang diminta oleh universitas yang bersangkutan.

Persyaratan utama bagi para calon penerima beasiswa adalah :

  1. Kemampuan berbahasa Italia.

Kemampuan berbahasa adalah syarat utama yang harus dipenuhi oleh para calon pendaftar. Kemampuan ini akan diketahui dengan wawancara di Institut Kebudayaan Italia dan peserta harus menyerahkan sertifikat Bahasa Italia. Syarat ini tidak berlaku bagi pendaftar di program kursus Bahasa Italia.

  1. Ijazah

Calon penerima beasiswa harus menyertakan ijazah sesuai dengan yang dipersyaratkan oleh institut akademik yang didaftarkan. Beberapa ketentuan mengenai ijazah adalah sebagai berikut :

  • Ijazah harus diterjemahkan ke bahasa Italia dengan disyahkan oleh perwakilan pemerintah Italia di daerah tempat studi.
  • Ijazah harus disertai surat pernyataan oleh Kedutaan Besar Italia tentang nilai ijazah di tempat studi.
  • Untuk pendaftar pada program Sarjana pada Universitas di Italia, harus menyertakan ijazah kelulusan dari Sekolah Menengah Atas (SMA) atau setara yang syah dan diakui untuk mengikuti tes masuk ke Universitas.
  • Untuk pendaftar program spesialisasi, pascasarjana dan program master tingkat I dan II di Universitas Italia dibutuhkan ijazah sarjana yang setara dengan ijazah sarjana di Italia.
  • Untuk pendaftar di Sekolah Tinggi Seni dan Musik dibutuhkan sertifikat/ ijazah Sekolah Menengah Atas (SMA) atau setara untuk dapat diterima di akademi kesenian dna konservasi.
  • Untuk pendaftar untuk mengikuti program kursus Bahasa Italia, dibutuhkan ijazah Sekolah Menengah Atas (SMA) atau setara.

1. Batas usia

Kriteria mendasar bagi peminat beasiswa di antaranya berumur dari 18-35 tahun, minimal lulusan SMA atau SMK. Boleh melebihi bagi dosen Bahasa Itali

2. Pengajuan permohon

Aplikasi pengajuan permohonan hanya bisa dilakukan via online di http://borseonline.esteri.it/borseonline/it/index.asp

Apabila dalam seleksi administrasi dinyatakan lolos, maka tes selanjutnya adalah wawancara dan sekaligus membawa surat rekomendasi. Pengumuman resmi hasil seleksi administrasi hanya akan diberitahukan secara online. Oleh karena itu para pendaftar beasiswa harus rajin memantau perkembangan hasil beasiswa secara online karena bila tidak khawatirnya akan ketinggalan informasi penting.

Pendaftaran beasiswa secara online paling lambat dilakukan pada 2 Mei 2011.  Bagi yang berminat segeralah mendaftar dan jangan sia-siakan kesempatan emas ini. Semangat mencoba dan semoga sukses mendaparkan beasiswa dari pemerintah italia J

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *