Drama di Berbagai Negara | ujiansma.com

Kamu Berada di:
Home » Bahasa » Drama di Berbagai Negara

Drama di Berbagai Negara

 

Drama Logo

Tentunya anda udah tidak asing lagi dengan istilah drama ini. Mungkin sebagian besar di antara anda menjadikan drama sebagai salah satu acara favorit anda. hal tersebut mungkin saja terjadi, mengingat sekarang ini drama korea begitu populer di Negara kita.

Menonton sebuah drama memang menyenangkan, namun tahukah anda dari mana drama itu berasal ? Atau apa itu drama dan apa saja yang bisa dikatakan sebagai drama ? Tentunya kita jangan hanya menonton saja, melainkan juga memahami apa itu drama.

Sebenarnya, materi mengenai drama ini sendiri telah dibahas secara khusus, khususnya dalam pelajaran bahasa Indonesia. Dalam pelajaran ini mungkin anda juga pernah mendapatkan tugas untuk menulis atau memainkan drama.

Sebagian dari anda mungkin menyukai tugas ini, namun pasti ada juga yang tidak menyukai tugas ini. Namun, anda tahu dengan pasti bahwa anda tetap harus mengerjakannya. Sebelum menulis atau memainkan sebuah drama, tentunya anda harus tahu apa itu drama.

Dalam bahasa Yunani sendiri, drama diartikan sebagai aksi atau perbuatan. Oleh karena itu, sekarang ini secara umum drama disebut sebagai salah satu bentuk karya sastra yang memiliki bagian untuk diperankan oleh actor.

Drama ini bisa diwujudkan dalam berbagai media, misalnya di atas panggung, dalam bentuk film atau melalui media seperti televisi. Sekarang ini, kita sudah banyak menjumpai drama yang mengkombinasikan seni music dan tarian di dalamnya, dalam hal ini kita menyebutnya sebagai melodrama.

Biasanya, drama ini dilambangkan dengan dua topeng, dimana terdapat topeng berwarna putih yang memiliki ekspresi tertawa, sedangkan satunya lagi adalah topeng hitam yang mempunyai ekspresi yang sedih.

Sebenarnya, lambang tersebut berasal dari Yunani Kuno, dimana topeng putih merupakan Thalia yang melambangkan kegembiraan atau comedy dan topeng hitam adalah Melpomene yang melambangkan tragedi.

Untuk lebih jelas mengenai drama, simaklah uraian yang akan disajikan berikut ini.

 1.      Sejarah drama

Sebenarnya, drama ini mempunyai sejarah yang panjang dan dimulai dari drama klasik di Yunani kuno. Drama yang ada di Yunani kuno ini terdiri dari 3 genre, yaitu tragedi, komedi dan satire. Setelah itu, drama berkembang hingga ke jaman Romawi yang menyerap budaya Yunani.

Setelah itu, drama memasuki jaman pertengahan dimana sudah tersebar di Eropa. Drama seperti drama misteri biasanya dimainkan di gereja atau para hari tertentu. Berbagai keajaiban, misteri dan moralitas kemudian berkolaborasi menjadi sebuah drama.

Di inggris sendiri, drama yang paling terkenal adalah Elizabeth dan Jacobean yang dimainkan pada abad ke 16 dan 17. Setelah itu, drama mulai berkembang menjadi apa yang kita sebut sebagai drama musical.

 2.      Drama di berbagai Negara

 

Sebenarnya, banyak sekali drama yang tersebar di berbagai Negara. Dengan kata lain, setiap Negara mempunyai pandangan yang berbeda terhadap drama. Adapun pandangan berbagai Negara mengenai drama, yaitu :

  • India

 

Di India sendiri, jenis drama yang populer adalah Sanskrit drama yang dimulai setelah drama Yunani dan Romawi berkembang. Ketika agama Islam masuk ke India, teater atau drama tidak diijinkan untuk bermain sama sekali.

Setelah itu, setelah menimbang berbagai faktor, seperti nilai, ide dan lainnya drama mulai dimainkan kembali. Teater India modern sendiri berkembang ketika masa penjajahan yang dilakukan oleh bangsa Inggris pada pertengahan abad ke 19.

  • China

 

Pada umumnya, sejarah mengenai drama dan teater di China sendiri mempunyai sejarah yang sangat panjang dan kompleks. Sekarang ini, drama di China lebih dikenal dengan nama opera China yang sebenarnya berasal dari opera Beijing atau Kunqu.

  • Jepang

 

Di Jepang sendiri, jenis drama yang terkenal adalah No drama yang bentuknya benar benar dramatis, dimana menggabungkan drama, music dan tarian ke dalam satu pertunjukkan. Drama ini berkembang pada abad ke 14 dan 15 dimana permainan music biasanya diwariskan dari ayah ke anaknya.

No drama ini sendiri sangat didukung oleh pemerintah dan kalangan militer dan sampai sekarang ini masih dipertunjukkan di Jepang.

Inilah sekilas mengenai drama. Semoga bermanfaat


Posted by Tags: 0 Responses
     

Comments are closed.

May
27
2013
 
 
ujiansma.com Search form
DUKUNG GERAKAN LULUS UAN 100% Yang GAG DUKUNG berarti GAG PENGEN LULUS!!!



Recently Active Users
admin