Setelah lulus dari bangku sekolah tingkat atas atau SMA sederajat lainnya, kadang-kadang kita dibingungkan dalam hal memilih jurusan apa yang tepat untuk dapat melanjutkan jenjang yang lebih tinggi yakni kuliah. Biasanya kita di SMA sudah dijuruskan pada dua pilihan yakni IPA atau IPS, kecuali SMK yang sduah jelas pastinya penjurusannya sehingga ketika lulus dapat dengan mudah menentukan pilihan. Banyak diantara kita sudah bingung terlebih dahulu dibandingkan mencari informasi tentang kuliah.

                Ada beberapa faktor penyebab yang membuat kita bingung dalam menentukan jurusan kuliah yang tepat. Faktor-faktor tersebut adalah

  • Kurangnya informasi mengenai jurusan yang ada

Banyak dari kita yang kurang mendapatkan informasi menganai jurursan-jurusan kuliah. Padahal hal itu sangatlah penting dalam menentukan ke mana kita ingin melanjutkan. Untuk itu, kita harus menggali informasi sedalam-dalamnya mengenai jurusan-jurusan yang ada di perguruan tinggi. Informasi tersebut mulai dari nama, lamanya kuliah, prospek kedepannya yang akan kamu dapatkan, kelebihan dan kekurangannya, dan kampus mana saja yang menyediakan jurusan tersebut.

Selain itu yang paling penting juga yang harus diperhatikan adalah apakah dengan memilih jurusan tersebut kamu dapat mendapatkan pekerjaan atau gaji yang cukup memadai? Apakah jurusan tersebut sangat potensial di masa mendatang untuk kesuksesan hidupmu. Maka galilah informasi sedalam-dalamnya, baik dengan bertanya pada guru, orang-orang yang pernah kuliah, ataupun membaca dari emdia, internet dan lain sebagainya.

  • Kurang  memahami minat dan bakat yang dimiliki

Bayaknya jurusan yang ditawarkan oleh perguruan tinggi menyebabkan kita bingung memilih jurusan yang tepat untuk kita menyelami dunia kampus. kita ingin jadi ini, jadi itu, ingin seprti ini seperti itu dan lain sebagainya.

Contohnya, kita ingin jadi seorang psikolog tapi jadi seorang marketing juga, ingin jadi guru tapi ingin jadi sorang teknisi computer juga. Akhirnya kita pun galau. Oleh karena itu, pertama yang harus kita lakukan setelah menggali informasi mengenai jurusan-jurusan yang ada adalah kita harus mengetahui dan memahami minat dan bakat kita.

Jika jurusan yang kita pilih sesuai dengan minat dan bakat kita, maka akan terjadi keselarasan yang baik dan kamu pun dapat menikmati bangku kuliah tanpa beban. Oleh karena itu kenali dan pahami minat dan bakatmu.  Biasanya ketika kita sekolah ada yang namanya tes minat dan bakat, sehingga pihak sekolah dapat nmengarahkan jurusan dan pekerjaan apa yang cocok dengan kita nantinya.

Jika tidak ada tes minat dan bakat secara resmi dari sekolah, kamu dapat melakukannya sendiri dengan cara menganalisa apa yang menjadi kemampuanmu. Kamu bisa lihat nilai-nilai pelajaran atau raport, mana yang nilainya paling tinggi atau mana pelajaran yang paling kamu sukai. Misalnya, jika kamu jago di IPS maka yang paling tepat adalah ilmu managemen, jika kamu jago di Matematika, IPA, fisika dna kimia, maka kamu cocok jika ambil jurusan kedokteran, keperawatan, teknik mesin, teknik computer dan lain sebagainya.

  • Tidak selarasnya antara keinginan dan kenyataan

Tidak selarasnya keinginan dan kenyataan dapat dipandang beberapa hal termasuk biaya, orang tua dan daerah. Misalnya kamu  ingin masuk ke kedokteran, namun kondisi biaya dan orang tuamu kurang dan akhirnya kamu bibgung memilih jurusan yang sesuai dengan kemampuan biaya dari orang tua. Atau ketika kamu ingin memilih jurusna teknik Informatika, ternyata sekolah it hanya ada di kota Jakarta sednagkan kamu ada di daerah dan orang tua tidak mengizinkan untuk kamu keluar dari daerah. Pada akhirnya kamu pun bingung menentukan pilihan jurusan yang berada di daerahmu.

Hal-hal seperti di atas sering terjadi, namun yang terpenting adalah bagaimana kita menyikapinya. Jika kamu memang memiliki keinginan yang kuat, dan yakin mampu menjalani perkuliahan maka tak usah lah bingung atau pun ragu dalam memilih jurusan. Ikuti apa yang jadi minat dan bakatmu, gali informasinya, dan berusahalah dengan keras untuk dapat memasukinya dan menjalaninya. untuk itu, pustuskan dan lakukan, karena kesuksesan milik kita.

Lihat Video Dibawah Ini Siapa Tahu Bermanfaat Untuk Kamu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *