Belajar Lebih Dekat GramarGrammar, Apakah Definisinya?

 

Grammar biasa disebut sebagai tata bahasa dalam istilah bahasa Indonesia.  Terdapat banyak anak yang mahir dalam belajar mengenai tata bahasa atau grammar, akan tetapi masih banyak juga anak- anak sekolah ataupun mahasiswa yang mengalami kesulitan adalam belajar grammar, baik itu adalah grammar bahasa Indonesia ataupun grammar bahsa Inggris.

 

Grammar  merupakan suatu yang sangat dibutuhkan supaya dapat meraih kelulusan toefl, ielts, test Writing dan yang lainnya. Sistem penerimaan beasiswa yang dibuka di sekolah sekolah ataupun di perguruan tinggi negeri saat inipun bnyak sekali menggunakan  patokan grammar, Bahkan untuk dapat lolos ataupun tidak dalam seleksi mendapatkan beasiswa luar negeri,digunakan nilai grammar sebagai salah satu tolok ukur.

 

Kita akan membahas mengenai apa itu yang disebut sebagai grammar dalam artikel ini. Dalam atikel ini kita akan menggunakan acuan dari para ahli mengenai definisi grammar, makna dari apa itu grammar ataupun pengertian grammar dari para ahli kelas dunia yang ada. Apabila anda msih pensaran dengan apa yang dimaksud dengan grammar ataupun definisi dari grammar itu sendiri, mari kita lihat apa yang dikatakan apara ahli mengenai grammar dalam artikel ini.

 

Jeffrey Coghill dan Stacy Magendanz yang merupakan pendiri perpustakaanserta kampus McNeese state University di Lake Charles, Los Angeles, mereka telah mempunyai konsep yang berkaitan dengan apa itu yang dimakasud dengan grammar. Dalam bukunya yang berjudul English Grammar, mereka mengatakan bahwa : “The grammar of a language is the set of rules that govern its structure. Grammar determines how words are arranged to form meaningful units.” Bahwa grammar sebuah bahasa merupakan kumpulan aturan yang menata bagisan susunannya.  Selain itu grammar menentukan bagaimana kata-kata disusun untuk dapat membentuk suatu unit-unit bahsa yang mempunyai makna.

 

Setiap pakar mempunyai pendapat yang berbeda beda mengenai grammar, definisi mengenai grammar hanyalah mengenai gaya yang berbeda saja.  Pernyataan –pernyataan dari para ahli mengenai definisi grammar akan banyak sekali kita temukan apabila kita berbicara mengenai definisi grammar. Michael Swan (2005:xix) dalam buku yang dimilikinya memang lebih mempunyai kecenderungan dan sangat konsen dalam memperhatikan Bahasa Inggris (British English). Menurutnya,apabila kita ingin memperoleh kelancaran dalam hal cara berbicara serta menjabarkan tiap arti dari sebuah kalimat,yang wajib dipelajari adalah grammar atau biasa disebut tata bahasa dalam istilah Bahasa Indonesia. Selain itu, ahli bahasa dari Inggris ini mengungkapkan bahwa grammar merupakan suatu aturan yang mengenai bagaimana bisa menggabungkan, menyusun ataupun mengubah kata sehingga dapat diperoleh beberapa jenis makna.

 

Definisi mengenai grammar juga diungkapkan oleh seorang pakar ternama, Greenbaum (1996:25), yaitu menurutnya, apabila dilihat dari sisi makna yang nyata, grammar diibaratkan sebagai sebuah buku yang isinya satu volume atau bahkan lebih. Selain itu dia juga mengungkapkan bahwa grammar merupakan isi sebuah buku, mengapa Greenbaum berpendapat demikian, karena apabila kita  membandingkan grammar dengan bahasan serta kebenarannya, kita pasti akan mengacu dari isi sebuah buku.

 

Sehingga dapat disimpulkan bahwa menurut Greenbaum , grammar merupakan sebuah buku mengenai grammar, seperti halnya yang kita ketahui bahwa sebuah sejarah merupakan sebuah buku mengenai sejarah, begitulah penegasan yang dikatakan oleh Greenbaum. Belajar mengenai grammar bisa dikatakan mudah ataupun susah, tergantung dari personal yang mempelajarinya, apabila dipelajari dengan sungguh sungguh tentunya akan terasa mudah dan pasti akan bisa menguasainya.

