Ciri-ciri dan Prinsip Gelombang Cahaya | ujiansma.com

Kamu Berada di:
Home » Pembelajaran » Ciri-ciri dan Prinsip Gelombang Cahaya

Ciri-ciri dan Prinsip Gelombang Cahaya

 

Mungkin kita semua sering kali mendengar istilah gelombang cahaya. Hal ini karena setiap harinya kita pasti melihat adanya gelombang cahaya yang dipancarkan secara langsung dari matahari. Namun, pernahkah terlintas dalam benak anda seperti apa itu ciri ciri dan prinsip gelombang cahaya ?

Pada dasarnya, materi mengenai ciri-ciri dan prinsip gelombang cahaya merupakan salah satu bahan kajian dalam bidang ilmu fisika. Mengapa ilmu fisika ? Memang benar gelombang cahaya merupakan fenomena alam yang biasanya dikaji oleh ilmu mengenai alam.

Lantas, biologi juga merupakan ilmu alam, akan tetapi mengapa gelombang bunyi ini dikaji dalam fisika ? Hal ini karena fisika pada dasarnya merupakan ilmu yang mempelajari mengenai alam dalam makna terluas.

Fisika juga sering disebut sebagai ilmu yang mendasar bagi ilmu alam lainnya (biologi, kimia, geologi dan lainnya). Hal ini karena ilmu alam lainnya banyak yang mematuhi hukum fisika sebagai dasarnya.

Dalam fisika sendiri, gelombang diartikan sebagai getaran yang merambat, baik melalui medium padat, cair atau gas. Jika dibedakan atas rambatannya, ada dua gelombang, yaitu gelombang elektromagentik dan gelombang meknaik.

Gelombang elektromagnetik sendiri merupakan gelombang yang tidak memerlukan medium dalam perambatannya. Sedangkan gelombang mekanik merupakan gelombang yang memerlukan medium dalam perambatanya.

Selain itu, jika dilihat berdasarkan arah rambatannya sendiri, gelombang bisa dibedakan menjadi dua jenis, yaitu gelombang transversal dan gelombang longitudinal. Gelombang transversal sendiri merupakan gelombang yang arah rambatannya tegak lurus dengan arah getarannya.

Sedangkan gelombang longitudinal merupakan gelombang yang arah rambatannya sejajar dengan arah getarannya. Dalam fisika, bunyi atau suara diartikan sebagai pemampatan mekanis atau gelombang longitudinal yang merambat melalui medium.

Cahaya dalam fisika diartikan sebagai energi yang berbentuk gelombang elektromagnetik yang kasat mata dengan panjang gelombang sekitar 380 hingga 750 nm. Bidang studi cahaya yang sekarang ini dikenal dengan nama optika yang merupakan area riset yang penting dalam fisika modern.

Pembelajaran mengenai optika ini sendiri terbagi ke dalam dua era, yaitu era klasik dan era modern. Dalam puncak era klasik, cahaya diadefinisikan sebagai gelombang elektromagnetik. Hal ini banyak memicu penemuan serta pemikiran para ahli.

Kemudian dalam puncak optika modern, cahaya merupakan dualism gelombang transversal elektromagnetik dan aliran partikel yang disebut dengan foton. Pengembangan lebih lanjut terjadi pada tahun 1953, dimana ditemukannya sinar laser.

Perlu anda ingat bahwa pada dasarnya era optika modern tidak mengakhiri era optika klasik, tetapi memperkenalkan sifat-sifat cahaya yang lainnya, misalnya difusi atau hamburan.

Untuk lebih jelas mengenai ciri-ciri dan prinsip gelombang cahaya, simklah uraian yang akan disajikan berikut ini.

  1. Prinsip gelombang cahaya

Pada dasarnya, cahaya termasuk ke dalam gelombang, oleh karena itu cahaya dan gelombang mempunyai prinsip yang sama, di antaranya adalah sebagai berikut :

  • Dapat dipadukan atau iinterferensi yang merupakan peristiwa yang terjadi apabila kedua cahaya bersifat koheren atau mempunyai fase yang berbeda, namun frekuensi dan amplitude yang sama.
  • Dapat dilenturkan atau difraksi, merupakan peristiwa yang akan terjadi apabila cahaya melalui celah yang sempit
  • Dapat dibiaskan atau refraksi, merupakan peristiwa yang akan terjadi apabila cahaya melalui dua medium yang berbeda, maka akan terjadi pembelokan atau perubahan arah
  • Dapat dipantulkan atau refleksi, yang akan terjadi apabila cahaya memantul ke segala arah (pemantulan difusi) dan mempunyai arah yang teratur (pemantulan teratur)
  • Dapat diuraikan atau diversi, akan terjadi apabila cahaya putih jatuh pada sisi prisma. Contoh umum dari peristiwa ini adalah terjadinya pelangi
  • Dapat dipolarisasikan, merupakan peristiwa dimana terjadi perubahan arah getar gelombang cahaya
  1. Ciri-ciri gelombang cahaya

Pada dasarnya, cahaya mempunyai beberapa ciri khas yang dapat membedakannya dengan gelombang lain, yaitu :

  • Cahaya tidak membutuhkan medium untuk merambat, karena termasuk gelombang elektromagnetik
  • Cahaya termasuk ke dalam gelombang transversal, karena arah rambatannya tegak lurus dengan arah getarannya
  • Cahaya juga dapat dipantulkan jika mengenai sebuah bidang, baik yang datar ataupun yang tidak.

Inilah sekilas mengenai ciri-ciri dan prinsip gelombang cahaya. Semoga bermanfaat


Posted by Tags: 0 Responses
     

Comments are closed.

May
6
2013
 
 
ujiansma.com Search form
DUKUNG GERAKAN LULUS UAN 100% Yang GAG DUKUNG berarti GAG PENGEN LULUS!!!



Recently Active Users
admin