pelanggaran HAM

Istilah HAM ini tentunya sudah tidak asing lagi bagi sebagian besar dari kita. HAM atau yang ktia sebut sebagai Hak Asasi Manusia ini pada dasarnya merupakan hak yang paling mendasar dan dimiliki oleh semua manusia tanpa pandang bulu.

HAM ini juga telah diakui secara universal keberadaannya, dimana setiap manusia saling menghormati satu sama lainnya tanpa membeda bedakan. Akan tetapi, masih banyak juga berbagai kasus pelanggaran HAM yang terjadi, baik di Indonesia sendiri atau di dunia internasional.

Namun, sebelum kita mengetahui berbagai kasus pelanggaran HAM, tentunya kita harus memahami seperti apa HAM itu sebenarnya. Memang benar, HAM merupakan hal yang mendasar bagi setiap manusia, akan tetapi apakah pengertian HAM hanya sebatas itu saja ?

Tentu saja tidak, menurut UU no 39 tahun 1999, HAM merupakan seperangkat hak yang melekat pada manusia sebagai makhluk Tuhan Yang Maha Esa dan merupakan anugrahNya yang wajib dihormati, dijunjung tinggi dan dilindungi oleh Negara, hukum, pemerintah dan setiap orang demi kehormatan serta perlindungan harkatdan martabat manusia.

Dengan akal budi dan nuraninya, manusia pada dasarnya memiliki kebebasan untuk memutuskan sendiri perbuatannya. Di samping itu juga, untuk mengimbangi kebebasannya tersebut manusia memiliki kemampuan untuk bertanggung jawab atas semua tindakan yang dilakukannya.

Kebebasan dasar dan hal tersebutlah yang kita sebut sebagai Hak Asasi Manusia yang secara kodratnya telah melekat pada diri manusia, bahkan sejak manusia itu berada dalam kandungan yang membuat manusia itu sadar akan jati dirinya dan membuat manusia hidup bahagia.

Dari uraian tersebut, mungkin anda telah memahami apa itu HAM. Oleh karena itu, untuk lebih jelas mengenai berbagai kasus pelanggaran HAM, simaklah uraian yang akan disajikan berikut ini.

 1.      Pelanggaran HAM di Indonesia

 

Adapun berbagai kasus pelanggaran HAM yang terjadi di Indonesia, di antaranya adalah :

  • Kasus Marsinah

 

Dimana kasus ini berasal dari pemogokan yang dilakukan oleh para buruh yang dikarenakan ingin menuntut dicabutnya PHK yang menimpa kawan kawannya. Setelah itu, pada tanggal 5 Mei 1993, Marsinah menghilang dan pada tanggal 9 Mei ditemukan tewas dengan kondisi yang menggenaskan di hutan Wilangan Ngajuk.

  • Kasus trisakti dan semanggi

 

Merupakan kasus yang terkait dengan peristiwa reformasi atau melakukan perubahan ke arah yang lebih baik dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Gerakan ini dipicu karena terjadinya krisis ekonomi pada tahun 1997 yang terjadi karena fondasi ekonomi yang lemah dan pengelolaan pemerintah yang tidak bersih dari KKN.

Gerakan ini dipelopori oleh mahasiswa melalui demonstrasi. Pada saat demonstrasi inilah terjadi berbagai hal yang tidak diinginkan, yaitu bentrok fisik dengan aparat keamanan, aksi pengrusakan, penembakan dengan peluru karet atau tajam.

Kasus ini kemudian menewaskan 4 mahasiswa universitas trisakti yang terkena tembakan peluru tajam. Selama dua hari berikutnya terjadi kerusuhan yang mengarah pada penjarahan dan aksi SARA. Inilah harga yang harus dibayar oleh masyarakat Indonesia yang menginginkan perubahan kehidupan ke arah yang lebih baik.

  • Kasus bom Bali

 

Merupakan peristiwa peledakan bom oleh sekelompok teroris di Bali yang memakan korban 202 orang tewas dan ratusan lainnya mengalami luka luka. Perlu kita ketahui bahwa yang menjadi korban tidak hanya orang Indonesia kita saja, melainkan turis asing yang mestinya kita jamin keselamatan dan keamanannya.

  1. 2.      Pelanggaran HAM internasional

 

Adapun berbagai kasus pelanggaran HAM di dunia internasional yang pernah terjadi, di antaranya adalah :

  • Italia 1924

 

Ketika masa pemerintahan Benito Mussolini yang memimpin paham fasisme dengan sangat otoriter. Berbagai lawan politik yang tidak sejalan dengan pemikirannya akan ditangkap dan dibunuh. Mussolini telah menduduki berbagai wilayah asing seperti Ethiopia dan Albania.

  • Jerman 1933

 

Pada saat Adolf Hitler memerintah Jerman dengan sangat otoriter. Pada saat itu, banyak sekali kejahatan manusia yang dilakukan, misalnya penangkapan secara masal terhadap berbagai lawan politiknya, pembasmian terhadap orang orang Yahudi (genosida), menduduki Chekoslavakia dan Austria serta memicu terjadinya PD II.

Inilah sekilas mengenai berbagai kasus pelanggaran HAM. Semoga bermanfaat

Lihat Video Dibawah Ini Siapa Tahu Bermanfaat Untuk Kamu