 

Mempelajari grammar

 

Dalam belajar bahasa inggris, dimanapun itu baik di sekolah ataupun di tempat kursus bahasa inggris, pasti kita akan menemukan bagaimana belajar mengenai grammar. Hal ini disebabkan karena hanya dengan mempelajari grammar, kita akan dapat membuat kalimat dalam bahasa inggris secara baik dan benar, sehingga apa yang kita buat dalam bahasa inggris tersebut akan dapat dipahami oleh siapapun yang membaca tulisan kita ataupun mendengarnya apabila kita berbicara.

 

Dalam artikel ini akan dijabarkan mengenai beberapa tips yang dapat dijadikan rujukan  apabila kita mau mempelajari grammar, sedikitnya ada 13 langkah akan dijabarkan disini mengenai bagaimana cara mempelajari grammar sehingga dapat mempermudah dan mengefisienkan dalam belajar. Yang pasti, dalam belajar grammar, kita mau tidak mau akan mempelajari juga mengenai struktur dari sebuah kalimat.

 

Langkah yang pertama, yang kita perlukan adalah belajar mengenai bagian dari kata atau disebut sebagai Parts of speech, contohnya belajar mengenai Pronoun, Noun, Adjective, dan lainnya.

Langkah yang kedua yaitu belajar untuk memahami sentence atau kalimat, yaitu diantaranya Compound, complex, simple sentence dan yang lainnya.

 

Langkah yang ketiga kita akan mempelajari mengenai Question Words atau biasa disebut sebagai kata Tanya dalam bahasa inggris yang meliputi Who, What, Whom, Whose, Which, When, Where dan yang lainnya.

Langkah yang keempat adalah mempelajari mengenai tenses, diantaranya belajar Simple present tense, simple past tense, simple future tense, past future tense, simple continous tense, simple past continous tense dan yang lainnya.

 

Langkah yang kelima adalah belajar mengenai kalimat pengandaian, atau dalam bahsa inggris biasa disebut Conditional Tense. Kalimat pengandaian atau Conditional Tense, terdiri atas dua bagian yaitu if clause dan main clause.

 

Langkah yang keenam dalam mempelajari grammar adalah belajar mengenai Modal Auxiliaries, diantaran ya kita ketahui adalah penggunaan dari  Can, Could, Will, would, May, Might serta modal yang lainnya.

 

Langkah yang ke tujuh adalah belajar mengenai Question Tag, yang merupakan suatu pertayaan seingkat yang diletakkan pada akhir sebuah kalimat bahasa inggris. Que stion Tag digunakan sebagai penegasan untuk dapat meyakinkan sesuatu yang dikatakan dalam bahasa inggris.

 

Langkah yang kedelapan adalah mempelajari kalimat pasif atau dalam bahasa inggris biasa disebut sebagi Passive Voice.

 

Langkah yang ke Sembilan dalam belajar grammar adalah mempeljari mengenai Kalimat langsung atau tidak langsung, yang dalam bahasa nggris disebut sebagai Direct-Indirect. Direct adalaha kalimat yang secara langsung diungkapkan oleh si pembicara. Sementara indirect adalah kalimat yang digunakan oleh orang lain untuk melaporkan apa yang dikatakan oleh si pembicara dengan adanya beberapa perubahan yang dilakukan oleh pihak kedua yang melaporkan.

 

Langkah yang kesepuluh adalah belajar tentang Gerund. Gerund dalam bahsa inggris merupakan kata yang ditambah dengan  akhiran –ing . Setelah ditambah dengan akhiran –ing, maka kata tersebut yang pada awalnya bukan sebuah kata benda akan nantinya akan dapat mempunyai makna sebagai kata benda ataupun dapat difungsikan sebagai kata benda.

 

Langkah yang kesebelas dalam belajar grammar adalah mempelajari mengenai adalah Belajar mengenai Participle.

 

Langkah yang keduabelas adalah belajar mengenai Causative Verbs, yaitu merupakan kata yang berfungsi untuk memerintahkan seseorang melakukan sesuatu yang kita inginkan, menyuruh ataupun memaksa orang tersebut melakukannya.

 

Langkah yang terakhir adalah belajar mengenai Relative Pronoun.

Begitulah kira-kira penjelasan yang dapat diberikan mengenai grammar dalam artikel ini. Definisi serta bagaimana langkah-langkah belajar grammar yang diterangkan diatas semoga dapat memberikan pencerahan untuk memahami lebih lanjut grammar.

 

Lihat Video Dibawah Ini Siapa Tahu Bermanfaat Untuk Kamu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *