Faktor-faktor Penyebab Kelangkaan | ujiansma.com

Kamu Berada di:
Home » Pembelajaran » Faktor-faktor Penyebab Kelangkaan

Faktor-faktor Penyebab Kelangkaan

 

Kelangkaan tentunya bukan lagi hal asing yang kita dengar bukan ? Istilah ini sering kali diterapkan pada penggunaan barang atau jasa. Kelangkaan di dalam kajian bidang studi ekonomi merupakan permasalahan ekonomi yang sampai sekarang ini belum bisa dipecahkan.

Seperti yang pernah kita pelajari sebelumnya bahwa di dalam ekonomi itu sendiri terdapat dua teori, baik yang klasik ataupun yang modern. Akan tetapi, keduanya sama-sama mengkaji mengenai masalah kelangkaan sebagai masalah ekonominya.

Kelangkaan ini sendiri jika diartikan secara harafiah merupakan sebuah kondisi dimana manusia tidak lagi mempunyai cukup sumber daya, baik alam atau manusia untuk memenuhi kebutuhan, keinginan ataupun hasratnya.

Secara singkat bisa dikatakan bahwa kelangkaan terjadi karena jumlah kebutuhan manusia lebih besar dari pada jumlah barang atau jasa yang tersedia. Namun, bukan berarti kelangkaan itu adalah segala sesuatunya akan sangat sulit atau tidak bisa diperoleh sama sekali.

Kelangkaan ini sendiri juga mengandung makna bahwa alat yang digunakan untuk memuaskan hasrat manusia atau kebutuhan manusia jumlahnya tidak seimbang dengan kebutuhan yang harus dipenuhi oleh manusia itu sendiri.

Jadi, dengan kata lain kelangkaan ini mengandung dua pengertian, yaitu alat pemenuhan kebutuhan yang tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan manusia itu sendiri dan untuk mendapatkan alat pemuas tersebut, manusia membutuhkan pengorbanan lainnya.

Masalah kelangkaan yang pada umumnya sering kita hadapi adalah masalah bagaimana seseorang dapat memenuhi kebutuhannya yang banyak dan beraneka ragam tersebut dengan alat pemuas yang sangat terbatas.

Dalam menghadapi masalah kelangkaan ini, ilmu ekonomi pada dasarnya mempunyai peranan yang sangat penting karena masalah ekonomi itu sendiri sebenarnya adalah bagaimana kita mampu menyeimbangkan antara keinginan manusia yang tidak terbatas dengan alat pemuas yang jumlahnya terbatas.

Apabila suatu sumber daya, baik itu manusia atau alam bisa digunakan untuk menghasilkan suatu alat pemuas kebutuhan dalam jumlah yang tidak terbatas, maka sumber daya tersebut bisa dikatakan tidak mengalami kelangkaan.

Namun, tidak banyak alat pemuas yang bisa seperti itu. Kebanyakan di antara mereka sangatlah terbatas jumlahnya. Hanya beberapa saja yang tidak, misalnya cahaya matahari atau oksigen yang memang pada dasarnya telah disediakan oleh alam semesta.

Perlu anda ingat satu hal bahwa pada dasarnya kelangkaan ini tidak terjadi begitu saja, melainkan karena ada faktor-faktor penyebab kelangkaan. Penasaran dengan faktor-faktor penyebab kelangkaan ? Simaklah uraian yang akan disajikan berikut ini.

  • Faktor internal

 

Pada dasarnya, kelangkaan ini sendiri disebabkan oleh manusia itu sendiri. Salah satu faktor-faktor penyebab kelangkaan adalah faktor yang berasal dari dalam diri manusia itu sendiri. Faktor internal yang menyebabkan terjadinya kelangkaan di antaranya adalah :

-          Sifat tamak atau serakah pada manusia. Pada dasarnya, manusia memang merupakan makhluk yang sangat serakah dan suka menimbun kekayaan sebanyak-banyaknya tanpa memikirkan kepentingan orang banyak.

-          Sifat yang tidak pernah puas yang memang sudah menjadi sifat bawaan manusia sejak lahir. Manusia selalu menginginkan sesuatu yang lebih dari yang sudah dimilikinya

-          Ketidakmampuan manusia dalam menguasai teknologi yang menyebabkan produksi alat pemuas menjadi sangat terbatas dan tidak mampu mencukupi hasrat manusia yang begitu besar dan tidak terbatas

-          Kebtuhan manusia yang terus meningkat karena perkembangan teknologi yang semakin canggih membuat kebutuhan manusia semakin kompleks

-          Pertambahan penduduk yang terus meningkat dan tidak didasari dengan pertambahan alat pemuas, sehingga terjadi kelangkaan.

  • Faktor eksternal

 

Ada juga beberapa faktor yang berasal dari luar diri manusia yang merupakan faktor-faktor penyebab kelangkaan, yaitu :

-          Bencana alam yang menghancurkan segala sesuatu yang pernah dibangun oleh manusia dan memang merupakan faktor yang berada di luar kendali manusia

-          Perang yang menyebabkan sejumlah produksi terhenti karena ada kebutuhan perang yang lebih mendesak

-          Wabah penyakit yang pada dasarnya disebabkan oleh manusia sendiri, namun faktor yang satu ini juga berada di luar kendali manusia

-          Perbedaan letak geografis, dimana setiap sumber daya tersebar ke segala penjuru dunia.

Inilah sekilas mengenai faktor-faktor penyebab kelangkaan. Semoga bermanfaat


Posted by 0 Responses
     

Leave a Reply to this Post

Mar
16
2013
 
 
ujiansma.com Search form
DUKUNG GERAKAN LULUS UAN 100% Yang GAG DUKUNG berarti GAG PENGEN LULUS!!!



Recently Active Users
admin