ujiansma.com

Portal pendidikan no 1

Menu

Employee Empowerment Mindset

September 18, 2015 | kewirausahaan

5ac5991fb4fc65bf9b275984af7547c8

Employee Empowerment Mindset

Istilah employee empowerment mindset mungkin lebih kita kenal dengan sebutan pemberdayaan karyawan. Namun, pernakah terlintas di dalam benak anda, apakah employee empowerment mindset ini benar-benar diperlukan dalam sebuah perusahaan ?

Karyawan adalah Asset Perusahaan, tanpa karyawan operasi perusahaan tidak mungkin berjalan, maka selayaknyalah karyawan menempati prioritas utama dalam perusahaan. Teknologi yang digunakan oleh masyarakat menuntut kualitas pekerja tertentu untuk dapat mengoperasikan teknologi tersebut secara efektif.

Pada gilirannya, tipe pekerja menentukan cara pengelolaan yang mampu menjadikan pekerja tersebut memanfaatkan secara optimum kompetensi mereka dalam mengoperasikan teknologi tersebut untuk menghasilkan value bagi customers.

Pemberdayaan karyawan dilakukan di dalam organisasi perusahaan  dengan fokus ke penambahan value added bagi customers. Untuk kepuasan cutomer-lah pada dasarnya pemberdayaan kayawan ditujukan.

Pergeseran teknologi yang digunakan oleh masyarakat merupakan pemicu timbulnya kebutuhan untuk memberdayakan karyawan, agar seluruh sumberdaya yang dikuasai oleh organisasi dapat dimanfaatkan secara produktif di dalam menghasilkan produk dan jasa bagi customer.

Sejak pertengahan abad ke dua puluh, masyarakat mulai meninggalkan hard automation ke smart technology di dalam memenuhi kebutuhan produk dan jasa. Menurut sifat dasarnya, smart technology hanya produktif di tangan knowledge workers.

Smart technology hanya dapt dioperasikan oleh pekerja yang menguasai perangkat lunak yang digunakan untuk menjalankan perangkat keras. Namun penguasaan perangkat lunak belum juga memadai, pekerja harus menguasi pengetahuan untuk menciptakan produk dan jasa melalui smart tecnology tersebut.

Karakteristik smart technology yang menuntut pemekerjaan knowledge workers agar produktif  tersebut memerlukan pemberdayaan karyawan sebagai pendekatan pengelolaan sumber daya manusia yang pas dengan teknologi tersebut.

Pendekatan pemberdayaan karyawan akan memberikan keleluasaan bagi knowledge workers dalam memanfaatkan pengetahuaannya untuk menciptakan produk dan jasa yang mampu menghasilkan value bagi customer.

Di samping itu, pemberdayaan karyawan memberikan keleluasaan kepaada knowledge workers untuk akses ke pusat informasi perusahaan, sehingga memampukan nmereka mengambil keputusan dalam merespon dengan cepat perubahan kebutuhan customers.


Related For Employee Empowerment Mindset