Ciri-ciri Bakteri | ujiansma.com

Kamu Berada di:
Home » Universitas » Ciri-ciri Bakteri

Ciri-ciri Bakteri

 

Bakteri atau kuman pastinya bukan lagi hal baru yang ada dalam kehidupan sehari-hari. Istilah ini sudah menjadi istilah awam yang diketahui oleh banyak orang. Pada umumnya, bakteri merupakan sesuatu yang bersifat negatif dan menimbulkan berbagai penyakit pada makhluk hidup.

Pada dasarnya, bakteri merupakan organisme yang paling banyak jumlahnya dan telah tersebar secara luas dibandingkan dengan makhluk hidup lainnya. Banyak sekali spesies bakteri ini, ada lebih dari ratusan ribu yang hidup di daratan hingga lautan dan bahkan pada tempat-tempat yang ekstrim.

Memang harus diakui bahwa istilah bakteri atau kuman ini masih sering menjadi konotasi negatif, mengingat peranannya yang buruk bagi kehidupan sehari-hari. Namun, sebenarnya ada beberapa peranan bakteri yang menguntungkan bagi manusia.

Bakteri ini juga merupakan mikroorganisme yang sering disamakan dengan virus, karena keduanya memiliki ukuran yang sangat kecil dan merupakan makhluk mikroskopik atau dengan kata lain hanya bisa dilihat dengan menggunakan mikroskop saja.

Akan tetapi, sebenarnya bakteri dan virus merupakan kedua mikroorganisme yang berbeda. Ada beberapa ciri-ciri bakteri yang bisa membedakannya dengan virus. Terlepas dari semua itu, bakteri merupakan mata pelajaran yang penting.

Oleh karena itulah, di dalam mata pelajaran biologi pelajaran mengenai bakteri ini dimasukkan. Selain itu, ada juga cabang ilmu khusus yang mempelajari tentang bakteri secara khusus, yaitu bakteriologi.

Untuk lebih jelas mengenai ciri-ciri bakteri, simaklah uraian yang akan disajikan berikut ini.

  • Ciri-ciri bakteri

 

Pada dasarnya, ada beberapa ciri-ciri bakteri yang membedakan makhluk ini dari virus. Adapun beberapa di antaranya adalah :

-         Bakteri merupakan organisme multiseluler

-         Bakteri juga termasuk makhluk hidup prokariot atau tidak memiliki membran inti sel

-         Pada umumnya, bakteri juga tidak memiliki klorofil

-         Ukuran tubuh bakteri ini juga cukup bervariasi, ada yang 0,12 hingga ratusan micron. Pada umumnya, ukuran rata-rata yang dimiliki adalah 1 hingga 5 mikron

-         Bakteri juga memiliki bentuk tubuh yang beraneka ragam

-         Bakteri hidup secara bebas namun ada juga yang bersifat parasit

-         Ada beberapa jenis bakteri yang dapat hidup di daerah yang sangat ekstrim, yang dimaksud sebagai daerah ekstrim adalah tempat yang sangat panas, kawah atau gambut, dan lainnya

-         Selain itu, bakteri juga ada yang hidup secara cosmopolitan di berbagai lingkungan yang dinding selnya mengandung peptidoglikan.

  • Perkembang biakkan bakteri

 

Pada dasarnya, bakteri merupakan salah satu makhluk hidup yang dapat berkembang biak. Ada dua cara yang dilakukan oleh bakteri untuk berkembang biak, yaitu secara aseksual atau dengan membelah diri dan reproduksi secara seksual yang dilakukan dengan cara pertukaran materi genetic dengan bakteri lainnya.

Pada dasarnya, rekombinasi genetic bisa dilakukan dengan 3 cara, yaitu :

  1. a.      Transformasi

 

Dengan melakukan sedikit pemindahan materi genetic, bahkan hanya satu gen saja dari satu sel bakteri ke sel bakteri lainnya. Proses ini merupakan salah satu rekombinasi genetic atau rekombinasi DNA

  1. b.      Transduksi

 

Selain dengan melakukan transformasi, bakteri juga bisa melakukan transduksi, yaitu dengan cara melakukan pemindahan materi genetic ke satu sel bakteri ke sel bakteri lainnya dengan perantara organisme lain yaitu bakteriofage atau virus bakteri.

  1. c.       Konjugasi

 

Merupakan rekombinasi genetic yang dilakukan dengan cara memindahkan materi genetic yang berupa plasmid secara langsung melalui kontak sel dengan membentuk struktur seperti jembatan di antara dua sel bakteri yang berdekatan. Umumnya proses ini terjadi pada bakteri gram negatif.

  • Peranan bakteri

 

Mungkin bagi sebagian dari anda bakteri merupakan makhluk hidup parasit yang bersifat merugikan. Namun, sebenarnya ada beberapa manfaat dari bakteri yang bisa kita peroleh, di antarnaya adalah :

-         Bakteri E. Coli yang berada pada usus manusia berguna untuk membantu membusukkan sisa makanan dan membentuk vitamin K

-         Bakteri juga sering dimanfaatkan dalam pembuatan keju dan yoghurt, islanya bakteri lactobacillus bulgaricus

-         Bakteri juga bersimbiosis mutualisme dengan polong-polongan, karena bakteri bisa membantu mengikat nitrogen bebas yang diperlukan oleh polong.

Inilah sekilas mengenai ciri-ciri bakteri. Semoga bermanfaat


Posted by 0 Responses
     

Leave a Reply to this Post

Feb
24
2013
 
 
ujiansma.com Search form
DUKUNG GERAKAN LULUS UAN 100% Yang GAG DUKUNG berarti GAG PENGEN LULUS!!!



Recently Active Users
admin