Contoh Kata Pengantar Makalah | ujiansma.com

Kamu Berada di:
Home » Beasiswa » Contoh Kata Pengantar Makalah

Contoh Kata Pengantar Makalah

 

 Kata Pengantar MakalahKata pengantar makalah merupakan bagian dari sebuah makalah atau tulisan yang berfungsi sebagai pembuka yang diberikan oleh penulis sebelum membahas makalah secara keseluruhan. Apabila anda sedang membuat makalah maka anda tidak boleh hanya terpaku pada contoh makalah apalagi pada contoh kata pengantar, karena makalah terbaru itu memperbolehkan untuk menjelaskan secara singkat mengenai pembahasan penting makalah.

Untuk dapat menunjang nilai positif dari sebuah makalah, maka disini kata pengantar merupakan suatu bagian penting yang harus ada pada suatu makalah. Kalimat dan atau bahasa yang sesuai dengan ejaan yang disempurnakan penting untuk digunakan apabila kita akan membuat kata pengantar makalah yang baik. Kata pengantar yang baik tidak dibuat dengan bahasa yang bertele-tele, akan tetapi ditulis secara jelas dan mempunyai tujuan yang tepat, yaitu mampu memberikan penyelesaian akhir yang baik.

 

Dalam sebuah tulisan karya ilmiah, kata pengantar sangatlah penting artinya, karena tanpa kata pengantar, sebuah tulisan ilmiah bagaikan lagu tanpa intro, sehingga terasa hambar. Dalam sebuah karya tulis, kata pengantar menjadi sebuah kewajiban yang harus ada. Semua karya tertulis yang memang dibuat untuk keperluan formal memang harus menyertakan kata pengantar sebagai penjelasan yang mewakili tujuan dan sedikit ulasan dari isi kata pengantar tersebut.

Seringkali kita berfikir bahwa kata pengantar dibuat sebelum melakukan tulisan, akan tetapi banyak juga orang yang menuliskan kata pengantar setelah semua karya mereka jadi. Hal ini diperuntukkan supaya kata pengantar mampu menjelaskan apa yang benar-benar menjadi isi di dalam karya tulis mereka. Sehingga, apa yang ada pada kenyataannya memang sesuai dengan apa yang ada pada kata pengantar.

Seringkali kita malas membuat kata pengantar makalah  untuk membuat kata pengantar jika sedang mepet, oleh karena itu kita memerlukan kata pengantar makalah yang cepat. Hasilnya kita mencari contoh kata pengantar di internet. Akan tetapi jangan asal kita mengcopy contoh kata pengantar tersebut , kita hendaknya mengganti hal penting yang ada pada makalah yang membedakan makalah anda dan makalah lainnya terlebih dahulu sebelum menggunakannya.

 

Akan lebih baik lagi jika anda mecari contoh kata pengantar untuk dijadikan referensi membuat kata pengantar sendiri yang baik. Oleh karena itu contoh kata pengantar yang baik mungkin penting artinya untuk memberikan inspirasi kepada anda untuk menulis sebuah kata pengantar yang terbaik pula.

Adapun beberapa poin penting yang biasanya disampaikan dalam suatu kata pengantar sehingga dapat mewakili secara keseluruhan hal yang ingin disampaikan antara lain:

1. Kata pengantar mampu membuat para pembaca penasaran untuk membaca secara keseluruhan isi buku atau karya yang ditulisnya.

2. Kata pengantar yang baik hendaknya menyapa pembaca agar tertarik dengan isi buku atau karya yang ditulisnya.

3. Kata pengantar menyampaikan pesan penulis tentang buku atau karya yang ditulisnya.

4. Kata pengantar menyampaikan kesan penulis saat dia dlam proses pembuatan buku atau karyanya.

5. Kata pengantar yang baik mampu memberikan semangat kepada para pembaca sehingga mempunyai motivasi untuk menyelesaikan bacaannya sampai kalimat terkhir.

Yang pasti, kata pengantar yang baik berisi unatian kata yang mampu menarik minat pembaca untuk membaca buku atau karya kita sampai akhir, menjadikan para pembaca penasaran. Begitupun apabila kata pengantar dibuat untuk sebuah makalah atau penulisan ilmiah.

Contoh kata pengantar yang layak diadaptasi :

Debian GNU/Linux terus terang merupakan salah satu keluarga Linux yang paling handal dan stabil. Diantara para pengguna Linux, termasuk saya, pasti akan menghormati mereka yang menggunakan Debian dan Slackware.

 

Askari Azikin telah meluangkan waktunya untuk menuliskan berbagai hal tentang instalasi dan pengoperasian Debian. Dimulai dari sistem file GNU/Linux, teknik instalasi Debian dari berbagai sumber dan kondisi. Dilanjutkan dengan teknik menggunakan shell, atau istilahnya mode  teks seperti DOS, Maupun berbagai teknik yang penting bagi administrator Linux seperti proses system, expresi regular, stream dan piping, simbolik link, boot loader, run level, cron hingga teknik mengkonfigurasi sistem baik ethernet card, video dsb.

 

Yang menarik dari buku ini, fokus tidak hanya berhenti pada operator atau administrator saja, tapi juga untuk programmer. Fasilitas untuk pemrogram C, shell scripting maupun teknik modifikasi dan instalasi kernel Linux hingga keamanan jaringan yang relatif kompleks diterangkan dalam buku ini.

 

Saya yakin pembaca akan merasakan manfaat yang sangat besar dari keberadaan buku ini terutama bagi mereka yang ingin menggunakan Linux Debian.

Selamat untuk Askari Azikin. Semoga dapat membantu bangsa ini untuk menjadi

lebih baik di masa mendatang.

Jakarta, April 2004

Onno W. Purboyo


Posted by 0 Responses
     

Leave a Reply to this Post

May
19
2012
 
 
ujiansma.com Search form
DUKUNG GERAKAN LULUS UAN 100% Yang GAG DUKUNG berarti GAG PENGEN LULUS!!!



Recently Active Users
admin