Cara Menentukan Ide Pokok Dalam Suatu Cerita | ujiansma.com

Kamu Berada di:
Home » Bahasa » Cara Menentukan Ide Pokok Dalam Suatu Cerita

Cara Menentukan Ide Pokok Dalam Suatu Cerita

 

Mungkin cara menentukan ide pokok ini tidak lagi asing bagi sebagian besar dari anda, mengingat bahwa anda sendiri pasti pernah melakukannya ketika duduk di bangku sekolah. Biasanya, materi mengenai cara menentukan ide pokok ini dipelajari dalam mata pelajaran bahasa Indonesia.

Bahasa Indonesia sendiri merupakan bahasan yang kita gunakan setiap harinya dan merupakan mata pelajaran yang akan kita pelajari mulai dari bangku SD hingga perguruan tinggi. Mengapa demikian ? Hal ini karena bahasa Indonesia sangatlah penting.

Seperti yang telah banyak disebutkan bahwa pada dasarnya bahasa menentukan bangsa. Meskipun sekarang ini pelajaran bahasa Indonesia tidak lagi dianggap sebagai sesuatu yang penting, khususnya bagi generasi muda.

Kebanyakan dari mereka lebih suka menggunakan bahasa Inggris, karena bahasa Inggris atau bahasa asing lainnya cenderung dianggap lebih menarik. Sebenarnya hal tersebut tidak sepenuhnya benar, karena pada dasarnya bahasa Indonesia merupakan mata pelajaran yang cukup menyenangkan.

Akan tetapi, terbukti bahwa sampai sekarang ini meskipun kita telah mempelajari bahasa Indonesia sejak kecil, tetap saja ada yang tidak menguasainya dengan baik, bahkan untuk materi yang sederhana sekalipun.

Begitu pula dengan cara menentukan ide pokok ini. Tidak semua orang mengetahui bagaimana caranya. Mengapa hal tersebut bisa terjadi ? Mungkin hal ini terjadi karena kurangnya minat masyarakat dalam memahami bahasa Indonesia lebih lanjut.

Ide pokok sendiri sebenarnya merupakan inti atau isi pokok dari suatu bacaan, baik dalam bentuk paragraph ataupun wacana. Banyak sekali istilah yang digunakan untuk menggantikan ide pokok ini, misalnya gagasan utama, gagasan pokok, pokok pikiran, pokok masalah, pikiran utama, inti paragraph, inti masalah, masalah utama, tema, topik, kesimpulan dan lainnya.

Namun, pada dasarnya semua hal tersebut sama saja. untuk mengenal lebih jelas mengenai cara menentukan ide pokok, simaklah uraian yang akan disajikan berikut ini.

  • Jenis paragraph

 

Dalam menentukan ide pokok pada sebuah wacana atau paragraph, sebenarnya kita harus bisa mengidentifikasi terlebih dahulu jenis apakah paragraph tersebut ? Seperti yang kita ketahui bahwa paragraph sendiri terdiri dari banyak jenis, di antaranya adalah :

-         Paragraf deduktif yang merupakan jenis paragraf, dimana kalimat utama terletak pada awal kalimat. Paragraf jenis ini sangat sering sekali muncul dalam bacaan atau artikel

-         Paragraf induktif yang merupakan jenis paragraf yang kalimat utamanya berada pada akhir kalimat. Biasanya akan diakhiri dengan kata kesimpulannya, demikianlah dan lainnya

-         Paragraf campuran yang merupakan campuran dari paragraf deduktif dan induktif, dimana kalimat utamanya bisa berada di awal atau akhir dari sebuah paragraf.

-         Paragraf narasi dan deskripsi yang merupakan jenis paragraf dimana kalimat utamanya terletak pada seluruh isi paragraf

Pada umumnya, kalimat utama hanya ada satu dalam setiap paragraf dan kalimat lainnya berupa kalimat penjelas. Kalimat penjelas sendiri merupakan kalimat yang bersifat untuk menerangkan kalimat utama yang ada dalam paragraf tersebut.

Kadang kala, ide pokok bisa terlihat sangat jelas, namun sering kali kita juga mengalami kesulitan untuk menemukannya dalam tes tes tertentu, misalnya pada tes TOEFL atau TOEIC atau bahkan pada soal ulangan harian anda.

  • Tips menentukan ide pokok

 

Sebenarnya, untuk menentukan ide pokok dari sebuah bacaan tidaklah sulit. Ada beberapa cara menentukan ide pokok yang bisa anda jadikan sebagai pedoman, di antaranya adalah :

-         Apabila ide pokok tersurat atau dituliskan, maka hal ini akan sangat mudah. Bukannya tidak mungkin hal ini akan terjadi, sering kali penulis menuliskan ide pokoknya pada satu kalimat yang mudah untuk ditemukan

-         Apabila ide pokok tersirat atau tidak dituliskan, maka kita memang akan mengalami kesulitan untuk menemukannya. Sebenarnya, jika penulis tidak menentukan ide pokoknya, maka kita dapat menentukan ide pokok dalam paragraf itu sendiri dengan cara menuliskan satu kalimat yang kita anggap dapat mewakili keseluruhan isi teks

-         Selain itu, kita bisa juga meringkas wacana tersebut secara singkat untuk menemukan ide pokok yang terkandung dalam bacaan tersebut

Inilah sekilas mengenai cara menentukan ide pokok. Semoga dapat bermanfaat


Posted by 0 Responses
     

Comments are closed.

May
12
2013
 
 
ujiansma.com Search form
DUKUNG GERAKAN LULUS UAN 100% Yang GAG DUKUNG berarti GAG PENGEN LULUS!!!



Recently Active Users
admin