ujiansma.com

Portal pendidikan no 1

Menu

Faktor Pemicu Konflik

February 7, 2013 | Pembelajaran

                Manusia pada hakikatnya mempunyai sebuah perbedaan yang mendasar dimana terkadang ada suatu hal yang membuat seseorang tak bisa meneriam sifat orang lain sehingga menyebabkan sebuah kesenjangan yang akan berakhir pada konflik social. Dimana hal ini menjadi salah satu factor pemicu konflik. Faktor pemicu konflik perlu untuk kita ketahui sebab dengan memahami nya kita akan bisa mengatasi pemicu yang membuat konfik timbul antar perorangan, masyarakat maupun sebuah Negara.

            Berikut ini merupakan berbagai Faktor pemicu konflik yaitu :

  • perbedaan individu yang biasa di akibatkan perbedaan pendirian dan perasaan  setiap individu.

setiap manusia itu di fikir fikir merupakan seorang individu yang unik dalam artian setiap orang memiliki pendirian dan perasaan yang berbeda – beda satu sama lainnya. Maka perbedaan pendirian dan perasaan tersebutlah merupakan sesuatu hal atau merupakan sebuah bentuk lingkungan yang nyata yang dapat menjadi Faktor pemicu konflik yang terjadi.

 sebab dalam menjalani hubungan social dengan orang lain, seseorang tidak selalu sejalan dengan kelompoknya  pasti terjadi perbedaan yang mendasari sebuah konflik tersebut sebab manusia punya sifat dan perbedaan masing masing jadi harus difikirkan.

  • perbedaan latar belakang kebudayaan sehingga membentuk seseorang memiliki pribadi – pribadi yang berbeda.

Bagi seorang individu akan terjadi berbagai perubahan sesuai dengan dirinya serta daerahnya maka sedikit banyak seseorang akan terpengaruh dengan pola – pola pemikiran dan pendirian kelompoknya  masing masing. pemikiran dan pendirian yang berbeda itu pada akhirnya akan menghasilkan perbedaan individu yang dapat memicu konflik akibat perbedaan yang membuat seseorang tidak manyukai hal tersebut.

  • perbedaan kepentingan antara individu atau kelompok.

Setiap manusia memiliki perasaan, pendirian maupun latar belakang kebudayaan yang berbeda beda maka dalam waktu yang bersamaan masing – masing orang atau kelompok tersebut memiliki kepentingan yang berbeda – beda pula sehingga tak sejalan pada akhirnya.

  • perubahan-perubahan nilai yang cepat dan mendadak dalam masyarakat.

perubahan adalah sesuatu yang lazim dan wajar terjadidalam hidup serta masyarakat tetapi jika perubahan itu berlangsung cepat atau bahkan mendadak maka perubahan tersebut dapat memicu terjadinya konflik social antar masyarakat.

Setelah mengetahui Faktor pemicu konflik maka berikut 5 macam pendekatan penyelesaian konflik yaitu sebagai berikut :

  • kompetisi

sebuah konflik dapat di lakukan proses penyelesaian konflik dengan menggunakan kompetisi dimana kompetisi ini menggambarkan satu pihak mengalahkan atau mengorbankan yang lain. penyelesaian bentuk kompetisi dikenal dengan istilah win – lose orientation. Sangat baik melakukan kompetisi yang sehat sebab dengan begini seorang yang berkompetisi akan mampu iklas dalam kekalahan

  • akomodasi

Faktor pemicu konflik dapat di selseaikan dengan meakukan akomodasi yang merupakan penyelesaian konflik yang menggambarkan kompetisi bayangan atau berkaca yang memberikan keseluruhan penyelesaian pada pihak lain tanpa ada usaha dari pihak yang bertika untuk memperjuangkan tujuannya sendiri. proses tersebut bisa di berikan contoh seperti taktik perdamaian.

  • Sharing

Seseorang baik untuk bercerita atau istilah sekarang sharing atau curhat dimana ini merupakan suatu pendekatan penyelesaian dengan melakukan kompromistis antara dominasi kelompok dan kelompok damai. satu pihak memberi dan yang lain menerima sesuatu yang di berikan. kedua kelompok tersebut akan berpikiran moderat, tidak lengkap, tetapi memuaskan sehingga konflik dapat teratasi

  • kolaborasi

bentuk usaha penyelesaian konflik yang di akibatkan Faktor pemicu konflik ini dapat memuaskan kedua belah pihakyng bertikai dimana usaha ini adalah pendekatan pemecahan problem (problem-solving approach) yang memerlukan integrasi dari kedua piha tersebut

  • penghindaran

ha ini terkadang seringdipakai untuk menyelesaikan kkonflik yang sudah bertahan lama yaitu menyangkut ketidak pedulian dari kedua kelompok atau para pihak phak yang bertikai. keadaaan ini menggambarkan penarikan kepentingan atau mengacuhkan kepentingan yang lain.

Faktor pemicu konflik dapat membuat kita sadar bahwa sedikit saja perasaan tidak suka muncul dalam hati kita akan membawa dampak buruk pada hidup bermasyarakat yang ada. Maka Faktor pemicu konflik haruslah mampu kita atasi dengan memunculkan sikap mau meneriam keadaan dan tetap damai dalam menjalani hidup.


Related For Faktor Pemicu Konflik