Ciri-ciri dan Prinsip Gelombang Bunyi Dikaji Dalam Ilmu Fisika | ujiansma.com

Kamu Berada di:
Home » Pembelajaran » Ciri-ciri dan Prinsip Gelombang Bunyi Dikaji Dalam Ilmu Fisika

Ciri-ciri dan Prinsip Gelombang Bunyi Dikaji Dalam Ilmu Fisika

 

Setiap harinya, kita pasti mendengarkan adanya gelombang bunyi yang sampai ke gendang telinga kita. Baik itu suara yang kita hasilkan sendri atau orang lain. Akan tetapi, tahukah anda seperti apa itu ciri-ciri dan prinsip gelombang bunyi itu ?

Pernahkah terlintas dalam benak anda seperti apa itu ciri-ciri dan prinsip gelombang bunyi ? Kebanyakan dari kita hanya mengetahui seperti apa itu bunyi atau suara, namun melalui medium apa ia merambat atau termasuk gelombang apa suara itu, tidak banyak di antara kita yang mengetahui hal tersebut.

Sebenarnya, materi mengenai ciri-ciri dan prinsip gelombang bunyi ini dikaji dalam bidang ilmu fisika. Mengapa dalam fisika ? Hal ini karena fisika merupakan ilmu yang mempelajari mengenai alam dengan makna terluas.

Fisika sendiri banyak mengkaji fenomena alam yang bisa dijelaskan dengan logika manusia, misalnya bagaimana terjadinya pelangi. Dengan kata lain, fisika tidak bertentangan dengan logika manusia.

Gelombang sendiri jika diartrikan secara fisika merupakan getaran yang merambat, baik melalui medium padat, cair atau gas. Jika dibedakan atas rambatannya, ada dua gelombang, yaitu gelombang elektromagentik dan gelombang meknaik.

Gelombang elektromagnetik sendiri merupakan gelombang yang tidak memerlukan medium dalam perambatannya. Sedangkan gelombang mekanik merupakan gelombang yang memerlukan medium dalam perambatanya.

Selain itu, jika dilihat berdasarkan arah rambatannya sendiri, gelombang bisa dibedakan menjadi dua jenis, yaitu gelombang transversal dan gelombang longitudinal. Gelombang transversal sendiri merupakan gelombang yang arah rambatannya tegak lurus dengan arah getarannya.

Sedangkan gelombang longitudinal merupakan gelombang yang arah rambatannya sejajar dengan arah getarannya. Dalam fisika, bunyi atau suara diartikan sebagai pemampatan mekanis atau gelombang longitudinal yang merambat melalui medium.

Medium atau zat perantara ini sendiri bisa berupa zat padat, cair maupun gas. Kebanyakan suara merupakan gabungan dari beberapa sinyal dan dapat dikur kecepatan osilasinya dengan satuan Hertz (Hz).

Selain itu, amplitude atau kenyaringan bunyi sendiri bisa diukur dengan satuan decibel. Gelombang bunyi sendiri terdiri dari berbagai molekul udara yang bergerak maju mundur. Setiap saat, molekul tersebut akan berdesakan di berbagai tempat, sehingga menghasilkan wilayah tekanan yang tinggi, tapi di tempat lain merenggang, sehingga menghasilkan tekanan yang rendah.

Gelombang yang bertekanan tinggi dan rendah tersebut akan bergerak secara bergantian di udara dan menyebar dari sumber bunyi. Gelombang bunyi juga termasuk ke dalam gelombang longitudinal.

Untuk lebih jelas mengenai ciri-ciri dan prinsip gelombang bunyi, simaklah uraian yang akan disajikan berikut ini.

  • Prinsip gelombang bunyi

 

Pada dasarnya, bunyi termasuk ke dalam gelombang, sehingga bunyi dan gelombang mempunyai prinsip atau sifat yang sama, di antaranya adalah :

-         Dapat dipadukan atau interferensi, bunyi memerlukan dua sumber yang koheren, sehingga dapat dipadukan dan menghasilkan gelombang yang baru

-         Dapat dipantulkan atau refleksi, bunyi dapat dipantulkan apabila mengenai permukaan yang keras.

-         Dapat dibiaskan atau refraksi, bunyi dapat mengalami pembelokan atau pembiasan jika melewati dua medium yang berbeda

-         Dapat dilenturkan atau difraksi, bunyi dapat dilenturkan ketika melewati cahaya yang sempit.

Bunyi sendiri dihasilkan oleh sumber bunyi atau semua benda yang bergetar dan menghasilkan suara yang merambat melalui medium atau zat perantara hingga pada akhirnya sampai ke gendang telinga manusia.

Gelombang bunyi juga termasuk ke dalam gelombang longitudinal yang tidak tampak dan hanya bisa merambat ketika ada medium, jika tidak ada maka bunyi atau suara tidak bisa terdengar atau sampai ke gendang telinga manusia.

Berdasarkan hasil penelitian, medium padat merupakan medium terbaik bagi perambatan gelombang bunyi dibandingkan dengan medium cair atau gas. Inilah beberapa mengenai prinsip bunyi.

  • Ciri-ciri bunyi

 

Pada dasarnya, gelombang bunyi mempunyai beberapa ciri khas yang membedakannya dengan gelombang lainnya, yaitu :

-         Dalam perambatannya memerlukan medium atau perantara

-         Bunyi juga termasuk ke dalam gelombang longitudinal, karena arah rambatannya sejajar dengan arah getaranya

-         Bunyi juga bisa dipantulkan jika mengenai permukaan benda yang keras.

Inilah sekilas mengenai ciri-ciri dan prinsip gelombang bunyi. Semoga bermanfaat


Posted by Tags: , 0 Responses
     

Comments are closed.

May
6
2013
 
 
ujiansma.com Search form
DUKUNG GERAKAN LULUS UAN 100% Yang GAG DUKUNG berarti GAG PENGEN LULUS!!!



Recently Active Users
admin