Contoh Paragraf Deskriptif | ujiansma.com

Kamu Berada di:
Home » Bahasa » Contoh Paragraf Deskriptif

Contoh Paragraf Deskriptif

 

493d16b70e9024d8d9c325d06e10a568

Mungkin sebagian besar dari anda sudah tidak asing lagi dengan contoh paragraf deskriptif ini. Hal ini karena materi mengenai contoh paragraf deskriptif ini telah anda pelajari, baik di bangku sekolah ataupun di bangku kuliah anda.

Sebenarnya, mata pelajaran yang mengkaji contoh paragraf deskriptif ini secara khusus adalah bahasa Indonesia. Tentunya bukan lagi mata pelajaran baru bagi kita semua. Meskipun merupakan bahasa sehari hari yang kita gunakan, namun tidak semua orang mampu menulis bahasa Indonesia dengan baik.

Terutama pada generasi muda sekarang ini. Mungkin hal ini disebabkan oleh begitu derasnya arus informasi yang masuk ke Negara kita tanpa disaring terlebih dahulu, sehingga banyak anak muda yang menganggap bahwa bahasa Inggris atau bahasa asing lainnya lebih terkesan keren dan menarik.

Padahal, bahasa merupakan jati diri dari bangsa itu sendiri. Jika bukan kita yang menggunakan bahasa Indonesia, siapa lagi ? Terlepas dari itu semua, secara umum kata deskripsi sendiri berasal dari bahasa latin, yaitu discribere yang berarti gambaran, perincian atau pembeberan.

Sedangkan deskripsi sendiri merupakan suatu jenis karangan yang menggambarkan suatu objek berdasarkan hasil pengamatan, perasaan dan pengalaman penulis, sehingga seolah olah pembaca bisa melihat, merasakan dan mengalami sendiri objek yang dilukiskan tersebut.

Mungkin kelihatannya cukup sederhana, namun sebenarnya semakin kompleks hal yang akan kita gambarkan jika kita ingin pembaca benar benar merasakan sensasi tersebut. Tujuan dari penulisan paragraf deskriptif ini sendiri adalah untuk membuat pembaca memperoleh kesan atau citra yang sesuai dengan apa yang dirasakan oleh penulis.

Untuk mencapai kesan yang sempurna, penulis perlu merincikan objek dengan kesan, fakta dan citraan. Deskripsi sendiri merupakan salah satu teknik menulis yang menggunakan detail dengan tujuan membuat pembaca seakan akan berada di tempat kejadian, ikut merasakan, mengalami, melihat dan mendengar peristiwa atau adegan.

Melalui tulisan deskripsi ini, karakter yang digambarkan oleh penulis bisa berkesan hidup di pandangan pembaca. Perlu anda ingat juga bahwa sebuah objek yang dideskripsikan tidak hanya terbatas pada objek yang bisa dilihat, didengar atau dirasakan saja.

Namun, objek deskripsi juga bisa berupa perasaan hati, misalnya rasa cemas, rasa takut, rasa jijik, rasa kasih, rasa cinta, rasa haru dan lainnya. Oleh karena itu, penulis deskripsi yang baik harus aktif dan mempunyai indera yang peka.

Pada dasarnya, paragraf deskripsi juga tidak bisa berdiri sendiri, melainkan hanya sebagai alat bantu dalam sebuah karanga. Dalam paparan atau eksposisi, deskripsi berperan untuk menghidupkan pokok pembicaraan, menghindari kebosanan, dan menambah kejelasan.

Sementara dalam sebuah karya narasi, deskripsi berperan untuk menghidupkan cerita dan dalam karya yang berbentuk argumentative, deskripsi digunakan untuk meyakinkan pembaca. Untuk lebih jelas, akan disajikan contoh paragraf deskriptif berikut ini.

  • Deskriptif imajinatif

 

Merupakan paragraf yang melukiskan ruang atau tempat berlangsungnya suatu peristiwa atau kejadian. Penulisan paragraf ini sendiri harus dilihat dari berbagai segi dan aspek agar ruang tersebut tergambar dengan jelas dalam pikiran pembaca.

Sebagai contonhnya, malam gelap gulita di sungai Seine, Paris. Pemandangannya begitu indah dan diiringi dengan hiruk piruk kota Paris yang tidak pernah tidur. Namun, pemandangan seperti ini tidak akan bosan jika dilihat berlama lama.

Mungkin mobil mobil yang lalu lalang itu tidak akan berhenti sampai pagi. Semua kendaraan tersebut terlihat saling mendahului satu sama lainnya. Tanpa tersadar hari sudah menjelang pagi dan matahari terbit terasa begitu menyilaukan mata.

  • Deskriptif factual

 

Merupakan paragraf yang menggambarkan suatu hal atau orang dengan mengungkapkan identitasnya secara apa adanya, sehingga pembaca bisa membayangkan seperti apa objek yang ingin digambarkan oleh penulis.

Agar suatu objek mampu membangkitkan daya khayal pada pembaca, maka penulis harus menuliskannya dari berbagai sudut pandang. Sebagai contohnya, di sudut dekat pintu duduk seorang pria yang bernama Matthew.

Ia memakai kaos pendek dan celana olahraga pendek yang berwarna hijau serasi. Dengan membaca hal ini, pembaca bisa mengetahui seperti apa Matthew yang digambarkan oleh penulis.

Inilah sekilas mengenai contoh paragraf deskriptif. Semoga bermanfaat


Posted by 0 Responses
     

Comments are closed.

May
17
2013
 
 
ujiansma.com Search form
DUKUNG GERAKAN LULUS UAN 100% Yang GAG DUKUNG berarti GAG PENGEN LULUS!!!



Recently Active Users
admin