Cara Menghadapi Pelajaran SD dengan Baik | ujiansma.com

Kamu Berada di:
Home » Pembelajaran » Cara Menghadapi Pelajaran SD dengan Baik

Cara Menghadapi Pelajaran SD dengan Baik

 

Cara Menghadapi Pelajaran SD dengan Baik

Bangku sekolah dasar (SD) adalah salah satu penentu perkembangan anak baik untuk intelektualnya maupun mentalnya. Oleh karena itu, bila seorang siswa SD gagal menghadapi pelajaran di sekolah dasar, maka itu akan berakibat cukup fatal bagi perkembangannya. Dan karenanya, sebagai orang tua, kita wajib memberikan bantuan untuk anak bagaimana cara menghadapi pelajaran-pelajaran yang ada di sekolah dasar.

Untuk dapat membantu seorang anak dalam menghadapi pelajaran di sekolah dasar, terlebih dahulu orang tua harus tahu apa saja yang dipelajari anak anda. Untuk itu saya akan memberikan tips kepada anda bagaimana supaya anak anda dapat menghadapi pelajaran SD. Namun, tidak semua pelajaran di setiap sekolah dasar sama. Jadi saya hanya memberikan tips untuk beberapa pelajaran yang pasti dihadapi anak anda. Pelajaran dan tips-tipsnya antara lain :

Matematika

Bagi sebagian orang tua, inilah mata pelajaran yang paling ditakuti. Banyak orang tua yang cemas apakah anaknya dapat melewati pelajaran ini. Namun sebenarnya sikap seperti itu tidaklah baik bagi perkembangan seorang anak. Karena seorang anak akan merasa lebih takut kepada matematika apabila orang tuanya cemas apa ia bisa menghadapi pelajaran itu atau tidak.

Karena itu, beberapa tips agar anak anda dapat menghadapi pelajaran matematika adalah :

  1. Tumbuhkan perasaan suka terhadap matematika

Dengan menumbuhkan perasaan suka terhadap matematika, seorang anak merasa matematika adalah pelajaran yang dapat dipelajari. Beda halnya saat kita menganggap matematika adalah pelajaran yang menakutkan. Ketika kita memiliki perasaan takut terhadap matematika, kita akan merasa was-was terhadap matematika dan membuat kita tidak dapat berkonsentrasi.

Menumbuhkan rasa suka matematika kepada anak memerlukan bantuan dari orang terdekatnya, yaitu orang tua. Sebagai orang tua, kita harus membantu seorang anak dalam menumbuhkan rasa suka matematika dengan cara : jangan terlalu mencemaskan anak anda apakah dia bisa menghadapi matematika atau tidak, kenal kan matematika kepada anak anda sejak kecil.

 

  1. Perbanyak latihan

Salah satu cara paling mudah dalam menghadapi suatu pelajaran adalah dengan cara banyak latihan. Dengan banyak latihan, seorang anak akan terbiasa dalam menghadapi pelajaran tersebut. Namun dalam memberikan latihan kepada seorang anak tidak boleh dalam unsur paksaan.

Bila perlu bawa anak anda ke tempat kursus matematika. Karena di tempat kursus, seorang anak akan diajari dasar dan cara menghadapi pelajaran matematika.

Bahasa Inggris

Sejak duduk di bangku sekolah dasar (SD), anak anda pasti nya sudah harus menghadapi pelajaran bahasa Inggris. Bahasa Inggris di anggap pelajaran yang agak sulit bagi anak SD karena pada dasarnya mereka belum pernah dan belum terlalu paham belajar bahasa Inggris. Oleh karena nya ada beberapa tips agar seorang anak dapat menghadapi pelajaran bahasa Inggris. Tips – tips tersebut antara lain :

  1. Biasakan berhubungan dalam bahasa Inggris

Cara termudah agar anak anda dapat memahami pelajaran matematika adalah dengan saling berhubungan dengan menggunakan bahasa Inggris setiap harinya. Karena selalu berhubungan dengan bahasa Inggris, secara tidak langsung seorang anak di asah agar dapat berbahasa Inggris. Namun bisa saja dengan menyuruh anak anda belajar bahasa Inggris dengan orang yang pandai bahasa Inggris, apabila anda kurang pandai dalam bahasa Inggris. Selain itu, mengajari anak anda bahasa Inggris bisa saja dengan memberikan anak anda latihan. Karena dengan latihan lah seseorang dapat memahami sesuatu.

 

  1. Banyak belajar dari orang lain

Dalam belajar tidak perlu terlalu mandiri, dalam artian hanya belajar sendiri tanpa bantuan orang lain. Dalam belajar alangkah baiknya ada orang lain yang lebih pandai,  karena apabila kita mempunyai kesalahan, orang tersebut dapat mengoreksinya. Sama halnya saat anak anda belajar bahasa Inggris. Anda harus senantiasa ada untuk dapat membantu anak anda mempelajari bahasa Inggris. Namun jangan pernah tanamkan kebiasaan di bantu terus – menerus. Dan jangan biarkan anak anda menyontek.

Bahasa Indonesia

Kebanyakan orang berpikir pelajaran bahasa Indonesia adalah pelajaran yang mudah. Namun tidak bagi sebagian orang lainnya. Kesulitan dari pelajaran bahasa Indonesia adalah di perlukan penalaran yang tepat. Karena antara jawaban yang satu dengan yang lainnya hampir sama, namun yang paling di perlukan adalah yang paling benar. Adapun cara dalam menghadapi pelajaran bahasa Indonesia adalah :

  1. Biasakan latihan

Bedanya pelajaran ini dengan pelajaran lainnya adalah pada bahasa Indonesia, yang paling diperlukan adalah penalaran. Oleh karenanya, apabila sering melakukan latihan, secara tidak langsung penalaran seorang anak akan ikut terasah.

Itulah beberapa pelajaran umum yang dianggap sulit dalam menghadapinya. Dengan tips-tips diatas, diharapkan anak anda dapat menghadapi pelajaran-pelajaran tersebut.


Posted by 0 Responses
     

Leave a Reply to this Post

Jul
11
2012
 
 
ujiansma.com Search form
DUKUNG GERAKAN LULUS UAN 100% Yang GAG DUKUNG berarti GAG PENGEN LULUS!!!



Recently Active Users
admin