Dampak Perubahan Sosial | ujiansma.com

Kamu Berada di:
Home » Pembelajaran » Dampak Perubahan Sosial

Dampak Perubahan Sosial

 

            Sebuah perubahan pasti memberikan dampak bagi kehidupan baik itu dampaknegatif atau positif serta baik itu perubahan bagi diri sendiri atau diikuti oleh lingkungan anda. Perubahan social seperti yang anda tau merupakan perubahan masyarakat ataupun perubahan lembaga lembaga social masyarakat. Pasti dengan adanya perubahan ini memiliki dampak bagi kita. Dampak perubahan social akan tampak dari masyarakat yang mengalami perubahan tersebut.

Berikut merupakan Dampak perubahan socialyang terjadi di masyarakat :

  • Integrasi social

Jika terjadi perubahan sosial di masyarakat perlu diikuti penyesuaian terhadap hal tersebut dimana penyesuaian terjadi baik pada unsur masyarakat maupun unsur baru. Dimana penyesuaian ini sering disebut sebagai integrasi sosial.

Maka jika ada intergarasi social maka itu merupakan Dampak perubahan social. unsur yang saling berbeda dapat saling menyesuaikan diri itu merupakan intergrasi sosial.

  • Disintegrasi social

Selain intergrasi sebagai Dampak perubahan social maka adapula Disintegrasi dimana hal ini sering diartikan sebagai sebuah proses pemecahan suatu kesatuan menjadi bagian – bagian kecil yang terpisah satu sama lainnya maka disintegrasi sosial terjadinya pemecahan suatu kelompok sosial menjadi beberapa unit sosial yang terpisah satu sama lain.

Jika terjadi disitergrasi social maka akan terjadi pula Pergolakan di daerah daerah yang mengalami perubahan social diman Pergolakan daerah adalah peristiwa disintegrasi yang mempermasalahkan isu local atau isu daerah.

Pergolakan daerah ini dapat berupa tuntutan sekelompok massa kepada kelompok lain termasuk the rulling class (penguasa) sehingga menimbulkan dampak konflik yang jika di biarkan akan berkepanjangan. timbulnya pergolakan daerah ini terjadi karena :

  1. Sentimen kedaerahan dan primordialisme yang lebih berkembang dari pada sentimen nasionalisme.
  2. Sentralisasi atau pemusatan kehidupan ekonomi dan politik yang mengakibatkan perbedaan pertumbuhan yang tajam antara bagian pusat dan daerah.
  3. Program pembangunan yang dilaksanakan tidak memperhatikan kondisi dimana akan terjadi pertentang jika pembangunan dilakukan namun keadaan sosial budaya masyarakat setempat tidak di perhatikan
  4. Tidak adanya atau Kurangnya fungsi lembaga masyarakat
  5. Adanya ketidakstabilan situasi politik dan keamanan nasional pada suatu Negara
  6. Sarana – sarana komunikasi dan interaksi sosial antar daerah di berbagai bidang tidak berjalan dengan baik maka terjadi miss communication
  7. Akan terjadinya kesenjangan sosial ekonomi di masyarakat.

Pergolakan daerah tersebut dapat diminimalisir dengan cara :

  1. Para petinggi menyusun perencanaan pembangunan yang mengarah pada peningkatan kualitas hidup masyarakat secara umumnya dan meminimalkan konflik yang teah timbul
  2. Lembaga social haruslah difungsikan secara optimal sehingga masyarakat dapat mendapatkan informasi atau penyuluhan sebagai kontrol sosial.
  3. mengefektifkan sarana komunikasi, interaksi atau kerjasama agar tidak terjadi miss communication
  4. Berbagai pihak yang ada dalam masyarakat diajak berkerja sama dalam kelangsungan proses pembangunan yang tengah terjadi

Sebenarnya perubahan sosial sering ditandai dengan perubahan unsur kebudayaan yang ada dalam masyarakat tersebut, tanpa diimbangi perubahan unsur kebudayaan lain yang saling terkait. Maka perubahan bentuk akibat Dampak perubahan social tersebut dapat berupa :

  1.  Anomie

Sebuah keadaan kritis dalam masyarakat akibat Dampak perubahan social dimana norma atau nilai lama memudar namun norma atau nilai baru yang akan menggantikan belum terbentuk.

  1. Cultural lag

perbedaan taraf kemajuan antara berbagai bagian dalam kebudayaan, atau ketertinggalan antara unsur kebudayaan material dengan non material inilah yang disebut cultural lag terjadi akibat :

  1. Kurangnya intetiviteit (penemuan baru)

Dimana penemuan baru dalam sebuah tempat  harus menyesuaikan dengan perkembangan sosial.

  1. Adanya hambatan terhadap perkembangan masyarakat
  2. Dampak perubahan social culuture lag berikutnya akibat adanya heterogenitas atau keberagaman sikap masyarakat dalam menerima perubahan
  3. kurangnya pengetahuan atau hubungan dengan budaya material masyarakat lain
  4. Mestizo culture

Jika terjadi proses percampuran unsur kebudayaan yang satu dengan unsur kebudayaan lain yang memiliki warna dan sifat yang berbeda satu sama lainnya maka itulah yang disebut dengan budaya campuran (budaya baru) atau mestizo culture.

Banyak Dampak perubahan social bagi ehidupan kita maka sebagai orang yang menginginkan perubahan harusnya mampu mengatasinya


Posted by 0 Responses
     

Leave a Reply to this Post

Feb
7
2013
 
 
ujiansma.com Search form
DUKUNG GERAKAN LULUS UAN 100% Yang GAG DUKUNG berarti GAG PENGEN LULUS!!!



Recently Active Users
admin