Definisi Tanah Bagi Kehidupan Manusia | ujiansma.com

Kamu Berada di:
Home » IPA » Definisi Tanah Bagi Kehidupan Manusia

Definisi Tanah Bagi Kehidupan Manusia

 

Definisi Tanah Bagi Kehidupan Manusia

Apakah itu tanah? Sebagian orang awam akan berkata bahwa tanah itu adalah tempat kita berpijak, tempat untuk membangun bangunan, dan lain – lain. Tanah dalam artian tersebut tidaklah salah namun, pengertian tanah yang lebih tepatnya adalah lapisan kulit bumi yang tipis yang terletak paling atas dari permukaan bumi. Lalu apa definisi tanah bagi kehidupan manusia? Definisi tanah bagi kehidupan manusia adalah lahan yang dapat di olah atau di ubah demi kelangsungan hidup manusia. Jadi tanah sangat bermanfaat bagi kehidupan manusia, karena tanah adalah tempat di mana kita bercocok tanam, membangun gedung, dan lain – lain.

Fungsi – fungsi dari tanah yang sangat berguna bagi kehidupan dibumi ini, khususnya bagi kehidupan manusia adalah :

  • Penyedia unsur hara dan air bagi makhluk hidup

Di dalam tanah, terdapat unsur – unsur hara yang di perlukan manusia dalam bercocok tanam, begitu pula dengan air yang ada di dalam tanah. Selain itu, air tanah dapat di pakai sebagai air minum.

  • Sebagai penopang bangunan maupun akar pohon

Tanah sangat berfungsi sebagai penopang bangunan dan akar pohon. Karena adanya tanah, maka bangunan maupun pohon dapat berdiri dengan tegak.

  • Sebagai tempat tinggal mikroorganisme maupun jasad renik

Anda pasti tahu apa fungsi dari mikroorganisme dan jasad renik. Jika tidak ada mereka di dunia ini, pastinya dunia ini akan penuh dengan bangkai maupun sampah yang busuk. Jadi mikroorganisme dan jasad renik berfungsi sebagai pengurai bangkai binatang atau pun sampah daun – daun tumbuhan.

  • Sebagai lahan pengolahan bagi kelangsungan hidup manusia

Fungsi tanah bagi manusia adalah sebagai lahan yang dapat dimanfaatkan demi kelangsungan hidup manusia. Tanah dapat di buat menjadi lahan pertanian, ataupun lahan pemukiman.

Ilmu Tanah

Karena fungsi tanah yang sangat berlimpah bagi kehidupan, maka dari itu kita perlu mempelajari nya dan memanfaatkan tanah seefisien dan semaksimal mungkin. Dan dalam mempelajari tanah maka kita mengenal yang namanya ilmu tanah. Ilmu tanah adalah cabang ilmu yang mempelajari secara mendalam aspek dari tanah, serta jenis – jenis dan fungsi dari tanah. Di ilmu tanah, kita akan mempelajari bagaimana tanah itu terbentuk, jenis – jenis tanah yang ada, kegunaan dari masing – masing jenis tanah, tingkat kesuburan dari tanah tersebut, serta karakteristik dari tanah tersebut.

Dengan mengetahui dasar dari suatu tanah, kita akan dapat mengetahui cara terbaik dalam mengolah tanah tersebut. Oleh karenanya, kita dapat memanfaatkan tanah semaksimal mungkin tanpa memberikan efek yang buruk pada tanah tersebut.

Adakah yang tahu bagaimana tanah terbentuk? Tanah terbentuk dari pelapukan batuan induk yang dapat terjadi karena faktor dari dalam contohnya mikroorganisme, ataupun faktor dari luar contohnya suhu, hujan, maupun sinar matahari. Tanah yang ada di masa sekarang ini, kebanyakan berasal dari masa Pleistosen, sekitar 1,808 juta sampai 11.500 juta tahun yang lalu. Dan cabang dari ilmu tanah yang mempelajari terbentuknya tanah adalah Pedogenesis.

Dalam mempelajari ilmu tanah, ada dua cabang ilmu yang dapat di pelajari, yaitu :

  • Pedologi

Pedologi adalah cabang ilmu tanah yang mempelajari geologi dari tanah. Dalam cabang ilmu ini, yang di pelajari adalah klasifikasi dari tanah, proses dari pembentukan tanah tersebut, serta tekstur ataupun bentuk dari tanah tersebut.

  • Edafologi

Edafologi ini adalah cabang ilmu yang sangat berguna dalam memanfaatkan suatu lahan tanah. Edafologi adalah cabang ilmu tanah yang mempelajari mengenai kesuburan dari suatu tanah serta manfaat yang dapat di berikan bagi kehidupan makhluk hidup.

Dalam mempelajari ilmu tanah, banyak juga ilmu yang harus di pahami. Ilmu – ilmu tersebut antara lain :

  • Geologi

Secara umum, geologi adalah ilmu pengetahuan yang mempelajari tentang bumi dan yang berhubungan dengan bumi dimana kita berada. Pada geologi, dipelajari bagaimana bumi itu berasal, komposisi dari bumi, serta alam yang ada di dalamnya.

  • Ekologi

Anda pasti pernah mendengar kata ekologi. Ekologi adalah kata yang sering di pakai saat mempelajari mengenai hubungan antara alam dengan makhluk hidup. Jadi ekologi adalah ilmu yang mempelajari hubungan antara makhluk hidup dengan lingkungannya.

  • Agronomi

Sesuai dengan namanya, agronomi adalah ilmu yang berhubungan dengan pertanian. Dalam agronomi ini, akan dipelajari mengenai tanaman – tanaman untuk bercocok tanam, tempat dimana tanaman itu dapat ditanam, dan lain – lain.

Dengan mempelajari ilmu tanah ini, maka kita dapat mengetahui definisi tanah bagi kehidupan manusia dengan lebih maksimal. Oleh karenanya, kita harus memanfaatkan tanah yang ada di bumi ini dengan sebaik mungkin tanpa mengakibatkan kerusakan yang sangat fatal.


Posted by 0 Responses
     

Leave a Reply to this Post

Jul
12
2012
 
 
ujiansma.com Search form
DUKUNG GERAKAN LULUS UAN 100% Yang GAG DUKUNG berarti GAG PENGEN LULUS!!!



Recently Active Users
admin