Besaran Fisika Dalam Mempermudah Perhitungan Fisika | ujiansma.com

Kamu Berada di:
Home » Pembelajaran » Besaran Fisika Dalam Mempermudah Perhitungan Fisika

Besaran Fisika Dalam Mempermudah Perhitungan Fisika

 

besaran fisika

Besaran pada dasarnya diartikan sebagai segala sesuatu yang bisa diukur, dihitung, memiliki satuan dan nilai. Besaran sendiri merupakan sifat dari benda. Sifat ini sendiri dinyatakan dalam angka melalui hasil pengukuran.

Oleh karena satu besaran berbeda dengan besaran lainnya, maka ditetapkan adanya satuan untuk tiap besaran yang ada. Satuan sendiri juga menunjukkan bahwa setiap besaran dapat diukur dengan cara yang berbeda pula.

Namun, apa kaitannya besaran dengan bidang ilmu seperti fisika ini ? Pada dasarnya, fisika merupakan ilmu yang mempelajari mengenai alam dalam makna terluas. Fisika juga mempelajari segala sesuatu mengenai gejala alam yang tak hidup atau materi dalam lingkup ruang dan waktu.

Para ahli fisika juga mempelajari perilaku dan sifat materi dalam bidang yang sangat beragam, mulai dari partikel submikroskopis yang membentuk segala materi hingga perilaku materi alam semesta sebagai satu kesatuan kosmos.

Selain itu, fisika juga berkaitan erat dengan matematika, karena pada umumnya teori fisika banyak yang dinyatakan dalam bentuk notasi matematika. Matematika yang digunakan juga lebih sulit daripada matematika yang digunakan pada ilmu alam lainnya.

Seccara umum, suatu besaran akan dikatakan sebagai suatu besaran jika memeuhi 3 syarat utama, yaitu dapat diukur atau dapat dihitung, dapat dinyatakan dalam angka-angka atau mempunyai nilai dan mempunyai satuan.

Jika satu saja dari syarat tersebut tidak bisa dipenuhi, maka suatu benda tersebut tidak bisa dinyatakan sebagai besaran. Besaran sendiri dibagi ke dalam dua, yaitu besaran fisika dan besaran non fisika.

Yang dimaksud dengan besaran fisika ini sendiri adalah besaran yang diperoleh dari pengukuran. Karena diperoleh dari pengukuran, maka harus ada alat ukurnya. Sebagai contohnya adalah massa.

Sedangkan yang dimaksud dengan besaran non fisika adalah besaran yang diperoleh dari perhitungan. Dalam hal ini tidak diperlukan alat ukur, melainkan alat hitung sebagai contohnya adalah kalkulator.

Untuk lebih jelas mengenai besaran fisika, simaklah uraian yang akan disajikan berikut ini.

  • Besaran pokok

 

Pada dasarnya, dalam besaran fisika dibagi lagi menjadi dua, yaitu besaran pokok dan besaran turunan. Besaran pokok sendiri merupakan besaran yang ditentukan berdasarkan kesepakatan para ahli fisika.

Besaran pokok sendiri terbagi ke dalam 7 macam, yaitu :

-          Panjang yang merupakan jarak yang ditempuh cahaya dalam selang waktu 1/299792458  second. Satuan dari panjang adalah meter

-          Massa yang merupakan kuantitas yang terkandung dalam suatu zat dan satuannya adalah kg atau kilogram

-          Waktu merupakan selang waktu yang diperlukan oleh atom. Satuan dari waktu adalah second atau disingkat s

-          Kuat arus listik merupakan kuat arus yang dialirkan oleh dua buah kawat yang sejajar dan sangat panjang. Satuannya adalah ampere atau A

-          Suhu yang merupakan satuan untuk mengukur panas atau dinginnya suatu benda. Satuan yang digunakan untuk suhu adalah Kelvin atau K

-          Jumlah molekul yang merupakan besarnya partikel molekul dalam suatu benda. Satuan molekul adalah mol

-          Intensitas cahaya yang merupakan sumber cahaya yang memancarkan radiasi monokromatik. Satuan dari intensitas cahaya adalah candela yang disingkat sebagai Cd

Besaran pokok ini juga mempunyai ciri khas yang khusus, yaitu diperoleh dari pengukuran langsung, mempunyai satu satuan atau tidak memiliki satuan ganda dan ditetapkan terlebih dahulu.

  • Besaran turunan

 

Merupakan besaran yang diturunkan dari besaran pokok. Besaran ini sendiri memmpunyai banyak macam, di antaranya adalah :

-          Kecepatan yang merupakan besaran vector yang menunjukkan seberapa cepat suatu objek atau benda dapat berpindah. Satuan kecepatan adalah meter per sekon

-          Percepatan yang merupakan perubahan kecepatan dalam satu waktu tertentu. Satuan percepatan adalah meter per sekon kuadrat

-          Luas yang merupakan besarnya suatu objek atau benda, satuan luas adalah meter persegi

-          Volume yang merupakan kuantitas dari benda tiga dimensi yang menempati suatu ruang, satuan volume adalah meter kubik

-          Gaya berat yang satuannya adalah Newton

-          Debit yang satuannya meter kubik per detik

-          Energi satuannya Joule

-          Rapat tenaga satuannya joule per meter kubik

-          Dan tegangan permukaan satuannya Newton per meter.

 

 


Posted by Tags: 0 Responses
     

Leave a Reply to this Post

Mar
27
2013
 
 
ujiansma.com Search form
DUKUNG GERAKAN LULUS UAN 100% Yang GAG DUKUNG berarti GAG PENGEN LULUS!!!



Recently Active Users
admin