Beasiswa sekarang ini bukanlah hal yang baru dan asing lagi bagi sebagian besar dari kita, khususnya para pelajar. Akan tetapi, apakah anda semua telah memanfaatkan program ini dengan baik untuk menambah pengetahuan anda  ?

Istilah beasiswa ini memang identik dengan pendidikan gratis. Akan tetapi, anda jangan lupa bahwa banyak sekali ketentuan dan syarat yang harus anda penuhi untuk mendapatkan program beasiswa tersebut.

Mungkin sebagian dari anda berpikir bahwa persyaratan yang diajukan bertujuan untuk mempersulit kita dalam menerima beasiswa tersebut. Akan tetapi, sebenarnya persyaratan tersebut merupakan prosedur umum yang harus dijalankan.

Selain dapat menyeleksi penerima beasiswa terbaik, hal tersebut juga bisa mengurangi beberapa pesaing yang tidak memenuhi persyaratan tersebut. Beasiswa ini sendiri sebenarnya merupakan dana dari pemerintah yang disalurkan oleh pendidikan.

Sekarang ini, pendidikan merupakan  hal yang sangat vital bagi setiap orang. Pada zaman yang modern ini, pengetahuan merupakan criteria utama untuk mencapai kesuksesan. Oleh sebab itu, sudah sepantasnya kita memanfaatkan peluang beasiswa tersebut untuk memperkaya ilmu pengetahuan kita.

Peluang beasiswa sekarang ini sebenarnya sangat banyak. Hanya saja kita tidak menyadarinya atau bahkan tidak berusaha untuk mencarinya. Oleh sebab itu, melalui artikel ini, diharapkan anda mulai mencari berbagai beasiswa yang ada.

Sebab itu, sebaiknya anda jangan langsung merasa malas apabila melihat begitu banyak syarat yang harus dilalui untuk mendapatkan beasiswa. Sebaiknya anda memikirkan manfaat yang akan anda terima.

Meskipun beasiswa ke luar negri lebih diminati oleh banyak orang, namun sebenarnya beasiswa untuk dalam negri ini juga menyenangkan dan menarik. Selain lebih sedikit peryaratan yang diajukan, anda juga tidak perlu repot repot untuk mengurus visa luar negri.

Dalam kesempatan kali ini, informasi beasiswa yang akan dibagikan adalah Beasiswa Pertamina Foundation 2012. Bagi anda yang berminat dengan program Beasiswa Pertamina Foundation 2012 ini, simaklah uraian yang akan disajikan berikut ini.

  • Sekilas mengenai beasiswa

 

Pertamina bukan lagi merupakan lembaga yang baru dalam memberikan beasiswa. Sudah banyak sekali putra dan putri bangsa yang mengenyam pendidikan berkat program yang diadakan oleh Pertamina ini.

Dalam kesempatan kali ini, program Beasiswa Pertamina Foundation 2012 ini dikhususkan untuk mahasiswa Universitas Brawijaya yang merupakan salah satu universitas top di Indonesia.

Oleh karena itu, bagi anda yang merupakan mahasiswa Brawijaya, tunggu apa lagi ?

  • Persyaratan yang harus dipenuhi

 

Adapun beberapa persyaratan penting yang harus anda penuhi dalam rangka mendaftarkan diri pada beasiswa ini, di antaranya adalah :

–         Warga Negara Indonesia

–         Sebagai mahasiswa/i aktif dari 17 PTN mitra Pertamina Foundation
–         Telah menyelesaikan semester ke-4 (empat)
–         Terdaftar aktif sebagai member www.sobatbumi.com
–         Mengisi formulir online di portal http://beasiswa-sobatbumi.com
–         Beasiswa hanya untuk kelas regular, tidak berlaku untuk kelas ekstensi dan kelas Internasional serta Perguruan Tinggi di Luar Negeri
–         Penerima beasiswa tidak boleh bekerja sebagai pegawai tetap selama masa studi
–         Memperoleh rekomendasi dari bagian Kemahasiswaan Perguruan Tinggi tempat kuliah
–         Tidak sedang terikat dengan pemberi beasiswa lain dan sedang bekerja
–         Bersedia menjalani proses seleksi yang diselenggarakan Pertamina Foundation
–         Bersedia untuk mematuhi aturan pendaftaran beasiswa Pertamina Foundation
–         Menunjukkan potensi untuk menjadi pemimpin, wirausahawan, akademisi dan aktivis lingkungan hidup
–         Memiliki komitmen terhadap pembangunan masyarakat, khususnya dalam gerakan pendidikan nasional dan lingkungan hidup
–         Membawa surat rekomendasi tokoh masyarakat nasional khususnya penggiat gerakan hidup ramah lingkungan, akan menjadi pertimbangan tambahan
–         Wajib memiliki email dan blog UB

 

Adapun kelengkapan administrasi yang harus anda miliki, yaitu :

 

–         Fotocopy Kartu Tanda Mahasiswa (KTM)
–         Fotocopy Indeks Prestasi Kumulatif min. 3 (tiga) pada skala 4 (empat)
–         Fotocopy tagihan listrik rumah dan/atau biaya sewa rumah
–         Fotocopy rekening tabungan an. Calon di Bank yang ditentukan oleh Pertamina Foundation
–         Salinan biodata (CV)
–         Surat keterangan sehat
–         Foto profil bebas santai ukuran 4×6 cm

 

Inilah sekilas mengenai Beasiswa Pertamina Foundation 2012. Semoga bermanfaat