Faktor Faktor untuk mencapai Integrasi Sosial dalam Masyarakat | ujiansma.com

Kamu Berada di:
Home » Pembelajaran » Faktor Faktor untuk mencapai Integrasi Sosial dalam Masyarakat

Faktor Faktor untuk mencapai Integrasi Sosial dalam Masyarakat

 

                Sebuah tujuanakan mendatangkan kepuasan tersendiri jika di lakukan dengan cara yang benar maka sebuah intergrasi akan tercapai jika factor factor yang  dilakukan sesuai dengan hal tersebut. Berbagai macam macam macam factor factor untuk mencapai intergrasi social dalam masyarakat penting untuk di ketahui sebab kita dapat mengetahui pencapaian intergrasi yang baik jika kita mampu untuk memahami factor tersebut.

            factor factor untuk mencapai intergrasi social dalam masyarakat adalah hal yang menjadi paktokan untuk membuat sebuah masyarakat menjadi terintergrasi maka Integrasi sosial dalam masyarakat dapat dicapai apabila unsure – unsur sosial saling berinteraksi  satu sama lainnya dengan seimbang. Selain itu norma – norma sosial dan adat istiadat yang baik turut menjadi penunjang untuk mencapai integrasi sosial tersebut. Hal ini dikarenakan norma-norma sosial dan adat istiadat merupakan unsur yang mengatur perilaku dengan mengadakan tuntutan mengenai bagaimana orang harus bertingkah laku secara baik dimana sebuah aturan di berikan agar kita menjadi patuh dan menjadi pribadiyang lebih baik lagi.

Namun demikian agar tercapainya tujuan kita untuk integrasi sosial dalam masyarakat  maka memerlukan pengorbanan, baik pengorbanan perasaan, maupun pengrobanan materil pada setiaporang. Dasar dari pengorbanan adalah langkah penyesuaian antara perbedaan perasaan, keinginan, ukuran dan penilaian di dalam masyarakat tersebut  harus kita sesuaikan jangan hanya memntingkan kepentingan maupun perasaan sendiri.  Maka dari itu norma sosial sebagai acuan bertindak dan berprilaku dalam masyarakat akan memberikan pedoman untuk seorang bagaimana bersosialisasi dalam masyarakat secara benar dan sesuai dengan aturan tersebut.

factor factor untuk mencapai intergrasi social dalam masyarakat ada 2 macam yaitu sebagai berikut ini :

  • Faktor internal

Factor internal merupakan factor factor untuk mencapai intergrasi social dalam masyarakat yang berasal dari diri sendiri selaku individu dimana perlu adanya kesadaran diri sebagai makhluk sosial, tuntutan kebutuhan, dan semangat gotong royong yang tinggi sehingga kita akan mempu berintergrasi dengan orang lain sebab jiwa social sudah terbentuk  dalam hati serta hidup kita.

  • Faktor eksternal

factor factor untuk mencapai intergrasi social dalam masyarakat yang ke 3 yaitu adanya factor eksternal yaitu factor dari luar dimana itu berupa tuntutan perkembangan zaman, persamaan kebudayaan, terbukanya kesempatan berpartisipasi dalam kehidupan bersama, persaman visi, misi, dan tujuan, sikap toleransi, adanya kosensus nilai, dan adanya tantangan dari luar maka semua itu termasuk dalam factor eksternal yang merupakan factor factor untuk mencapai intergrasi social dalam masyarakat.

Maka setelah kita mengettahui mengenai factor factor untuk mencapai intergrasi social dalam masyarakat maka perlu kita tahu syarat syarat berhasilnya sebuah intergrasi social yaitu :

  • Untuk meningkatkan integrasi sosial, maka tanamkan pada diri masing – masing bahwa   harus mampu mengendalikan perbedaan atau konflik yang ada pada suatu kekuatan bangsa dan bukan sebaliknya malah membiarkan
  • setiap warga masyarakat harus punya perasaan merasa saling dapat mengisi kebutuhan antara satu dengan yang lainnya bukan malah merasa senang jika orang lain kesusahan. Jika dalam masyarakat tercipta keharmonisan dan saling memahami antara satu sama lain, maka konflik pun dapat dihindarkan.
  • Mengedepankan identitas bersama jangan mengedepankan indentitas sendiri seperti sistem budaya yang berasaskan nilai – nilai Pancasila dan UUD 1945
  • Menerapkan sistem sosial yang bersifat kolektiva sosial dalam masyarakat dalam segala bidang sehingga lebih selaras serta merata
  • Membiasakan sistem kepribadian yang terintegrasi dimana dapat di wujudkan dengan mengerjakan nilai – nilai sosial kemasyarakatan yang terwujud dalam pola – pola penglihatan (persepsi), perasaan (cathexis), sehingga pola – pola penilaian yang berbeda dapat disamakan sebagai pola-pola keindonesiaan tanpa harus memaksa menyamakannya sebab keserasian akan penting
  • Mendasarkan diri atauhidup dengan atau pada nasionalime yang tidak diklasifikasikan atas persamaan ras, melainkan identitas kenegaraan yang utuh maka akan terkuranginya konflik

factor factor untuk mencapai intergrasi social dalam masyarakat akan penting guna mendapatkan sebuah intergarsi social kehiduppan yang baik sehingga konflik pun terelakan.


Posted by 0 Responses
     

Leave a Reply to this Post

Feb
7
2013
 
 
ujiansma.com Search form
DUKUNG GERAKAN LULUS UAN 100% Yang GAG DUKUNG berarti GAG PENGEN LULUS!!!



Recently Active Users
admin