Cara Mendapatkan Beasiswa Gratis | ujiansma.com

Kamu Berada di:
Home » Beasiswa » Cara Mendapatkan Beasiswa Gratis

Cara Mendapatkan Beasiswa Gratis

 

Pendidikan adalah salah satu tanggungan yang tidak kecil bagi orang tua maupun bagi pelajar tersebut. Biaya yang diperlukan untuk menempuh suatu pendidikan setiap saatnya selalu bertambah, membuat biaya yang harus dikeluarkan menjadi lebih besar lagi. Oleh karenanya, tidak sedikit orang tua yang membanting tulang untuk menyekolahkan anaknya. Namun, tidak sedikit pula pelajar yang tidak dapat melanjutkan pendidikannya karena tidak mempunyai dana. Oleh karenanya, para siswa atau mahasiswa tersebut pastinya berharap untuk mendapatkan beasiswa. Beasiswa adalah salah satu program bantuan yang memberikan dana untuk membayar biaya sekolah atau kuliah. Terkadang ada juga beasiswa yang memberikan biaya sekolah atau kuliah sekaligus dengan biaya hidupnya. Oleh karenanya, tidak sedikit siswa atau mahasiswa yang mengharapkan untuk bisa mendapatkan beasiswa. Karena dengan beasiswa, mereka memiliki kesempatan dalam melanjutkan pendidikannya. Namun tidak semua beasiswa itu dikhususkan bagi para siswa yang memiliki masalah dengan ekonominya, ada juga beasiswa yang ditujukan untuk para siswa atau mahasiswa berprestasi. Jadi ada juga siswa atau mahasiswa yang berusaha mendapatkan beasiswa untuk mendapatkan duit tambahan sekaligus dengan kebanggaan. Karena siswa atau mahasiswa yang mendapatkan beasiswa dapat dikatakan sebagai siswa atau mahasiswa yang memiliki prestasi yang lebih baik dibanding siswa atau mahasiswa yang lainnya. Selain itu ada juga siswa atau mahasiswa yang mengambil beasiswa untuk dapat melanjutkan pendidikan di luar negeri.

Beasiswa yang ada di dalam dunia pendidikan, tidak hanya berupa beasiswa untuk membiayai uang spp. Ada juga beasiswa yang memberi kesempatan bagi siswa atau mahasiswa untuk melanjutkan pendidikan, baik itu di dalam negeri maupun luar negeri. Segala hal yang berhubungan dengan beasiswa biasanya telah diatur oleh para pihak penyelenggara beasiswa. Pihak penyelenggara beasiswa dapat berupa pihak pemerintah, pihak swasta, maupun pihak luar negeri. Setiap pihak penyelenggara memiliki syarat yang berbeda. Selain itu, hak dan kewajibannya juga berbeda. Oleh karenanya, kita harus menentukan yang terbaik dan paling mungkin untuk didapatkan.

Syarat Mendapatkan Beasiswa

Dalam mendapatkan suatu beasiswa, ada syarat yang harus dapat dipenuhi para calon penerima beasiswa. Syarat yang diperlukan berbeda-beda tergantung dengan apa yang akan didapatkan. Namun, umumnya suatu beasiswa dibedakan menjadi tiga berdasarkan syarat utamanya. Adapun syarat tersebut antara lain :

  • Memiliki prestasi akademik. Suatu prestasi akademik merupakan cerminan dari sikap belajar yang baik. Karenanya, tidak sedikit beasiswa yang syarat utamanya adalah memiliki prestasi akademik yang baik, dapat berupa : nilai rapor yang di atas 8,00, nilai IP yang di atas 3,00, ataupun prestasi olimpiade pelajaran. Untuk syarat memiliki prestasi akademik, tidak tertutup kemungkinan untuk mendapatkan beasiswa melanjutkan pendidikan di luar negeri, dengan biaya sekolah atau kuliah serta biaya hidup ditanggung oleh pihak penyelenggara.
  • Memiliki ekonomi yang lemah. Salah satu upaya pemerintah dalam meningkatkan kualitas para generasi penerus bangsa adalah dengan memberikan program beasiswa bagi mereka yang kurang mampu. Hal ini dilakukan agar setiap siswa atau mahasiswa di Indonesia memiliki kesempatan dalam melanjutkan pendidikannya. Terkadang, ada pula beasiswa yang syaratnya campuran dari yang memiliki ekonomi lemah namun memiliki prestasi. Beasiswa ini biasanya juga menanggung biaya sekolah ataupun kuliah.
  • Memiliki prestasi non-akademik. Sebagai seorang atlet, anda seharusnya bangga terhadap diri anda. Apalagi anda seorang atlet nasional dan pernah mendapatkan medali emas. Seperti kata pemerintah, bahwa apabila ada seorang atlet yang pernah mendapatkan medali emas, maka atlet tersebut dapat diterima sebagai seorang PNS (pegawai negeri sipil). Dan untuk beasiswa bagi seorang atlet tetaplah ada. Beasiswa tersebut biasanya diberikan bagi para siswa atau mahasiswa yang memiliki prestasi dalam bidang non-akademik.

Sediakan Segala Syarat yang Diperlukan

Dalam mendapatkan beasiswa, seorang siswa atau mahasiswa tidak hanya harus memenuhi salah satu syarat yang ada di atas. Ada juga syarat-syarat lainnya yang harus dipenuhi, biasanya berupa dokumen-dokumen penunjang. Usahakan anda telah menyediakan segala hal yang diperlukan untuk mendapatkan beasiswa, karena apabila ada kekurangan dalam dokumen tersebut maka anda bisa saja menjadi gagal.

Dalam mendapatkan suatu beasiswa, tidak sedikit cara yang dapat dilakukan. Yang paling pertama dalam mendapatkan suatu beasiswa adalah mencari info sebanyak-banyaknya. Oleh karenanya untuk mendapatkan suatu beasiswa, yang paling diperlukan adalah kerja keras. Untuk info dari suatu beasiswa anda bisa saja bertanya kepada orang lain ataupun dari internet.


Posted by 0 Responses
     

Leave a Reply to this Post

Aug
11
2012
 
 
ujiansma.com Search form
DUKUNG GERAKAN LULUS UAN 100% Yang GAG DUKUNG berarti GAG PENGEN LULUS!!!



Recently Active Users
admin