Cara Ddasar Senam Lantai | ujiansma.com

Kamu Berada di:
Home » Pembelajaran » Cara Ddasar Senam Lantai

Cara Ddasar Senam Lantai

 

senam lantai

Senam lantai merupakan salah satu cabang olahraga senam yang masuk dalam kategori senam lantai sendiri. Kita tahu sendiri bahwa dalam setiap olahraga itu kita pasti harus menguasai bagaimana dasar dari olahraga itu sendiri, dengan kita mengetahui dasar tersebut, kita pasti bisa mempelajari lebih dalam tentang bagaimana olahraga senam lantai ini sendiri. Dasar dari senam lantai ini sendiri harusnya sudah sangat dikuasai oleh para atlet yang menekuni olahraga ini, tentu saja mereka tidak banyak yang mempelajari dasar-dasar ini dari teori, tetapi banyak yang langsung mempelajarinya lewat lapangan dan mengambil suatu pengalaman itu sebagai tempat pembelajaran mereka sendiri.

Dasar untuk melakukan senam lantai ini sangatlah penting keberadaannya, selain daripada untuk menunjang bagaimana kesiapan kita pada saat bertanding dan membuat gerakan yang kita buat tidak menjadi salah, dasar dari olahraga ini sendiri adalah sebagai pondasi ataupun tegakan yang bisa kita buat dari olahraga ini sendiri. Kita tahu dengan menguasai dasar yang telah ada akan membuat kita mudah melakukan suatu hal, tentu saja dalam hal ini berupa olahraga senam lantai ini sendiri, dengan keuletan dari kita sendiri mempelajari dasar-dasar yang telah ada dengan sangat serius akan membuat kita dapat memenangkan pertandingan dengan usaha dan kerja keras dari berbagai staf yang melatih kita disertai dengan doa yang ada.

Berikut adalah beberapa cara dasar yang dilakukan pada saat melakukan senam lantai :

  • Guling depan (Forward Roll)

langkah-langkah untuk melakukan teknik ini sendiri adalah dengan, yang pertama kita dapat berdiri tegak dengan kedua tangan kita lurus di samping badan kita. Setelah itu angkat kedua tangan ke depan, bungkukan badan kita lalu letakkan kedua telapak tangan di atas matras. Setelah itu siku ke samping, masukkan kepada di antara dua tangan tadi, dan sentuhkan bahu ke matras, kemudian lakukanlah gulingan kea rah depan. Setelah itu lipat kedua lutut kita, tarik dagu dan lutut ke dada dengan posisi tangan yang merangkul lutut dan sikpa akhir dari guling depan ini sendiri adalah jongkok kemudian berdiri tegak.

  • Guling Belakang (Backward Roll)

 

langkah-langkah yang harus bisa kita kuasai, yang pertama adalah kita melakukan jongkok, setelah itu tekuk kedua siku tangan menghadap ke atas di dekat telingan, dagu dan lutut tarik ke dada. Setelah itu gulingkan badan ke belakang hingga bahu dapat menyentuh matras, lutut dan dagu dapat tetap mendekat ke dada, dan telapak tangan di dekat telinga kita. Setelah itu bahu menyentuh matras, serta kedua telapak tangan menyentuh matras, dan gerakkan kaki untuk dijatuhkan ke belakang kepala kita. Setelah itu jatuhkan ujung kaki ke belakang kepala, dorong lengan ke atas serta jongkok dengan lurus ke arah depan.

  • Gerakan Lenting

 

Teknik selanjutnya adalah berupa gerakan lenting, dimana dalam teknik ini sendiri perlu beberapa langkah yang harus kita lakukan. Sikap awal pada teknik ini sendiri adalah berdiri tegak dengan kedua kaki rapat dan kedua lengan diangkat lurus ke atas. Sambil membungkukkan badan, letakkan kedua tangan di matras kira-kira satu langkah dari kaki. Pelaksanaan dari teknik ini sendiri adalah ketika posisi guling depan tercapai, segeralah mengguling ke arah depan. Saat tubuh sudah berada di atas kepala, kedua kaki segera dilecutkan lurus ke depan dibantu oleh kedua tangan yang mendorong badan dengan matras. Dan untuk sikat akhirnya sendiri adalah dengan menyebabkan badan menjadi melenting. Sikap akhir dari teknik ini sendiri adalah kedua kaki segera mendatar, badan tetap melenting dan kedua tangan tetap terangkat lurus. Akhirnya, berdiri tegak.

  • Sikap Kayang

 

Teknik selanjutnya adalah sikap kayang, caranya adalah dengna sikap berdiri membelakangi matras dengan kedua kaki yang agak dibuka dan kedua tangan diayunkan ke belakang, ke atas secara perlahan hingga kedua telapak tangan menempel pada matras tersebut.

  • Sikap Lilin

 

Teknik selanjutnya adalah sikap lilin, dimana sikap ini sendiri adalah tidur terlentang, dan dilanjutkan dengan mengangkat kedua kaki kita lurus ke atas bersama-sama. Pinggang sendiri ditopang oleh kedua tangan, sedangkan pundak kita tetap menempel pada lantai.


Posted by 0 Responses
     

Comments are closed.

Dec
21
2013
 
 
ujiansma.com Search form
DUKUNG GERAKAN LULUS UAN 100% Yang GAG DUKUNG berarti GAG PENGEN LULUS!!!



Recently Active Users
admin