Cara Memperkenalkan Diri Secara Resmi | ujiansma.com

Kamu Berada di:
Home » Bahasa » Cara Memperkenalkan Diri Secara Resmi

Cara Memperkenalkan Diri Secara Resmi

 

Pada dasarnya, setiap orang mempunyai berbagai karakteristik yang berbeda beda. Oleh karena itu, manusia bisa membedakan dirinya dari yang lain. Sebagai makhluk social yang tidak akan terlepas dari orang lain, manusia membutuhkan orang lain dan saling berinteraksi di dalamnya.

Tentunya untuk berinteraksi dengan orang lain pertama kali kita harus memperkenalkan diri kita kepada pribadi atau orang lain. Mungkin hal tersebut terdengar sederhana dan mudah, namun pada dasarnya tidak semua orang mengetahui bagaimana cara memperkenalkan diri secara resmi dengan baik.

Biasanya, cara memperkenalkan diri secara resmi ini banyak digunakan dalam dunia bekerja. Hal ini karena kita berinteraksi dengan orang lain dengan tujuan tertentu, misalnya tujuan bisnis. Oleh karena itu, diperlukan cara memperkenalkan diri secara resmi atau formal.

Meskipun terlihat sederhana, namun tidak semua orang mampu memperkenalkan dirinya dengan baik, apalagi secara resmi. Sedangkan setiap harinya kita berinteraksi dalam lembaga kemasyarakatan dan menjalankan peranan kita masing masing.

Selain itu, banyak sekali acara yang diselenggarakan dengan tujuan tertentu. Bagaimana jadinya jika kita dimintai  untuk menjadi seorang MC atau pembawa acara ? Tentunya semua kegiatan tersebut memerlukan perkenalan diri secara resmi di hadapan banyak orang.

Oleh karena itulah kita perlu mempelajari cara memperkenalkan diri secara resmi. Untuk lebih jelas mengenai cara memperkenalkan diri secara resmi, simaklah uraian yang akan disajikan berikut ini.

  • Hal yang perlu diperhatikan

 

Dalam memperkenalkan diri secara resmi, umumnya anda harus jeli dalam melihat situasi dan kondisi. Hal ini karena kita harus menguasai berbagai cara memperkenalkan diri secara resmi tergantung pada tempat dan orangnya.

Apabila kita memperkenalkan diri di hadapan banyak orang, tentunya hal penting yang perlu kita perhatikan adalah kondisi lingkungan. Selain itu, ada beberapa hal lain lagi yang perlu diperhatikan, di antaranya adalah sebagai berikut :

-         Menguasai situasi dan kondisi dengan baik

-         Menguasai kaidah bahasa, misalnya penggunaan kata baku atau kalimat efektif dan pemilihan kata atau diksi yang tepat

-         Ketika kita memperkenalkan diri kita, hendaknya disertai dengan rasa percaya diri

-         Selain itu, perhatikan juga gerak gerik anda, sangat dianjurkan bagi anda untuk menggunakan gerak gerik yang wajar

-         Perhatikan juga penampilan anda sebelum berkenalan dengan orang lain. Pastikan anda berada dalam keadaan yang rapi dan tidak membuat orang lain menjadi risih.

Dalam memperkenalkan diri secara resmi, tentunya kita harus menggunakan kata sapaan yang baik. Namun, kata sapaan ini juga harus kita sesuaikan dengan orangnya atau konteksnya. Konteks yang dimaksudkan disini adalah :

-         Siapa yang akan hadir atau hadirin yang akan kita hadapi, apakah terdiri dari kelompok dewasa atau anak anak

-         Sepertii apa bentuk acaranya, apakah formal, semi formal atau informal

-         Apa tujuan dari acara tersebut, apakah memberikan informasi atau membagikan pengetahuan

-         Bagaimana tingkat pengetahuan hadirin, misalnya jika hadirin terdiri dari anak anak, maka sebaiknya kita menggunakan bahasa yang mudah untuk dimengerti

-         Kapan dilaksanakannya acara tersebut, misalnya dilaksanakan pada siang hari, maka kita bisa menggunakan kata pembuka seperti selamat siang atau yang lainnya

  • Tips memperkenalkan diri dalam acara resmi

 

Ketika anda menjadi seorang pembawa acara atau yang kita kenal dengan istilah MC, tentunya kita harus berbicara di depan banyak orang. Selain itu, kita juga harus bisa menghidupkan suasana agar pada hadirin sekalian tidak menjadi bosan.

Oleh karena itu, ada beberapa tips yang bisa anda gunakan ketika anda membawakan sebuah acara resmi, di antaranya adalah :

-         Sangat dianjurkan bagi anda untuk memperkenalkan diri anda sebelum memulai acara. Perkenalkan diri anda secara sopan dan singkat dan anda juga bisa memperkenalkan orang orang yang terlibat dalam acara tersebut

-         Sebaiknya anda juga menyapa para hadirin pada saat membuka acara. Kalimat sapaan juga bisa anda ucapkan pada saat pergantian acara

-         Sebelum anda mengakhiri acara, sebaiknya ucapkan terima kasih kepada para hadirin karena telah hadir.

Inilah sekilas mengenai cara memperkenalkan diri secara resmi. Semoga bermanfaat


Posted by 0 Responses
     

Comments are closed.

May
12
2013
 
 
ujiansma.com Search form
DUKUNG GERAKAN LULUS UAN 100% Yang GAG DUKUNG berarti GAG PENGEN LULUS!!!



Recently Active Users
admin