Cara Penulisan Daftar Pustaka dengan Tepat | ujiansma.com

Kamu Berada di:
Home » Bahasa » Cara Penulisan Daftar Pustaka dengan Tepat

Cara Penulisan Daftar Pustaka dengan Tepat

 

cara menulis daftar pustaka

Kita semua tentunya sudah tidak merasa asing lagi dengan apa yang disebut daftar pustaka. Setiap kita membaca buku referensi atau literature, pastinya kita bisa menjumpai daftar pustaka pada bagian akhir dari buku ini.

Mungkin anda jarang sekali memperhatikan bagian ini, karena bagian ini anda anggap kurang penting dan tidak memberikan pengetahuan. Namun, sebenarnya keberadaan sebuah daftar pustakan dalam buku sangatlah penting.

Khususnya bagi pengarang. Hal ini karena pada umumnya pengarang suatu buku akan mencari berbagai sumber untuk melengkapi buku yang ia miliki. Akan tetapi, seperti yang kita ketahui bahwa penjiplakan merupakan sesuatu yang dilarang oleh Negara kita.

Oleh karena itulah dalam sebuah buku akan dicantumkan daftar pustaka, sehingga pada saat pengarang mengutip uraian atau wacana dari buku lain, maka ia harus mencantumkannya dengan jelas dalam buku yang ia miliki.

Dalam pelajaran bahasa Indonesia sendiri, mungkin anda sudah pernah mendapat tugas untuk membuat suatu makalah, dimana pada bagian tersebut anda harus mencantumkan daftar pustaka. Mungkin sebagian besar dari anda mencarinya di internet atau dari buku atau bahkan sumber lainnya.

Lantas, seperti apakah cara penulisan daftar pustaka itu ? Secara umum, daftar pustaka sering diartikan sebagai bukti referensi bagi sebuah karya ilmiah, jadi penulisan nama sumber, tahun, penerbit dan lain sebagainya harus disusun sedemikian rupa dengan aturan tertentu.

Daftar pustaka ini bisa bersumber dari berbagai macam media, baik media cetak atau elektronik. Dengan kata lain, kita bisa menjadikan buku, internet, artikel, koran, undang undang, skripsi, tesis dan lainnya sebagai sumber atau bahan rujukan kita.

Untuk lebih jelas mengenai cara penulisan daftar pustaka, simaklah uraian yang akan disajikan berikut ini.

  • Sumber buku

 

Dalam menulis daftar pustaka yang bersumber dari buku bacaan atau literature tertentu, kita juga tetap harus mencantumkan daftar pustaka. Misalnya anda mengutip suatu wacana dari buku bahasa Indonesia, maka daftar pustaka yang harus anda susun sebagai contohnya adalah :

Mulyasa. 2009. Menjadi Guru Profesional. Bandung : Remaja Rosda

Baradja, M. F. 1990. Kapita Selecta Pengajaran Bahasa. Malang : Penerbit IKIP Malang

Damano, Sapardi Ahmad. 1979. Novel Sastra Indonesia Sebelum Perang. Jakarta : Pusat Pengembangan dan Pembinaan Bahasa.

  • Sumber internet

 

Tentunya kemudahan untuk mendapatkan informasi bisa kita manfaatkan sebaik mungkin. Namun, ada etika yang harus anda junjung tinggi, yaitu cara penulisan daftar pustaka yang bersumber dari internet. Sebagai contohnya adalah :

Hermans, B., 2000, Desperately Seeking : Helping Hands and Human Touch, (Online), (http://www.hermans.org/agents2/ch3_1_2.htm, diakses tanggal 21 Maret 2013 )

Kumaidi. 1998. Pengukuran Bekal Awal Belajar dan Pengembangan Tesnya. Jurnal Ilmu Pendidikan . (Online), Jilid 5, No. 4, (http://www.malang.ac.id , diakses 20 Januari 2000)

Hitchcock, S., Carr, L. & Hall, W. 1996. A Survey of STM Online Journals, 1990-1995: The Calm before the Storm , (Online), (http://journal.ecs.soton.ac.uk/survey/survey.html , diakses 12 Juni 1996).

Dalam internet sendiri, ada banyak bentuk informasi yang tersedia, bisa berbentuk artikel atau forum. Jika anda mengambilnya dari sebuah artikel, maka daftar pustakanya adalah :

Kumaidi. 1998. Pengukuran Bekal Awal Belajar dan Pengembangan Tesnya. Jurnal Ilmu Pendidikan . (Online), Jilid 5, No. 4, (http://www.malang.ac.id , diakses 20 Januari 2000).

Jika anda mengutipnya dari sebuah forum, maka daftar pustakanya adalah :

Wilson, D. 20 November 1995 . Summary of Citing Internet Sites. NETTRAIN Discussion List , (Online), (NETTRAIN@ubvm.cc.buffalo.edu , diakses 22 November 1995).

  • Artikel dalam koran

 

Kita juga bisa menjadikan artikel dalam koran sebagai bahan rujukan kita. Penyusunan daftar pustaka untuk artikel dalam koran adalah sebagai berikut :

Pitunov, B. 13 Desember, 2002. Sekolah Unggulan ataukah Sekolah Pengunggulan? Majpahit Pos , hlm. 4 & 11.

  • Undang undang pemerintah

 

Jika kita menjadikan UU pemerintah sebagai bahan rujukan kita, maka daftar pustaka yang disusun adalah :

Republik Indonesia. 1992. Undang-Undang No. 24 Tahun 1992 tentang Penataan Ruang. Lembaran Negara RI Tahun 1992, No. 115. Sekretariat Negara. Jakarta

Inilah sekilas mengenai cara penulisan daftar pustaka.


Posted by 0 Responses
     

Comments are closed.

May
27
2013
 
 
ujiansma.com Search form
DUKUNG GERAKAN LULUS UAN 100% Yang GAG DUKUNG berarti GAG PENGEN LULUS!!!



Recently Active Users
admin