Berbagai Konflik di Masyarakat | ujiansma.com

Kamu Berada di:
Home » Pembelajaran » Berbagai Konflik di Masyarakat

Berbagai Konflik di Masyarakat

 

                Konflik, setiap manusia pasti punya konflik. Setiap manusia punya sebuah ketidak senangan akan suatu halyang jika tidak terkenadali akan memunculkan konflik. Konflik ini sangat berbahay selain dapat merusak keutuhan sebuah hubungan dapat juga membuat sebuah kehancuran bagi Negara maka dari itu ada baiknya kita sebagai manusia harusnya cinta damai. Namun perlu juga kita mengetahui berbagai konflik di masyarakat sebab kita akan dapat mengantisispasi sebuah konflik jika kita tahu apakah konflik serta darimana konflik tersebut.

      berbagai konflik di masyarakat akan kita ketahui jika kita mengetahui secara garis besar bahwa  konflik dapat dibagi menjadi dua yaitu konflik internal dan konflik eksternal dimana :

  • Konflik Internal

Konflik yang berasal  dan terjadi pada diri manusia ini, sangat didasari atas perasaan senang, susah, bahagia dan kecewa. Seperti : konflik yang terjadi antara percaya dan ragu akan sesuatu hal, pemilihan satu antara dua kenyakinan ( pemilihan agama ), pemilihan antara ketaatan beragama atau sukularisme.

  • Konflik Eksternal

Konflik eksternal yaitu konflik yang terjadi karena adanya pengaruh dari pihak luar atau pihak ekstern, baik di lingkungan keluarga, lingkungan masyarakat, maupun lingkungan pendidikan / sekolah. Konflik dalam lingkungan keluarga seperti : orang tua yang pilih kasih, peraturan yang tidak mendidik, tidak mendapat harta warisan, kesibukan orang tua diluar rumah.

Dan berbagai konflik di masyarakat seperti: melanggar peraturan ketua RT, rasa iri dengan keberuntungan orang lain /tetangga, cara mengajar guru yang tidak sesuai dengan keadaan siswa, guru yang mempunyai pandangan jelek sehingga menyikapi atas dasar pandangan yang salah. Jadi lingkungan mempunyai peranan yang sangat penting dalam menentukan kepribdian seorang anak dalam pertumbuhannya.

beberapa bentuk khusus konflik yang merupakanberbagai konflik di masyarakat, yaitu:

  • Konflik Pribadi

Konflik ini akan terjadi dalam diri seseorang terhadap orang lain. Umumnya konflik pribadi diawali perasaan tidak suka terhadap orang lain sebab setiap orang punya sifat yang berbeda sehingga terkadang sifat seseorang membuat kita merasa tidak suka terhadap orang tersebut, yang pada akhirnya melahirkan perasaan benci yang mendalam pada diri kita. Perasaan benci ini lama kelamaan akan mendorong seseorang tersebut untuk memaki, menghina, bahkan memusnahkan orang lain yang tidak mereka suka itu. Pada dasarnya konflik pribadi sering terjadi dalam masyarakat makanya termmasuk dalam berbagai konflik di masyarakat.

  • Konflik Rasial

Konfilk rasial umumnya terjadi di suatu negara yang memiliki keragaman suku dan ras yang berbeda beda. Ras merupakan pengelompokan manusia berdasarkan cirri – ciri biologisnya, seperti bentuk muka, bentuk hidung, warna kulit, dan warna rambut.

  • Konflik Antar kelas Sosial

Konflik juga dapat terjadi pada kelas – kelas yang ada di masyarakat karena adanya sesuatu yang dihargai, seperti kekayaan, kehormatan, dan kekuasaan. Karena itu semua maka akan menjadi dasar penempatan seseorang dalam kelas – kelas sosial, dimana kelas social tersebut di bagi atas :

  1. kelas sosial atas
  2. kelas social menengah

dimana seseorang yang memiliki kekayaan dan kekuasaan yang besar menempati posisi atas, sedangkan orang yang tidak memiliki kekayaan dan kekuasaan berada pada posisi bawah.

  • Konflik Politik Antar golongan dalam Satu Masyarakat maupun antara Negara – Negara yang Berdaulat

Dunia perpolitikan pun tidak lepas dari munculnya konflik social seperti yang bisa kitalihat banyak konflik politik yang terjadi. Politik adalah cara bertindak dalam menghadapi atau menangani suatu masalah.

  • Konflik Bersifat Internasional

Konflik internasional biasanya terjadi karena adanya perbedaan perbedaan kepentingan di mana menyangkut kedaulatan negara yang saling berkonflik satu sama lain. Karena konflik ini mencakup suatu negara, maka akibat konflik ini dirasakan oleh seluruh rakyat dalam suatu Negara tersebut. Apabila kita mau merenungkan sejenak, pada umumnya konflik internasional selalu berlangsung dalam kurun waktu yang lama dan pada akhirnya menimbulkan perang antarbangsa yang berbahay serta menyengsarakan rakyat.

berbagai konflik di masyarakat perlu menjadi cerminan agar kita sebagai suatu bangsa atau dalam hal kecilnya seorang pribadi manusia haruslah cinta damai.


Posted by 0 Responses
     

Leave a Reply to this Post

Feb
5
2013
 
 
ujiansma.com Search form
DUKUNG GERAKAN LULUS UAN 100% Yang GAG DUKUNG berarti GAG PENGEN LULUS!!!



Recently Active Users
admin