Contoh Gending-gending Jawa Untuk Mengiringi Tarian Yogyakarta | ujiansma.com

Kamu Berada di:
Home » Pembelajaran » Contoh Gending-gending Jawa Untuk Mengiringi Tarian Yogyakarta

Contoh Gending-gending Jawa Untuk Mengiringi Tarian Yogyakarta

 

Gending jawa mungkin asing bagi mereka yang tidak pernah sama sekali menonton pertunjukkan seni tradisional, khususnya di Pulau Jawa. Namun, sebenarnya gending Jawa merupakan salah satu kesenian yang asalnya asli dari Jawa.

Banyak sekali kesenian Jawa yang menggunakan gending Jawa sebagai pengiringnya. Bahkan, kalangan yang menyukai gending jawa ini tidak hanya kaum pribumi saja, melainkan banyak orang asing yang menyukainya.

Selain itu, gending jawa juga sangat menarik, karena irama yang dihasilkan begitu rancak dan mampu membuat pendengarnya ikut bergerak. Setiap kali kita mendengarkan irama dari gending Jawa ini, maka kebanyakan dari kita akan menikmatinya, baik dengan anggukan kepala atau gerakan tubuh.

Coba anda perhatikan kegiatan pementasan di daerah anda, maka anda bisa mengatakan bahwa banyak sekali kesenian yang menggunakan gending Jawa sebagai pengiringnya. Banyak orang yang berpendapat bahwa gending Jawa sangat nyaman dan akan membuat pertunjukkan kesenian menjadi semakin menarik.

Untuk lebih jelas mengenai contoh gending-gending Jawa untuk mengiringi tarian Yogyakarta, simaklah uraian yang akan disajikan berikut ini.

  • Kesenian dan gending jawa

 

Seperti yang kita ketahui bahwa Negara Indonesia merupakan Negara kepulauan yang terdiri dari beribu-ribu pulau dan wilayah. Semakin luas wilayah Indonesia, maka semakin banyak pula kesenian daerah yang berkembang.

Kekayaan budaya tersebut bisa kita banggakan sebagai kekayaan asli Indonesia, bahkan karena kekayaan budaya ini banyak bangsa asing yang ingin menguasai budaya tersebut, salah satu budaya yang paling sering diincar adalah gending Jawa.

Banyak sekali bangsa asing yang menggemari kesenian dengan menggunakan gending jawa ini sebagai music pengiringinya. Setiap kali mereka mendengarkan music yang berasal dari gending Jawa ini, mereka akan menikmatinya dengan penuh perasaan.

Bahkan, tidak sedikit orang asing yang mempelajari secara khusus teknik untuk memainkan gending Jawa ini. Oleh karena itu, gending jawa merupakan salah satu kebudayaan yang harus terus kita lestarikan dengan baik.

  • Wayang kulit

 

Salah satu kesenian yang menggunakan gending jawa adalah wayang kulit. Wayang kulit merupakan kesenian asli bangsa Indonesia yang mengadopsi cerita dari India. Kesenian yang satu ini kebanyakan menggunakan gending Jawa sebagai music pengiringnya.

Gending jawa yang digunakan adalah seperangkat alat music lengkap dengan berbagai bunyi yang saling menutup dan suara yang dihasilkan sangatlah merdu. Wayang kulit adalah pagelaran seni yang menggunakan media wayang untuk menampilkan cerita.

  • Kuda lumping

 

Bentuk kesenian lainnya yang menggunakan gendig Jawa adalah kuda lumping. Kuda lumping menggambarkan pasukan berkuda dari sebuah kerajaan di Pulau Jawa. Kuda lumping sangat digemari oleh masyarakat, hal ini dapat dibuktikan ketika kuda lumping akan dipertunjukkan, maka penonton akan berkumpul dengan ramai.

Kesenian ini juga merupakan ikon bangsa Indonesia, melihat banyaknya daerah yang juga mengembangkan kesenian ini. Kudan lumping juga menggunakan gending jawa sebagai music pengiring tariannya dan bahkan ditambahkan dengan nyanyian yang merdu dan indah.

  • Ludruk

 

Ludruk juga merupakan bentuk kesenian tradisional yang berasal dari Jawa Timur. Kesenian ini cukup bagus dan mendapat respon positif dari masyarakat setempat. Ludruk juga menggunakan gending Jawa yang telah di aransemen sedemikian rupa, sehingga iramanya dapat mewakili cerita yang sedang ditampilkan tersebut.

Bahkan, dalam serangkaian acara ada beberapa tarian yang diselipkan di dalamnya sebelum ceritanya dimulai. Tarian tersebut akan diiringi dengan suara gamelan atau gending Jawa yang menawan di telinga kita.

  • Campur sari

 

Campur sari merupakan salah satu kesenian hasil kreasi baru yang menggunakan gending jawa. Music ini merupakan hasil pemikiran dan karya ulang para pekerja seni, terutama yang menggeluti kesenian gending Jawa.

Untuk menciptakan irama yang indah dan rancak, maka pekerja seni gending Jawa mengatur sedemikian rupa sehingga tampilan musicnya akan bagus. Lagu langgam yang biasanya sulit untuk dipahami akan diubah ke dalam bentuk campur sari. Sehingga peminatnya lebih banyak.

Pada umumnya, gending Jawa ini akan diikuti dengan gamelan jawa, sehingga suaranya akan menjadi lebih nyaman.

Inilah sekilas mengenai contoh gending-gending Jawa untuk mengiringi tarian Yogyakarta. Semoga bermanfaat


Posted by 0 Responses
     

Leave a Reply to this Post

Feb
17
2013
 
 
ujiansma.com Search form
DUKUNG GERAKAN LULUS UAN 100% Yang GAG DUKUNG berarti GAG PENGEN LULUS!!!



Recently Active Users
admin