ujiansma.com

Portal pendidikan no 1

Menu

Etika Deskriptif dan Etika Normatif

October 3, 2015 | IPS

polite_preschoolers

Etika Deskriptif dan Etika Normatif

Mungkin anda sudah sering sekali mendengar apa itu nilai dasar. Nilai dasar ini sendiri biasanya juga dikaitkan dengan nilai instrumental yang berlaku dalam kehidupan social. Akan tetapi, masih banyak di antara kita yang tidak mengetahui apa itu nilai dasar.

Nilai memuat elemen pertimbangan yang membawa ide-ide seorang individu mengenai hal-hal yang benar, baik, atau diinginkan. Sebelum kita membahas lebih jauh tentang apa itu nilai dasar dan nilai instrumental, sebaiknya kita bahas apa itu moral dan etika, karena kedua istilah tersebut sangat berkaitan erat dengan apa itu nilai dasar.

Etika berasal dari Bahasa Yunani yaitu ethos yang berarti kebiasaan, Selain etika, dikenal juga Moral atau Moralitas yang dari bahasa Latin yaitu mos yang juga berarti kebiasaan.

Pengertian etika adalah suatu pemikiran kritis dan mendasar tentang ajaran-ajaran dan pandangan-pandangan moral yang membahas tentang bagaimana dan mengapa kita mengikuti suatu ajaran tertentu atau bagaimana kita bersikap dan bertanggung jawab dengan berbagai ajaran moral.

Sedangkan Moral adalah ajaran tentang hal yang baik dan buruk, yang menyangkut tingkah laku dan perbuatan manusia. Fungsi etika dibedakan menjadi dua yaitu : Sebagai subjek tujuannya Untuk menilai apakah tindakan-tindakan yang telah dikerjakan itu salah atau benar, buruk atau baik dan sebagai Objek adalah menunjukkan cara melakukan sesuatu (moral).

Seperti yang kita ketahui, Etika dibagi menjadi dua jenis yaitu etika deskriptif dan etika Normatif. Etika Deskriptif adalah Etika yang menyoroti secara rasional (Masuk Akal) dan kritis tentang apa yang diharapkan manusia mengenai sesuatu yang bernilai dan Etika Normatif adalah Etika yang berisi norma-norma yang menuntun tingkah laku manusia dalam kehidupan sehari-hari.

Pembahasan mengenai Etika dan Moral ini tidak bisa lepas dari Norma-Norma yang sudah berlaku dalam masyarakat. Adapun pengertian Norma yaitu Etika yang mengenai norma-norma yang menuntun tingkah laku manusia dalam kehidupan sehari-hari. Macam-Macam Norma tersebut seperti : Norma Agama, Norma Kesusilaan, Norma Kesopanan, Norma Adat, dan Norma Hukum.


Related For Etika Deskriptif dan Etika Normatif